7 Makanan Burung Merpati Anakan dan Dewasa Balap

Rajakicau.com – Burung merpati atau burung dara adalah burung yang dipelihara, baik untuk ternak ataupun untuk dilombakan. Burung merpati memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi agar selalu sehat, maka kamu perlu tahu makanan burung merpati.

Burung dara atau merpati ini membutuhkan asupan makanan agar menjaga kualitas telur dan kesehatan sehingga berkembang biak dengan baik.

 Makanan Burung Merpati Terbaik

Makanan Burung Merpati Balap
Makanan Burung Merpati Balap

Di habitat aslinya, burung merpati memakan biji-bijian, buah, sayuran hijau, hingga serangga kecil. Mereka memakan serangga-serangga kecil seperti cacing tanah ataupun siput guna memenuhi kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung.

Makanan Burung Merpati Biar Cepat Gemuk

Agar burung merpati tumbuh sehat dan berbadan gemuk, maka perlu mendapat asupan makanan yang berkualitas dan bergizi tinggi. Pilihan makanan yang diberikan untuk merpati harus diperhatikan agar tepat dan terpenuhi.

Maka berikut ini adalah rekomendasi makanan burung dara yang bisa diberikan agar burung semakin sehat. Baca Juga: Makanan Burung Walet

Jagung

Jagung merupakan pakan favorit bagi burung merpati, jagung memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mereka.

Jenis pakan ini dapat digunakan sebagai pakan harian dengan cara mencampurnya dengan biji-bijian lain seperti kacang kedelai, kacang tanah, hingga kacang hijau yang mengandung banyak vitamin A, B, hingga K, untuk melengkapi nutrisi pada tubuh burung merpati.

Beras Merah dan Biji-Bijian

Pakan favorit lainnya yang bisa diberikan pada burung merpati adalah biji-bijian, biji-bijian ini merupakan pilihan yang baik, namun perlu ditambahkan dengan asupan lain untuk melengkapi kebutuhan nutrisi.

Salah satunya adalah beras merah, dibandingkan beras putih, maka beras merah lebih baik untuk diberikan pada burung dara, memiliki kandungan vitamin B1 untuk meningkatkan stamina burung.

Buah dan Sayuran

Selain biji-bijian, burung merpati juga bisa diberikan pakan berupa sayuran yang dicincang halus, pastikan cuci dengan bersih sayuran dan buah sebelum diberikan pada burung merpati agar terhindar dari resiko keracunan bahan kimia.

Asupan Minuman

Tidak hanya makanan saja, merpati juga membutuhkan asupan minum, maka air adalah hal penting yang harus diberikan pada burung merpati agar burung tidak mengalami dehidrasi.

Asupan Vitamin

Untuk menjaga kesehatan burung ketika dalam kondisi tertentu seperti sedang bertelur, stress, atau terluka, maka asupan vitamin dan suplemen tambahan perlu diberikan. 

Hal ini bertujuan agar burung tetap mendapatkan asupan nutrisi yang cukup yang dibutuhkan oleh tubuh burung.

Kerikil untuk Mencerna Makanan Burung Merpati

Untuk apa burung merpati diberi kerikil? Ternyata kerikil dibutuhkan oelh burung merpati dalam memperlancar pencernaan.

Prosesnya adalah kerikil dimakan oleh merpati yang kemudian disimpan pada tembolok burung, lalu akan digunakan sebagai penghancur makanan seperti biji-bijian atau kacang-kacangan yang keras, sehingga dapat dicerna oleh tubuh.

Grit (Asinan)

Nah untuk kamu yang mungkin merasa jika kerikil terlalu kasar untuk diberikan pada burung merpati, maka alternatif lain yang bisa diberikan pada burung merpati untuk ngasin atau membantu memperlancar pencernaan burung bisa menggunakan grit.

Berikan grit dalam jumlah sedikit saja, oiya, selain grit ada juga kulit telur atau tulang sotong yang sudah di hancurkan sebagai alternatif asinan lainnya.

Makanan Burung Merpati Anakan

Ketika burung merpati memiliki anak, maka anakan burung merpati akan dirawat dan mendapatkan susu yang dihasilkan oleh burung merpati betina melalui temboloknya.

Susu ini dihasilkan dari cairan sel pelapis tembolok, memiliki kandungan protein tinggi dan lemak. Tentu cairan yang dikatakan sebagai susu merpati ini penting bagi pertumbuhan anak burung merpati.

Namun jika ingin merawat dengan cara dipisahkan dari induknya, maka bisa diberikan pakan khusus anakan burung yang dapat diberikan dengan cara menggunakan spet. Demikian informasi seputar makanan burung merpati yang bisa kamu ketahui, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar