Makanan Burung Gelatik

Diposting pada
X CLOSE
Advertisements

Rajakicau.com – Burung gelatik adalah burung yang kecil dan merupakan keluarga Paridae, apa sih makanan burung gelatik ini. Burung gelatik memiliki nama latin Parus Major yang begitu diminati oleh para pecinta burung, memiliki ciri warna hitam, abu-abu dan putih di bagian pipi, membuat burung ini terlihat mempesona.

Di Indonesia burung gelatik menyebar di wilayah pulau Sumatera, Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara. Terdapat perdebatan dalam penyebutan nama burung ini, di Sumatera burung ini dikenal dengan nama gelatik , namun untuk di pulau Jawa, burung ini dikenal sebagai nama gelatik wingko.

Ciri – Ciri Burung Gelatik Wingko

Burung Gelatik Wingko
Burung Gelatik Wingko

Terdapat sebuah opini jika gelatik dan gelatik wingko adalah dua spesies yang berbeda. Namun perlu diketahui jika gelatik dan wingko merupakan satu spesies yang sama.

Sebetulnya penyebutan gelatik wingko ini sudah banyak disebutkan oleh masyarakat yang ada di sekitaran lereng gunung merapi.

Nmaun yang membedakan keduanya ialah daerah penyebaran dan juga namanya. Namun sebenarnya burung tersebut sama dengan gelatik yang ada di pulau Sumatera.

Ciri Ciri Burung Gelatik Batu

Burung Gelatik Batu
Burung Gelatik Batu

Untuk ciri fisik dari burung ini ialah tubuhnya berukuran kecil dengan panjang kurang lebih 13 cm. Warna tubuhnya berwarna hitam, abu-abu, dan putih.

Kiri Gelatik Jantan, Kanan Gelatik Betina Di area kepala dan leher terdapat warna hitam dan bercak putih dibagian pipi/mukanya. Terdapat strip putih juga dibagian sayap burung.

Untuk gelatik jantan memiliki garis hitam tebal dan melebar mulai dari kepala hingga duburnya. Ciri ini sudah bisa dilihat walau usia burung masih trotol atau anakan.

Sedangkan untuk betina garis yang ada pada dada tidak sampai dubur atau terputus, garisnya tidak tebal dan pudar. Hal yang paling menonjol adalah suara kicauan burung betina sangat monoton tidak memiliki variasi.

Baca Juga  Cara Merawat Hamster Dengan Benar

Makanan Burung Gelatik Agar Cepat Gacor

Untuk kamu yang memelihara gelatik dan bingung apa sih makanan burung gelatik ini, tenang mari simak ulasan berikut. Burung gelatik di habitat aslinya memakan serangan kecil seperti jangkrik, ulat, hingga telur semut.

Namun ketika dipelihara, pemilik bisa menggantinya dengan voer burung yang halus, tentunya untuk membuat burung menyukai voer perlu dibiasakan dan dilatih agar mau memakannya.

Selain itu, agar burung gelatik gacor, makanan tambahan juga dibutuhkan untuk mendongkrak birahinya. Berikut ini adalah makanan burung gelatik yang bisa diberikan.

  1. Jangkrik

Jangkrik adalah makanan dengan protein tinggi, berikan 3 ekor pada pagi hari dan 3 ekor di sore hari, lakukan dengan rutin, dalam kurun waktu 2 minggu biasanya burung akan rajin berkicau.

  1. Ulat Hongkong

Ulat hongkong juga pilihan yang bagus untuk meningkatkan birahi burung agar semakin gacor. Namun tidak boleh berlebihan dalam pemberian ulat hongkong, karena bersifat panas dan bisa membuat burung menjadi stress, cukup berikan 4-6 ekor ulat saja perharinya.

  1. Kroto

Kroto adalah makanan favorit untuk beberapa jenis burung kicau, tak terkecuali burung gelatik batu, pemberian kroto dapat dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu. Kroto diyakini mampu meningkatkan volume kicauan burung menjadi lebih lantang.

Racikan Makanan Burung Gelatik Batu

Selain itu, pemilik juga bisa membuat racikan makanan sendiri dengan beberapa bahan berikut:

  • Voer burung halus
  • Kacang Tanah
  • Susu Bubuk

Cara Pengolahan:

  • Pertama cukup sangrai kacang tanah dan kupas kulitnya
  • Kemudian tumbuk kacang tanah hingga halus.
  • campurkan dengan voer dan tambahkan 2-3 sendok susu bubuk
  • Aduk hingga semuanya tercampur, dan pakan siap disajikan

Baca Juga ” ” Makanan Burung Sogon Biar Cepat Gacor “

Untuk makanan sebaiknya diganti jika sudah 1 hari dan tidak habis, agar tetap menjaga kebersihan dan terhindar dari virus. Itulah informasi mengenai jenis makanan burung gelatik batu, semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga  KLI Madura raih sukses di KLI LA Cup II Lamongan
X CLOSE
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.