7 Makanan Burung Walet Alami Anakan dan Dewasa di Alam Liar

Rajakicau.com – Burung walet sering dijadikan sebagai burung ternak guna diambil sarangnya, diyakini sarang burung walet memiliki antioksidan tinggi dan dapat mencegah kanker, maka bagi para peternak walet, informasi seputar makanan burung walet adalah hal penting.

Makanan adalah hal penting yang dibutuhkan oleh burung walet agar tetap sehat dan terus produktif dalam menghasilkan sarang walet yang bagus. Dengan pemberian asupan makanan yang rutin tentu membuat walet akan aktif bergerak.

Yang perlu diperhatikan adalah pemberian makanan yang tepat dan disukai oleh burung, yuk ketahui.

Keunikan Burung Walet

Walet memiliki banyak keunikan, salah satunya adalah sarang yang dihasilkan walet memiliki harga yang cukup fantastis.

Sarang burung walet memiliki banyak bentuk dan berbeda dengan sarang burung lainnya. Walet membaut sarang dari air liurnya, inilah yang membuatnya istimewa dan unik.

Sarang walet dapat dikonsumsi, maka sering dijadikan bahan makanan seperti sop sarang walet hingga es sarang walet, bahkan saat ini sudah dijadikan produk kecantikan seperti skincare.

Namun untuk mendapatkan sarang walet tentu cukup sulit, sehingga harganya menjadi tinggi. Tidak hanya sulit dalam mendapatkan sarang walet, namun melakukan pembudidayaan terhadap walet juga dianggap tidak mudah.

Sarang walet yang dihasilkan melalui budidaya dapat dibanderol dengan harga sekitar jutaan rupiah, sedangkan sarang walet asli alami dapat dibanderol dengan harga puluhan juta.

Makanan Burung Walet Liar

Makanan Burung Walet Anakan dan Dewasa di Alam Liar
Makanan Burung Walet Anakan dan Dewasa di Alam Liar

Sarang alami burung walet memiliki harga tinggi karena sulit dalam mendapatkannya, biasanya dihabitat alami burung walet, mereka bersarang disekitar pesisir dan laut. Selanjutnya kami akan bahas makanan burung walet liar, Apa saja? cek dibawah ini

Apa Makanan Burung Walet Dewasa dan Anakan?

1. Makanan Burung Walet Dewasa

Makanan burung walet alami adalah berbagai macam serangga-serangga kecil. Mereka sering mencari makanan diarea hutan, rawa, hingga daerah perkebunan. Bagi walet mencari makanan merupakan hal yang mudah dilakukan, terlebih jika sudah dewasa.

2. Makanan Burung Walet Anakan/ Piyik

Saat dewasa burung walet akan memakan berbagai jneis serangga kecil seperti ulat, jangkrik dan lainnya. Ulat merupakan makanan terbaik yang bisa diberikan untuk walet karena memiliki kandungan gizi dan protein yang bagus untuk meningkatkan pertumbuhan burung.

3. Makanan Burung Walet Liar

Pada saat walet masih kecil atau piyik makanan akan menjadi urusan induknya, maka kamu tidak perlu memberi pakan lain, karena dapat mengganggu induknya dan merasa ancaman sehingga burung malah kabur. 

Biasanya burung walet liar sangat suka aroma aroma serangga kecil dan biasanya mereka akan terbang ke daerah pertanian atau rawa-rawa yang masih alami lingkungan nya.

Cara Membuat Makanan Alami Burung Walet

Untuk kamu yang serius dalam membudidayakan walet, maka perlu tahu cara alami untuk mendapatkan pakannya. Dengan menggunakan pakan alami tentu akan membuat walet cepat bersarang.

  • Pakan tambahan adalah hal penting untuk membuat walet cepat bersarang dan menghasilkan sarang yang berkualitas terutama pada masa kemarau panjang.
  • Jenis pakan tambahan yang sangat disuaki oleh walet adalah seperti semut bersayap, lalat, hama padi, laron, belalang, kumbang, dan serangga kecil lainnya yang memiliki ukuran antara 0.2-2.5 mm. Maka lokasi terbaik untuk membangun kandang budidaya walet adalah di daerah persawahan. 
  • Dengan membuat pakan tambahan akan membuat walet tidak perlu terbang jauh dalam mencari pakan. 

Ada banyak cara untuk mendapatkan pakan alami walet, yang pertama kamu bisa menggunakan bahan seperti tepung tapioka, kacang-kacangan, hingga singkong di area kandang burung walet.

Cara kedua adalah dengan menggunakan buah-buahan atau kulit buah yang dibiarkan sehingga membusuk dan lambat laun akan dihinggapi oleh ulat-ulat kecil yang bisa dimakan oleh walet. Baca Juga: Makanan Burung Kenari

Demikianlah seputar informasi mengenai makanan burung walet, apakah kamu tertarik memelihara burung unik ini? Semoga bermanfaat ya, terima kasih.

Tinggalkan komentar