Makanan Burung Sogon

Diposting pada
X CLOSE
Advertisements

Rajakicau.com – Banyak orang yang sering keliru dalam memilih makanan bagi burung sogon (sogok ontong). Pemberian makanan yang tepat adalah salah satu faktor dalam membuat burung berkicau gacor dan sehat.

Jika kamu berminat memelihara burung sogon ini, maka kamu perlu memperhatikan asupan makanannya, mulai dari kebutuhan nutrisi hingga vitamin.

Agar tidak salah dalam menentukan makanan bagi burung sogok ontong ini, yuk simak ulasan berikut.

Makanan Burung Sogon di Alam Bebas

Makanan Burung Sogon
Makanan Burung Sogon

Di habitat alam liar sogon memakan nektar dari bunga yang ada di sekitarnya, sogon ini memiliki paruh yang panjang dan tipis, sehingga memudahkannya untuk menghisap nektar yang ada di bunga-bunga.

Burung sogon atau sogok ontong atau burung madu sriganti ini merupakan burung penghisap madu yang masih satu ras dengan burung kolibri nektariana. Burung ini sangat menyukai sari bunga, dan beberapa serangga kecil.

Makanan Burung Sogon Agar Cepat Gacor

Terdapat beberapa jenis makanan yang sangat disukai oleh burung sogon, salah satu pakan utamanya adalah air gula.

Air gula adalah pakan yang bisa membuat burung menjadi gacor, air gula dipilih sebagai pakan utama karena mirip dengan rasa nektar, akan tetapi air gula tidak memiliki kandungan vitamin yang cukup.

Sehingga perlu dilakukan variasi makanan agar asupan nutrisi burung sogon bisa terpenuhi dan membuatnya berkicau dengan lantang serta gacor.

Berikut ini pilihan terbaik makanan bagi burung sogok ontong yang bisa diberikan.

  1. Larutan Susu Kental Manis

Salah satu rekomendasi pakan bagi burung sogon adalah larutan susu kental manis. Dalam pemberiannya perlu diracik terlebih dahulu agar susu mudah untuk di cerna.

Namun, susu yang sudah dilarutkan dengan air akan mudah basi, kurang lebih sekitar 12 jam saja. Maka berikan susu kental manis tanpa air untuk mencegah susu cepat basi.

  1. Kroto

Kroto merupakan pakan tambahan yang berguna untuk meningkatkan mental dan suara kicauan burung.

Baca Juga  Makanan Burung Emprit

Agar burung terbiasa makan kroto, caranya adalah dengan menyiapkan cepuk dan masukkan kroto pada cepuk tersebut.

Maka burung akan terbiasa dalam memakan kroto sehingga kicauan pun bertambah lantang dan semakin gacor.

  1. Ulat Kandang

Ulat kandang juga bisa menjadi pilihan sebagai pakan tambahan, ulat kandang diberikan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan akan protein pada burung sogon.

Agar burung mau memakan ulat kandang, berikan secara perlahan, taruh pada cepuk tepat disamping air gula.

  1. Madu

Pakan berikutnya adalah madu, madu adalah salah satu pakan yang memiliki kandungan vitamin tinggi, sehingga madu bisa disebut sebagai vitamin alami. Selain itu madu juga mengandung mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan burung.

Karena rasanya yang agak panas bagi burung, maka pemberian burung tidak bisa diberikan setiap hari, berikanlah sebagai variasi pakan saja, 1 atau 2 kali saja dalam seminggu.

Sebab pemberian madu yang terlalu manis dan terlalu sering bisa menyebabkan burung memiliki suara yang serak.

  1. Vitamin Sebagai Tambahan Makanan Burung Sogon

Tidak lupa juga untuk memberikan asupan vitamin, vitamin ini bertujuan agar burung tidak kurus. Burung yang kurus akan sering nyilet dan kualitas kicauannya pun menjadi berantakan serta tidak teratur.

Baca Juga “Makanan Burung Trucuk Biar Cepat Gacor”

Terdapat berbagai jenis vitamin burung sogon yang bisa didapatkan di toko-toko pakan burung, sehingga kamu bisa memilih jenis vitamin terbaik yang bisa diberikan. Itulah berbagai jenis makanan bagi burung sogon yang bisa diberikan, semoga bermanfaat.

X CLOSE
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.