Daftar Rekomendasi Makanan Murai Batu Anakan Terbaik

Semua orang tentunya telah mengetahui bahwa untuk memanen anakan murai batu memang harus benar dengan usia 7 sampai 10 hari. Jika Anda ingin membesarkan anakan murai batu secara manual maka terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan termasuk untuk makanan. Berikut ini terdapat penjelasan mengenai makanan murai batu anakan yang tepat untuk diberikan.

makanan murai batu anakan

Pemberian Kroto

Anda pastinya telah mendengar tentang kroto yang digunakan untuk makanan dari anakan burung murai batu. Kroto adalah makanan utama yang wajib Anda berikan saat usia dari anakan murai batu sekitar 7 hari. Bahkan dalam penggunaan kroto ini dapat diberikan sampai usia atau umur 30 hari pada anakan burung murai batu.

Kroto sendiri memiliki banyak kandungan protein lemak, zat besi, kalsium, potassium, vitamin dan juga masih banyak yang lainnya. Terdapat beberapa hal atau manfaat yang penting dari kroto untuk murai batu terlebih bagi anakan. Di mana pemberian kroto pada anakan murai batu tersebut dapat membantu dan menjaga kondisi burung tetap fit dan sehat.

Selain itu pemberian kroto bagi anakan murai batu dapat mempercepat pertumbuhan dengan baik dan maksimal. Selain itu manfaat kroto dalam makanan anakan murai batu adalah dapat meningkatkan perkembangan otak sehingga burung akan tumbuh dengan cerdas dan mandiri. Serta makanan kroto ini menjadikan anakan murai batu tidak mudah terserang penyakit dan selalu sehat setiap hari.

Voer Khusus Anakan Murai

Selain memberikan kroto tentunya Anda juga memberikan makanan murai batu anakan yakni voer. Voerdi sini merupakan salah satu makanan yang penting untuk tumbuh kembang dari murai batu agar maksimal. Biasanya penggunaan voer akan diberikan pada saat usia dari anakan murai batu menginjak 2 minggu lebih. Hal ini sudah menjadi ketentuan karena usia tersebut adalah usia yang tepat.

Baca Juga  Ini Daftar Manfaat Pepaya untuk Burung secara Umum

Namun dalam penjualan voer di pasaran terdapat beberapa macam atau jenis yang berbeda. Hal ini disesuaikan dengan usia yang ada pada burung murai batu, karena voer memiliki kandungan yang berbeda dalam tiap usia yang dibutuhkan untuk burung murai batu terlebih bagi anakan. Anda bisa memberikan voer yang khusus untuk anakan murai batu.

Dengan adanya voer ini dapat membuat pertumbuhan dari anakan murai batu lebih cepat. Selain itu kandungan vitamin serta protein yang ada pada voer ini juga menambah kecerdasan pada sistem otak anakan burung yang beranjak dewasa. Selain itu kandungan gizi yang sangat lengkap pada voer adalah makanan yang tepat untuk anakan murai batu dalam proses pertumbuhan.

Pemberian Jangkrik

Adanya jangkrik pada makanan dari anakan murai batu adalah hal yang sangat penting. Biasanya pemberian jangkrik ini diberikan pada anakan murai batu yang telah berusia sekitar 15 sampai 30 hari. Mengapa demikian karena pemberian jangkrik pada waktu usia tersebut sangatlah tepat untuk menunjang pertumbuhan yang maksimal dan cepat bagi anakan murai batu.

Pemberian jangkrik pada makanan murai batu anakan memiliki beberapa hal atau manfaat yang perlu Anda ketahui. Jangkrik sendiri memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan sangat dibutuhkan oleh anakan murai batu yang akan beranjak dewasa. Selain itu pemberian jangkrik pada makanan murai batu anakan dapat mempercepat pertumbuhan sehingga hasilnya maksimal.

Selain itu kandungan gizi seperti halnya protein, asam amino, lemak, karbohidrat dan juga hormon steroid pada jangkrik adalah salah satu kebutuhan yang yang cocok bagi anak-anak dan murai batu yang telah berusia sekitar 2 minggu ke atas. Namun pemberian jangkrik di sini juga harus melewati beberapa tahapan syarat. Karena anakan murai batu tidak bisa memakan jangkrik yang memiliki tubuh besar.

Baca Juga  Jenis Penyakit Burung Kacer dan Pengobatannya

Anda dapat memberikan jangkrik yang masih anakan sehingga dapat dicerna dengan baik oleh anakan murai batu. Jangkrik sendiri adalah makanan yang akan terus digunakan pada anakan murai batu hingga dewasa untuk menunjang kesehatan agar tidak terserang penyakit. Maka tak heran jika jangkrik menjadi makanan yang diperlukan bagi anakan murai batu hingga beranjak dewasa.

Dan itulah beberapa makanan murai batu anakan yang bisa Anda berikan kepada burung murai batu Anda. Pastikan Anda juga mematuhi beberapa aturan pemberian pakan agar proses pertumbuhan dari anakan murai batu dapat maksimal.