Apa Makanan Burung Kakak Tua?

Rajakicau.com – Dalam merawat burung kaka tua, makanan burung kaka tua adalah hal yang perlu diperhatikan, sehingga burung menjadi sehat dan bugar. Baca Juga: Makanan Burung Puyuh (Liar,Anakan,Petelur)

Terdapat beberapa opsi makanan yang bagus untuk kakaktua, apa saja sih makanan burung kaka tua? tersebut, yuk simak.

Apa Makanan Kesukaan Burung Kakak Tua?

Makanan Burung Kaka Tua Jambul Kuning
Makanan Burung Kaka Tua Jambul Kuning

Memilih makanan yang tepat adalah hal yang perlu dilakukan untuk kakaktua, dengan pemberian pakan yang tepat kakaktua jambul kuning akan cepat tumbuh dan berkembang dengan bagus, mempunyai bulu yang tebal, ditambah warna yang tegas.

Jadi jangan salah memilih makanannya, berikut ini pilihan terbaik untuk makanan burung kaka tua.

Buah

Pakan yang paling disukai oleh burung kaka tua adalah buah-buahan, dimana buah-buahan adalah makanan burung kaka tua di habitat aslinya.

Buah memiliki manfaat yang baik bagi tubuh burung, memiliki khasiat untuk menjaga kestabilan tubuh, membuat tubuh menjadi segar, dan merawat warna bulu.

Buah juga mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh burung seperti vitamin A, Vitamin B+, Vitamin C, dan vitamin lainnya.

Pilihan buah yang bisa diberikan untuk burung kaka tua antara lain seperti buah pisang, pepaya, apel dan buah segar lainnya.

Akan tetapi terdapat beberapa buah yang tidak bisa diberikan, seperti alpukat yang diyakini bisa membuat perkembangan burung kaka tua menjadi tidak bagus.

Sayuran

Tidak hanya buah-buahan, jenis makanan lain yang harus ada adalah sayuran, karena sayuran adalah asupan pakan yang dibutuhkan burung kaka tua disebabkan kandungan pada sayur yang bisa memenuhi keseimbangan nutrisi burung.

Baca Juga  Ini 5 Penyebab Murai Batu Tidak Bertelur! No 3 Sering Diabaikan

Untuk jenis sayuran yang bisa diberikan adalah sayuran hijau seperti brokoli dan kangkung, selain itu ada juga lobak, ubi jalar, wortel, hingga kentang serta sayuran lain.

Agar burung lebih bernafsu makan, bisa juga mencampur sayuran dan buah-buahan, ini juga bisa dijadikan sebagai variasi makanan agar burung tidak bosan.

Biji-Bijian

Selain sayuran dan buah, terdapat pilihan lain untuk dijadikan pakan kakatua, pilihan tersebut adalah pakan biji-bijian.

Pakan biji-bijian ini bisa menjadi selingan apalagi bagi burung kaka tua yang berukuran besar, dan burung kaka tua kecil secara alami memang memakan biji-bijian, dan hal ini disarankan untuk tetap memberikannya.

Adapun jenis biji-bijian yang bisa diberikan antara lain seperti:

  • Biji kacang hijau
  • Biji kacang tanah
  • Dan biji-bijian lainnya.

Pelet

Bagi yang suka hal praktis, maka pelet bisa menjadi opsi untuk pakan burung kakaktua, pelet yang digunakan adalah pelet khusus burung kakatua yang bisa didapatkan di toko pakan hewan ataupun toko online.

Akan tetapi, agar asupan nutrisi burung menghasilkan hasil yang optimal, maka perlu dilakukan variasi makanan seperti ditambah dengan pakan alami berupa buah atau sayuran.

Makanan Burung Kaka Tua Yang Harus Dihindari

Selain pakan yang disukai, ada beberapa makanan yang harus dihindari bagi burung kaka tua, hal ini karena pakan tersebut bisa menganggu kesehatan burung.

Berikut ini pakan yang harus dihindari:

  1. Bawang merah atau putih: pakan pertama yang harus dihindari adalah bawang, bawang bersifat panas ketika dimakan, dan pernah kejadian burung kaka tua yang diberikan pakan bawang mengalami kematian.
  2. Biji Apel: Jika buah apel bisa diberikan, tapi tidak dengan bijinya, hal ini karena biji dari buah apel mengandung racun sianida dan glikosida sianogen yang mampu membuat burung mengalami kematian.
  3. Alpukat: Kandungan buah alpukat sangat berbahaya bagi burung kaka tua, buah alpukat membuat burung tidak bernafsu makan dan jantung berdetak cepat bahkan bisa membuatnya mengalami kematian (Baca Juga : Makanan Burung Tengkek)
Baca Juga  Daftar Manfaat Pisang Untuk Lovebird

Itulah daftar makanan kaka tua yang bisa diberikan dan tidak bisa diberikan, semoga bermanfaat.


FAQ

Jenis Makanan Burung Kakak Tua Apa Saja?

Banyak pertanyaan yang kami dapatkan seputar jenis makanan burung kakak tua, untuk jenis makanan nya seperti yang sudah kami rangkum diatas, burung kakak tua sangat suka biji bijian dan buah-buahan untukk lebih detailnya bisa cek artikel nya diatas.

Untuk Jenis Burung Kakak Tua Apa Saja Makanan Diatas?

Untuk daftar jenis makanan burung kakak tua diatas kami rekomendasikan untuk jeniss burung kakak tua dibawah ini:

  • Burung Kakak Tua Raja
  • Burung Kakak Tua Hijau
  • Burung Kakak Tua Jambul Kuning
  • Burung Kakak Tua Putih

Tinggalkan komentar