Ini 7 Cara Memilih Perkutut Katuranggan! Kungmania Wajib Tau

Rajakicau.com – Sebagaimana diketahui bahwasanya Perkutut merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang dikenal dapat memberikan suasana tenang serta nyaman di sekitarnya. Pastinya ada berbagai macam cara memilih Perkutut Katuranggan apabila ingin memeliharanya. Baca Juga: Ini 5 Ciri Ciri Perkutut Lokal yang Bagus! Kungmania Wajib Tau

Bahkan pada kebudayaan Jawa Perkutut ini juga dikenal erat dengan hal mistis khususnya Perkutut jenis lokal. Hal tersebut bukan tanpa alasan, dikarenakan sudah dari dulu burung ini diyakini mempunyai kekuatan gaib atau supranatural. Untuk memilihnya, begini caranya. Baca Juga: 5 Cara Memilih Perkutut Katuranggan di Ombyokan! KungMania Wajib Baca

1. Cek Bentuk Paruh Burung Perkutut

Dengan melihat atau mengecek bentuk paruh Perkutut ini juga menjadi cara memilih Perkutut lokal Katuranggan. Apabila pembeli melihat bentuk paruh Perkutut lebih panjang dari ukuran normalnya, bisa jadi burung ini merupakan jenis Katuranggan.

Namun alangkah lebih baiknya lagi jika pembeli dibandingkan Perkutut paruh panjang tersebut dengan Perkutut yang lainnya. Tujuannya untuk memastikan apakah itu adalah Perkutut Katuranggan atau bukan.

2. Cek Warna Bola Mata Perkutut

Cara memilih Perkutut Katuranggan yang kedua yaitu pembeli dapat memilih burung Perkutut dengan dilihat dari warna bola matanya. Pembeli dapat memilih dengan warna bola hitam yang penuh.

Biasanya warna bola mata Perkutut yang hitam penuh merupakan jenis Perkutut Katuranggan Wisnu Murti. Cukup mudah dikarenakan pembeli hanya tinggal melihat bola mata Perkutut yang seharusnya berwarna hitam penuh.

Baca Juga  3 Manfaat Terasi untuk Perkutut! No 2 Joss

Jika bola mata Perkutut tidak hitam penuh berarti itu bukan Katuranggan. Bisa jadi burung lain namun masih satu famili dengan jenis Perkutut satu ini.

3. Lihat Bulu Putih Perkutut

Memilih Perkutut lokal Katuranggan yang istimewa juga dapat dilihat dari segi corak warna bulunya yang berwarna putih. Pada beberapa bagian tubuhnya baik itu pada kepala leher sayap ataupun punggung di bagian atas pangkal ekornya.

Biasanya Perkutut Katuranggan ini mempunyai sedikit corak warna putih di bagian bulunya. Pembeli dapat memastikan apakah terdapat sedikit corak warna putih atau tidak. Jika iya, maka bisa dipastikan sebagai burung Perkutut Katuranggan.

4. Lihat Bentuk Sisik Kaki Perkutut

Cara memilih Perkutut lokal Katuranggan yang selanjutnya yaitu dengan melihat bentuk profil sisik kaki Perkutut. Pembeli bisa mencari Perkutut dengan bentuk sisik kaki silang-silang sampai dengan atas.

Biasanya ciri kaki ini menandakan bahwasanya burung tersebut merupakan jenis Perkutut Katuranggan. Tentu pecinta burung pasti akan mudah melihat ciri satu ini.

5. Periksa Bentuk Leher Perkutut

Dengan melihat Perkutut juga menjadi salah satu cara melihat apakah burung tersebut termasuk ke dalam golongan Katuranggan atau bukan. Pembeli dapat melihat leher Perkutut melengkung seperti ular.

Selain itu, bisa pula dengan memilih Perkutut yang bentuk lehernya membelah di bagian dalamnya. Dan itu dipastikan bahwasannya burung tersebut adalah burung Perkutut Katuranggan.

6. Periksa Bentuk Dada Perkutut

Cara berikutnya yaitu pembeli dapat memilih Perkutut Katuranggan dengan memperhatikan bentuk dadanya. Apabila Perkutut memiliki bentuk dada membusung atau menonjol ke depan dapat dipastikan bahwasanya itu adalah Perkutut Katuranggan.

Perkutut dengan dada menonjol ke depan hanya dimiliki oleh Perkutut Katuranggan. Hal ini juga biasanya memiliki bentuk dada membelah seperti cekungan dari pangkal leher.

Baca Juga  7 Makanan Burung Perkutut Anakan dan Alam Liar Dijamin Gacor

7. Suara Perkutut Katuranggan

Apabila di atas merupakan cara memilih Perkutut aturan dari fisik, di sini juga dapat dilihat dari segi suaranya. Umumnya Perkutut kekurangan ini memiliki suara yang bagus merdu dan lantang serta iramanya tidak tergesa-gesa.

Itulah penjelasan cara memilih Perkutut Katuranggan istimewa dan berkualitas. Pembeli dapat membaca cara dari atas sampai akhir apabila ingin membeli Perkutut Katuranggan. Dengan mengikuti cara di atas, pastinya pembeli tidak salah beli burung.

Tinggalkan komentar