Ini Hal-hal yang Harus Dilakukan dalam Persiapan Penangkaran Murai Batu

Ketika akan melakukan penangkaran tentu herus memperhatikan berbagai hal. Misalnya seperti konstruksi kandang, pemilihan induk jantan dan betina, pemilihan pakan, dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan agar penangkaran yang Anda lakukan bisa sesuai dengan apa yang diinginkan. Maka dari itu Anda perulu mengetahui apa saja persiapan penangkaran murai batu yang tepat digunakan.

Konstruksi Kandang Penangkaran Murai Batu

Ketika memelihara hewan maupun unggas seperti burung murai batu, kandang merupakan hal yang wajib diperhatikan. Mengingat kandang merupakan tempat tinggal murai dan sebagai tempat untuk bereproduksi. Layaknya manusia, memiliki rumah yang aman dan nyaman. Konstruksi kandang burung murai batu bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan letak dari lokasi kandang.

penangkaran murai batu
Kandang Murai Batu

Berbicara konstruksi kandang tidak bisa asal-asalan. Berbagai syarat sederhana sebaiknya Anda penuhi agar burung tetap nyaman ketika berada di kandang. Misalnya memastikan agar kandang bisa mendapatkan sinar matahari pagi. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk menjaga kesehatan murai. Telah diketahui bahwa sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang bagus untuk kesehatan termasuk kesehatan burung murai.

Selain menadapatkan sinar matahari pagi, pastikan juga agar kandang terlindung dari embusan angin yang kencang. Mengapa demikian? Karena angin yang kencang akan membuat burung murai batu menjadi kaget. Kemudian jangan lupa juga untuk menyediakan tenggeran yang kuat. Dengan adanya tenggeran ini, burung bias melakukan aktifitasnya seperti di alam bebas seperti bertengger.

Untuk ukuran dan letak dari tenggeran ini bisa disesuaikan dengan selera atau ukuran burung. Kemudian buatlah sarang pada kandangnya. Dengan adanya sarang ini bisa menjadi tempat untuk bertelur Murai batu. Untuk sarang bisa digantung pada kandang. Selain digantung anda juga bisa memberikan kotak sarang dengan menempelkannya pada dinding kandang.

Baca Juga  Berikut Cara Mengobati Murai Batu Sakit Dengan Mudah

Perlu diperhatikan, usahakan agar sarang tidak dapat dijangkau oleh semut, tikus, maupun kucing, dan hewan lainnya. Kemudian untuk menjaga kebersihan kandang, jangan lupa juga untuk meletakkan pasir dengan dicampur sedikit kapur di bagian dasar lantai kandang. Hal ini berguna untuk mengontrol kotoran Murai. Selain pasir, Anda juga bisa menggunakan kertas koran untuk alas kandang.

Memilih Pakan yang Bagus

Pemilihan pakan juga penting untuk diperhatikan. Mengingat pakan yang bagus tentu memiliki nutrisi yang berlimpah dan berguna untuk menjaga kesehatan burung murai. Usahakan agar pakan memiliki nutrisi yang lengkap seperti protein, mineral, lemak, serat, dan nutrisi lainnya yang diperlukan oleh Murai. Selain itu, asupan vitamin juga penting untuk diperhatikan.

takaran jangkrik untuk cucak ijo
Jangkrik

Anda bisa menggunakan cacing tanah dan serangga kecil sebagai makanan burung. Hal ini dimaksudkan agar sesuai dengan kebiasaan murai yang hidup di alam bebas. Anda bisa memberikan serangga seperti telur semut, jangkrik, dan lain sebagainya. Usahakan agar serangga tersedia setiap hari, dan, usahakan juga agar setidaknya serangga terdiri dari 2 sampai 3 jenis.

Lokasi Kandang

Persiapan penangkaran murai batu bisa dimulai dengan memilih lokasi kandang yang tepat. Anda bisa memanfaatkan lahan pekarangan belakang rumah untuk penangkaran. Akan tetapi jika Anda tidak mempunyai tempat kosong, maka menyewa tempat bisa menjadi salah satu pilihan. Akan tetapi perlu diketahui bahwa pemilihan lokasi juga merupakan hal yang penting.

Lokasi yang tenang dan nyaman serta tidak bising suara kendaraan bermotor penting untuk diperhatikan. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar burung tidak mudah stress dan kaget karena deru kendaraan bermotor. Selain itu, usahakan agar lokasi kandang jauh dari polusi udara seperti pabrik, mesin bengkel, polusi suara, dan sebagainya.

Baca Juga  Telur Murai Batu Tidak Menetas? Waspadai Penyebab Ini

Mengusahakan agar lokasi kandang bersih dari polusi udara berguna untuk menjaga kesehatan Murai. Contohnya pabrik yang memproduksi batu bata tentu akan sering mengeluarkan asap ketika pembakaran sedang berlangsung. Tentu hal ini juga akan berpengaruh pada kesehatan burung. Oleh karena itu, pemilihan lokasi yang tepat dan jauh dari polusi penting untuk dilakukan.

Selain itu, menjaga keamanan kandang juga tidak kalah penting. Jangan sampai tangan-tangan pencuri mudah menjangkau kandang penangkaran yang Anda miliki, karena burung murai batu sendiri termasuk kategori burung yang memiliki harga mahal. Oleh karena itu, menjaganya dengan baik perlu dilakukan. Hal ini termasuk salah satu persiapan penangkaran murai batu yang perlu Anda perhatikan.