WASPADA ! List Beberapa Penyakit Burung Cendet Yang Sering Datang

Rajakicau.com – Permasalahan pada burung cendet seringkali membuahkan pengalaman bagi pemeliharanya. Untuk itulah dari sisi jenis penyakit burung cendet akan terus dicermati, sampai ada beberapa potensi memperbaiki dan membuat porsi penyembuhannya jadi lebih sempurna. Kenali dahulu seperti apa jenis penyakitnya, dimana hal ini harus dicermati terutama bagi seorang pemula.

Penyakit Burung Cendet Yang Sering Datang

List Beberapa Penyakit Burung Cendet Yang Sering Datang

Tidak mudah untuk menentukan jenis penyakit apa yang dialami oleh burung cendet. Sedangkan dari sisi pengalaman memaksimalkan pakan dan juga perawatannya pun akan memberikan dampak cukup besar pada perkembangan hingga beberapa faktor kesehatan burung cendet lainnya.

Cacingan

Penyakit yang pertama ada kasus cacingan dari burung cendet yang mana sering ditangani dengan pemberian obat cacing dosis tinggi. Namun pemberian obat cacing dosis tinggi yang sering digunakan manusia bukan jadi solusi, justru memberi masalah besar terhadap kesehatan burung cendet.

Tidak hanya pemberian obat cacing yang kurang sesuai, akan tetapi dari faktor utama lain yang membuat burung cendet cacingan adalah kondisi sangkar dan juga tempat makan ataupun minum tidak bersih. Maka dari itu, Anda perlu mencermati bagaimana cara-cara pencegahan penyakit dengan cara menjaga kebersihan sangkar, tempat makan dan minumnya.

Gejala dari cacingan pada burung cendet adalah sering lesu ataupun malas berbunyi, kemudian pada siang hari sering terlihat mengantuk dan sering mengembangkan bulunya. Jika level penyakit cacingan ini sudah dalam tahapan kronis, maka burung akan sering memuntahkan makanan yang masuk pada mulut. Untuk itulah diperlukan pengobatan tepat untuk mencegah kematian burung.

Baca Juga  Daftar Manfaat Menjemur Murai Batu Secara Rutin

Burung Cendet Sering Ngeleper

Berikutnya dari gangguan penyakit pada burung cendet ini adalah sering ngeleper atau menggetarkan sayapnya. Bahkan pada saat menggetarkan sayangnya dibarengi dengan suara yang cukup keras dan berbeda. Kebiasaan ataupun gangguan kesehatan tersebut terjadi karena belum tercukupinya kebutuhan dan gizi harian.

Dampak cukup buruk dari kebiasaan ngeleper ini akan membuat kualitas bulu kurang baik, bahkan bisa membuat burung cendet tidak gacor lagi. Cara menghindari kebiasaan ngeleper ini adalah menambahkan kadar protein di setiap makanan terutama pada penggunaan jangkrik, dan juga berikan waktu penjemuran lebih teratur. Biasanya burung cendet ini sering ngeleper karena sedang dalam kondisi tidak sehat.

Terjadinya Infeksi

Penyakit kulit pada burung cendet juga sering dialami dan sampai sekarang membutuhkan banyak pengembangan hingga penanganannya. Maka dari itu kondisi seperti itu harus dicermati kembali. Karena kebiasaan mencabuti bulu ataupun ciak bulu terjadi karena adanya infeksi, hingga kualitas bulu terlalu kering.

Beberapa pakar telah melihat penyakit burung cendet dari sisi infeksi kulit yang berujung pada penurunan kualitas bulunya. Untuk menyembuhkan penyakit kulit tersebut dibutuhkan beberapa perlakukan berbeda. Pertama tambahkan intensitas memandikan burung, kemudian kurangi ataupun hentikan penjemuran selama masa penyembuhan.

Langkah berikutnya tempatkan burung di lokasi lebih tenang, ditambah lagi Anda harus memberikan tambahan multivitamin dan multimineral agar kesehatan burung cendet lebih konsisten.

Bulu Burung Tidak Mengembang dan Terlihat Lesu

Pada kondisi tertentu terjadi beberapa gangguan kesehatan dialami oleh burung cendet yakni kualitas bulu tidak bisa mengembang, kemudian terlihat lesu. Hal inilah yang membuat para pakar burung cendet memperhatikan bahwa kondisi lingkungan berperan sangat penting. Jika dari kualitas lingkungan terlalu lembab , maka dari kualitas bulu biasanya akan menurun.

Baca Juga  Cara Memandikan Burung Cendet Dengan Baik Dan Benar

Dari sinilah diperlukan beberapa sarana terbaik untuk bisa memberikan kualitas bulu lebih baik. Ditambah lagi proses penambahan nutrisi juga perlu dilakukan agar ke depannya kesehatan burung cendet benar-benar bisa stabil. Baca Juga: Manfaat Mandi Sauna Untuk Cendet

Penyembuhan dari kondisi burung cendet tidak bersemangat ataupun terlihat lemas adalah memberikan extra fooding ataupun dalam wujud voer ayam ataupun voer harian dicampur hingga diberikan secara rutin. Dari sisi pemberian kerodong pada malam hari juga sangat diperlukan, sehingga kesehatan dari burung cendet ini bisa normal kembali.

Kini dari beberapa jenis penyakit burung cendet yang sering datang sudah bisa Anda atasi secara tepat. Karena itulah, bagi banyak pihak pemelihara burung cendet harus mengerti bahwa ada beberapa macam penyakit yang sering dialami. Kemudian dari cara penyembuhannya juga perlu diperhatikan, jangan sampai Anda salah perawatan yang berdampak pada kesehatan burung cendet.