Mengenal Manfaat Daun Gingseng Untuk Murai Batu

Rajakicau.com – Pemberian makanan yang bergizi pada murai batu sangatlah penting. Makanan merupakan sumber energi sehingga pakan sangat berpengaruh dalam perkembangan dan pertumbuhan murai batu. Lalu apa manfaat daun gingseng untuk murai batu?

Extra fooding yang baik untuk murai batu salah satunya adalah daun gingseng. Dalam hal ini, memang ada banyak manfaat daun gingseng untuk murai batu tersebut. Berikut ini adalah ulasan manfaat daun gingseng tersebut.

Manfaat Daun Gingseng Untuk Murai Batu

Menjaga dan Meningkatkan Daya Tahan Murai Batu

Manfaat dari daun gingseng yang pertama adalah dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh murai batu. Stamina pada murai batu sangat penting diperhatikan. Stamina dan daya tahan murai batu dapat ditingkatkan dengan pemberian extra fooding yang tepat.

manfaat daun gingseng untuk murai batu

Meskipun murai batu dikenal sebagai pemakan serangga dan hewan-hewan kecil. Namun, murai batu masih bisa memakan daun gingseng sebagai extra fooding. Pemberian daun gingseng dapat dilakukan secara langsung dalam berbentuk lembaran. Baca Juga: Manfaat Madu Untuk Murai Batu yang Sangat Beragam

Meningkatkan Energi

Daun gingseng sudah sejak lama dikenal sebagai obat. Namun, manfaatnya tidak cukup sampai disitu saja, karena daun gingseng juga digunakan sebagai extra fooding bagi murai batu untuk meningkatkan energi.

Daun gingseng memiliki kandungan zat aktif yang berfungsi untuk meningkatkan performa murai batu. Karena kandungan yang baik tersebut, daun gingseng bahkan digunakan sebagai extra fooding burung kicau lainnya seperti kenari dan lovebird.

Selain diberikan langsung berbentuk lembaran, Anda juga bisa memotong daun gingseng kecil-kecil sebelum memberikan pada murai batu.

Membuat Murai Batu Lebih Aktif dan Sehat

Manfaat daun gingseng untuk murai batu selanjutnya adalah membuat murai batu menjadi lebih aktif dan sehat. kicauan menjadi salah satu hal yang penting untuk perlombaan. Karena itu, murai batu harus aktif berkicau untuk memenangkan lomba.

Agar murai batu aktif berkicau, maka stamina dan kesehatan harus berada pada kondisi terbaik. Jika kondisi murai buruk atau kesehatannya terganggu, maka burung akan malas berkicau dan lebih banyak diam. Untuk menjaga kesehatan murai batu Anda harus melakukan perawatan dan pemberian pakan terbaik.

Daun gingseng dengan porsi yang tepat dalam hal ini mampu menjaga kesehatan dan keaktifan murai batu. Porsi yang disarankan adalah satu lembar daun gingseng saja. sementara itu, waktu pemberian daun dingseng dapat dilakukan kapan saja.

Menjaga Murai Batu dari Stress

Manfaat dari daun gingseng memang tidak bisa dianggap sebelah mata. Selain dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, ternyata daun gingseng juga dapat mencegah stress pada murai batu. Namun, hal-hal yang memicu stress pun harus dihindari.

Untuk menjaga kesehatan mental murai batu, Anda bisa memberikan daun gingseng setelah murai batu mengikuti perlombaan. Pemberian daun gingseng akan membuat murai batu menjadi lebih tenang sehingga terhindar dari stress.

Kesehatan mental yang stabil dapat meningkatkan kualitas tidur dari murai batu. Dengan begitu, murai batu akan berada pada kondisi terbaiknya.

Extra Fooding yang Baik bagi Indukan

Manfaat daun gingseng untuk murai batu selanjutnya adalah sebagai extra foodimg yang baik untuk indukannya. Untuk mendapatkan anakan murai batu yang berkualitas memang dibutuhkan perawatan dan pakan yang juga berkualitas.

Anda bisa menambahkan daun gingseng sebagai extra fooding bagi murai batu. Pasalnya, daun gingseng dapat membantu menstabilkan gairah murai batu dan meningkatkan kualitas pengeraman telur serta induk yang masih mengasuh anaknya.

Pemberian daun gingseng pada indukan murai batu dapat dilakukan berupa tepung yang dicamur dengan pur. Cara lainnya adalah dengan memberikan jangkrik yang dijadikan konsumsi murai batu dengan pakan daun gingseng.