7 Makanan Burung Gagak Paling Disukai

Makanan burung gagak sangatlah banyak pilihannya, berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang disukainya.

Burung berwarna hitam ini sangat identik dengan hal-hal yang berbau mistis, dan sering disangkut pautkan dengan hal yang menyeramkan seperti kematian, hingga hantu.

Namun, masih banyak juga yang ingin memelihara burung gagak karena terasa berbeda dan unik dimana burung gagak memiliki tampilan yang menyeramkan dan serba hitam.

Jika kamu ingin memelihara, maka hal yang perlu diperhatikan selain kebersihan kandang adalah makanannya.

Yuk ketahui ulasan berikut perihal makanan burung gagak yang disukai.

Makanan Burung Gagak

Makanan Burung Gagak
Makanan Burung Gagak

Secara umum gagak adalah hewan dengan kategori omnivora yang bisa memakan apapun, jadi tidak repot untuk menentukan pakannya.

Akan tetapi ada beberapa jenis makanan yang sangat disukai dan bisa dijadikan sebagai variasi makanan bagi burung gagak.

Berikut ini jenis jenis pakan burung gagak.

  1. Telur Rebus: Makanan yang pertama yang disukai oleh gagak adalah telur ayam atau puyuh yang direbus.
  2. Daging: Selain telur, gagak juga bisa diberikan pakan berupa daging seperti daging ayam, daging sapi, daging kambing, ikan, hingga jangkrik dan jenis daging segar lainnya.
  3. Kacang-Kacangan: Tidak hanya daging, pakan berupa biji dan kacang-kacangan lunak seperti kacang tanah juga sangat disukai oleh burung gagak.
  4. Buah Segar: Pakan selanjutnya yang bisa diberikan adalah buah-buahan segar, jenis buah-buahan yang sangat digemari oleh burung gagak adalah buah pepaya dan buah pisang.
  5. Voer: Dengan pelatihan atau pemeliharan sejak anakan, burung gagak dapat diajarkan untuk memakan voer, gagak yang memakan voer akan lebih mudah dalam perawatannya.

Cara Merawat Burung Gagak

Tips dalam pemberian makanan adalah dapat dilakukan secara variasi seperti potongan putih telur rebus, pisang, pepaya, dan daging ayam yang direbus serta dicacat lembut, atau lainnya.

Baca Juga  Makanan Burung Hantu

Pemberian makan dapat dilakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari, agar kondisi kesehatan burung tetap terjaga, alangkah baiknya burung diberikan suplemen harian dan vitamin seperti BirdVit.

Berikan vitamin satu tetes ketika burung dalam kondisi sehat, dan dua kali sehari jika burung sedang dalam kondisi kurang fit atau pada cuaca yang kurang baik (pancaroba).

Yang perlu diperhatikan lagi adalah, burung gagak yang senang membuat suara bising, yang sering terjadi pada sore dan malam hari.

Dan bagi sebagian orang suara burung gagak cukup menyeramkan dan juga menggangu, maka pastikan lingkungan sekitar tempat pemeliharaan gagak diterima dengan baik.

Karena termasuk burung yang cerdas, gagak dapat dilatih seperti melatihnya untuk jinak kandang.

Fakta Menarik Burung Gagak

Meskipun dikenal dengan keseraman dan hal-hal mistis, terdapat fakta-fakta menarik yang dimiliki oleh burung gagak ini, diantaranya seperti:

  • Memiliki solidaritas tinggi: Dihabitat alam, burung gagak mempunyai solidaritas yang tinggi, dimana jika terdapat kawanan burung gagak yang terluka, maka segerombolan temannya akan membantu, inilah sifat keren dari gagak yang loyal dan membantu sesamanya.
  • Kecerdasan yang bagus: Tidak hanya loyal, gagak juga burung yang cerdas, daya ingat burung ini cukup tinggi, sehingga ketika burung diperlakukan dengan baik maka akan selalu diingatnya, dan ini membuat burung gagak mudah dilatih.
  • Setia: Cerdas, Loyal, dan Dilengkapi dengan karakter setia, walaupun dikenal mengerikan, burung gagak ternyata burung yang setia, namun apabila betina gagak tidak bisa menetaskan telur, maka gagak jantan tidak segan segan untuk meninggalkan, dan mengganti dengan yang baru.

Baca Juga : Makanan Burung Unta

Jadi itulah perihal seputar makanan burung gagak dan fakta menariknya, semoga bermanfaat, terima kasih.

Baca Juga  7 Makanan Burung Kenari Biar Cepat Gacor dan Ngeplong

 

Tinggalkan komentar