7 Makanan Burung Perkutut Anakan dan Alam Liar Dijamin Gacor

Rajakicau.com – Anda Memelihara burung perkutut? Dan bingung dalam memberikan pakan yang berkualitas serta sehat? Berikut ini ulasan mengenai makanan burung perkutut agar rajin berkicau dan gacor.

Burung perkutut adalah jenis burung kicau yang sering menjadi peliharaan dikalangan masyarakat. Memiliki suara yang khas, menjadi daya tarik tersendiri, biasanya peminat dari burung perkutut adalah kalangan orang dewasa dan orang tua.

Perawatan harian dari burung perkutut juga terbilang mudah dan murah, tidak begitu membutuhkan perhatian ekstra yang tinggi, namun jika ingin membuat burung menjadi rajin berkicau tentu perawatannya akan cukup berbeda jika dibandingkan dengan perawatan pada perkutut biasa.

Agar perkutut rajin berkicau, tentunya harus dirawat mulai dari penjemuran, perawatan kandang, pemasteran, hingga pemilihan makanan perkutut agar rajin berbunyi.

Baca Juga: Makanan Burung Kepodang

Tidak perlu khawatir dengan biaya makanan perkutut ini, hal ini karena harga makanan burung perkutut bisa dikatakan cukup terjangkau, berkisar antara 20 ribu hingga 100 ribuan.

Makanan Burung Perkutut di Alam Liar

Perkutut dapat ditemukan di alam liar, burung ini tersebar di wilayah seperti Indonesia, Singapura, hingga Filipina, secara family, perkutut masih serumpun dengan merpati, dan di habitat alam perkutut memakan berbagai jenis biji-bijian, buah, dan sayuran.

Tidak jarang juga, perkutut memakan serangga-serangga dan invertebrata berukuran kecil. Maka ketika dipelihara pun perkutut sering diberikan pakan berupa biji-bijian dan buah.

Makanan Burung Perkutut Anakan

Kini sudah banyak sekali jenis jenis pakan perkutut yang dapat dijumpai dengan mudah, pakan perkutut lokal, perkutut bangkok, perkutut katuranggan, hingga perkutut majapahit bisa diberikan pakan yang dapat dibeli di toko toko pakan burung.

Baca Juga  Makanan Burung Cendrawasih

Namun yang harus dicermati adalah kandungan nutrisi sehingga kesehatan burung perkutut anakan dapat terjaga dengan baik dan selalu rajin bernyanyi dengan suaranya yang khas.

Berikut ini adalah rekomendasi berbagai pakan burung perkutut alam liar dan anakan.

Makanan Burung Perkutut Liar dan Anakan Biar Gacor

Burung Perkutut Anakan
Burung Perkutut Anakan

1. Milet

Adalah jenis biji-bijian yang memiliki warna putih atau merah, dan jenis pakan ini adalah salah satu yang digemari oleh perkutut.

Namun makanan perkutut ini apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan berat tubuh perkutut menjadi berlebih sehingga sulit untuk beraktivitas dan menjadikannya malas berkicau.

2. Kacang Hijau

Makanan perkutut lainnya yang bisa diberikan adalah kacang hijau, kacang hijau bisa diberikan secara rutin yang mana bisa membantu pertumbuhan perkutut dengan cepat.

Kacang hijau juga bisa diberikan sebagai makanan burung perkutut anakan, yaitu dengan cara dihaluskan dan dilolohkan. Ada baiknya jika sebelum kacang hijau diberikan pada burung, direndam terlebih dahulu selama 6-8 jam dengan menggunakan air matang.

3. Beras Merah

Pakan berikutnya yang dapat diberikan adalah beras merah, beras merah dapat dijadikan sebagai pakan utama karena dapat membantu pertumbuhan burung perkutut, mengandung vitamin E yang mempercepat perkembangan reproduksi perkutut.

4. Gabah

Pakan lain yang bisa diberikan adalah gabah, gabah adalah makanan utama yang dibilang menjadi pakan favorit burung perkutut.

5. Canary Seed

Biji kenari atau canary seed juga bisa diberikan pada perkutut, canary seed memiliki kandungan yang baik seperti protein, lemak, yang bisa meningkatkan stamina burung.

6. Vitamin

Vitamin juga termasuk supply makanan yang dapat meningkatkan kualitas suara burung, vitamin yang bisa diberikan sebagai pakan tambahan bagi perkutut adalah kroto, ulat hongkong, jangkrik, dan lainnya.

Baca Juga  Makanan Burung Gereja Anakan Agar Cepat Gacor

7. Tulang Sotong

Tulang soton juga penting untuk burung perkutut, makanan ini mengandung kalsium yang tinggi yang mana baik untuk stamina burung.

Jika tidak ingin repot dalam memberikan pakan alami, maka makanan pabrikan untuk burung perkutut juga sudah banyak seperti fancy bird food, sae kong dan lainnya.

Demikianlah berbagai jenis makanan burung perkutut yang bisa diberikan, semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar