Makanan Burung Ruak Ruak

Makanan burung ruak ruak dihabitatnya adalah biji-bijian, serangga, hingga cacing dan siput kecil. Burung ruak ruak memiliki nama latin Amaurornis phoenicurus atau biasa dikenal dengan nama kareo padi. Burung ini memiliki wilayah penyebaran di Asia Selatan hingga Asia Tenggara termasuk negara Indonesia.

Ruak Ruak menyukai wilayah perairan, burung ini mencari pakannya di sekitar tepian sungai, mulai dari serangga, ikan kecil, hingga biji-bijian.

Jenis Burung Ruak Ruak

Makanan Burung Ruak Ruak
Makanan Burung Ruak Ruak

Burung ruak ruak masuk kedalam keluarga Rallidae yang senang berhabitat di sekitar sawah dan rawa rawa.

Terdapat empat subspesies dari burung ruak-ruak ini, yaitu:

  • Amaurornis phoenicurus phoenicurus, memiliki wilayah penyebaran di sekitar India, Pakistan, Maladewa, Sri Lanka, Timur China, Taiwan, Hingga Indonesia, dan Wilayah Asia Tenggara lainnya. (Pennant, 1769)
  • Amaurornis phoenicurus leucomelanus, mempunyai daerah penyebaran di wilayah Sulawesi, Barat Maluku, hingga Bali dan Nusa Tenggara. (S. Müller, 1842)
  • Amaurornis phoenicurus insularis, merupakan ruak ruak yang ada di wilayah Kepulauan Nicobar dan Andaman. (Sharpe, 1894)
  • Amaurornis phoenicurus midnicobarius, yang mana terdapat di wilayah Kepulauan Nicobar. (Abdulali,1978)

Makanan Burung Ruak Ruak

Meskipun burung ruak ruak tidak masuk kedalam jenis burung kicau, namun banyak yang memelihara burung ini sebagai burung hias, dan bahkan di daerah Aceh burung ini kerap diolah menjadi santapan spesial.

Ruak ruak memiliki warna bulu yang gelap, terdapat warna putih pada bagian dada, leher, hingga wajah. Dibagian perut dan bawah ekornya terdapat warna merah karat.

Panjang tubuhnya sekitar 32-33 cm dengan tubuh tirus dan tegak, memudahkan mereka dalam menyusup kedalam semak-semak dan daerah payau.

Memiliki jari-jari yang panjang, dengan kaki berwarna kuning, dan paruh yang lancip yang menjadi ciri khasnya adalah pangkal paruh burung dibagian atas berwarna pink.

Baca Juga  Cara Mengatasi Murai Batu Stress Dengan Mudah

Tampilan burung ruak ruak jantan dan betina hampir serupa, pada burung ruak ruak muda warnanya lebih pucat, dan paruhnya berwarna abu-abu. Pada awal menetas anak burung ruak-ruak berwarna hitam dan akan berganti menjadi kelabu ketika masuk masa remaja.

Maka untuk kamu yang memelihara burung ruak ruak makanannya perlu diperhatikan agar burung dapat terawat dengan baik.

  1. Serangga

Pakan utama dari burung ruak ruak adalah hewani seperti serangga kecil, cacing, hingga ikan ikan kecil. Karena dialam liar ruak ruak senang mencari makanan di daerah berlumpur berupa ikan dan cacing.

Sehingga jika ingin memelihara di rumah maka pakan hidup seperti kroto, jangkrik, ulat hongkong, serta ikan bisa diberikan secara bervariasi. 

  1. Buah dan Biji-Bijian

Tidak hanya memakan serangga, burung ruak ruak juga memakan berbagai macam buah dan biji-bijian seperti kacang tanah dan kacang hijau atau buah pisang.

Maka kamu bisa memberikan buah atau biji-bijian tersebut sebagai variasi makanan bagi burung agar burung tidak bosan pada makanannya.

  1. Voer Burung

Akan lebih baik lagi jika burung ruak ruak dilatih untuk memakan voer khusus burung sehingga dapat mempermudah dalam proses perawatan.

Jika burung sudah mau memakan voer, maka pakan serangga seperti jangkrik, kroto, dan lainnya berubah statusnya menjadi extra fooding atau pakan tambahan.

perawatan burung ruak ruak terbilang lebih simpel dan mudah jika dibandingkan dengan perawatan pada burung kicauan.  Untuk lebih seimbang dalam kebutuhan nutrisi bagi burung, tidak lupa juga untuk memberikan asupan vitamin agar burung tetap sehat dan aktif.

Baca Juga ” Makanan Burung Gelatik

Itulah seputar makanan burung ruak-ruak yang bisa diberikan agar burung tetap sehat dan aktif, semoga bermanfaat.

Baca Juga  Cara Mengatasi Lovebird Galak Berikut Perlu Anda Pahami

Tinggalkan komentar