Makanan Burung Kemade

Rajakicau.com – Burung kemade atau biasa dikenal dengan nama burung cabe-cabean adalah jenis burung yang banyak dipelihara oleh pecinta burung. Lalu apa sih makanan burung kemade ini, yuk ketahui.

Sedikit mengulas mengenai burung cabe-cabean ini yang memiliki tubuh kecil seperti burung pleci, terdapat warna merah terang di bagian kepala, leher, dan punggung seperti warna cabe.

Karakteristik Burung Kemade

Makanan Burung Kemade Agar Cepat Gacor
Makanan Burung Kemade Agar Cepat Gacor

Burung kemade adalah jenis burung yang senang berkicau, memiliki warna bulu yang indah, dan aktif bergerak membuat banyak orang tertarik memeliharanya.

Terdapat kurang lebihnya sekitar 45 spesies dari kemade ini tentunya setiap spesies memiliki warna yang berbeda akan tetapi secara umum burung ini memiliki warna merah, abu-abu, dan biru gelap.

Di alam bebas burung kemade adalah jenis burung yang cukup agresif. Populasinya masih cukup banyak dan harga dari burung kemade ini relatif terjangkau, untuk kamu yang sedang memelihara atau ingin memeliharanya maka perlu diketahui makanan dari burung kemade ini.

Karena asupan makanan adalah hal yang penting bagi burung, selain menjaga kesehatan burung, makanan juga dapat mempengaruhi kualitas suara burung.

Pilihan Makanan Burung Kemade Agar Gacor

Tidak perlu banyak perawatan, membuat hal ini menjadi salah satu alasan bagi para pecinta burung untuk memelihara burung kemade.

Makanan utama burung kemade adalah buah segar yang manis, untuk lebih lengkapnya berikut ini pilihan pakan terbaik bagi burung ini.

  1. Buah-Buahan

Di alam bebas, burung ini memakan buah-buahan segar, dan tentunya salah satunya adalah buah pisang.

Walaupun tidak hanya buah pisang yang dimakan oleh burung kemade, akan tetapi pisang memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga  Makanan Burung Cendrawasih

Selain itu, pisang juga mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau, jenis pisang yang paling disukai adalah pisang kapok putih yang masak dengan rasa yang manis.

Pisang memiliki tekstur daging buah yang lunak dan tidak terlalu keras, sehingga dapat dicerna dengan mudah.

Untuk lebih memudahkan lagi, kulit pisang dibuka sebagian, dan daging buah disayat secara diagonal.

Selain buah pisang bisa juga diberikan buah lain seperti:

  • Pepaya
  • Benalu
  • Kersen
  • dan lainnya
  1. Voer

Burung kemade juga bisa dilatih agar mau memakan voer, dan ketika burung sudah mau memakan voer, perawatan akan lebih mudah, selain itu voer juga memiliki kandungan mineral dan vitamin yang baik.

Untuk burung kemade ini pilih jenis voer yang halus, dan dalam pemberiannya adalah dengan dipisah di cepuk lain jika sudah mulai memakan voer.

Namun jika belum, maka perlu melatihnya, bisa dengan menaburkan voer diatas buah pisang kepok, dengan porsi bertahap, dan jumlahnya bertambah setiap harinya hingga burung menjadi terbiasa memakan voer.

  1. Kroto Sebagai Makanan Tambahan Burung Kemade

Selain buah, dialam liar burung kemade juga memakan serangga kecil. Kroto adalah larva semut dengan kandungan protein tinggi dan sangat baik untuk metabolisme serta daya tahan tubuh burung dari berbagai virus ataupun bakteri dari udara di sekitarnya.

Mungkin burung kemade tidak biasa untuk menyantap kroto, sehingga perlu dibiasakan yaitu dengan cara mencampurnya dengan pisang kepok dengan cara menaruh kroto di atas daging buah pisang.

Baca Juga: Makanan Burung Pijantung

Lakukan secara bertahap dan maksimal pemberian adalah 1/2 sendok teh karena burung ini berukuran kecil. Jika sudah terbiasa, kroto bisa dijadikan sebagai variasi makanan dan juga sebagai extra fooding bagi burung. Itulah berbagai jenis pilihan makanan untuk burung kemade, semoga bermanfaat, terima kasih.

Baca Juga  Makanan Burung Sogon

Tinggalkan komentar