7 Jenis Makanan Burung Kedasih Liar,Anakan, Dewasa

Rajakicau.com – Burung kedasih memiliki nama latin Cuculus Merulinus yang kental dengan berbagai macam mitos ditengah masyarakat. Namun, tidak disangka banyak yang memelihara burung kedasih. Lalu apa makanan burung kedasih terbaik?

Banyak masyarakat yang menganggap burung kedasih sebagai penanda kematian, maka banyak yang tidak ingin kehadirannya dan tidak mau memeliharanya, namun saat ini burung kedasih banyak dipelihara karena kicauannya yang unik.

Fakta Tentang Burung Kedasih

Makanan Burung Kedasih
Makanan Burung Kedasih

Terdapat fakta unik yang terkenal dan melekat pada burung kedasih, diantaranya yaitu seperti:

  1. Burung yang tidak mau membuat sarang, dimana saat burung kedasih inging bertelur, maka ia akan menitipkan telurnya ke sarang burung lain, dan meninggalkannya begitu saja.
  2. Burung penyendiri, burung biasanya lebih senang hidup berkelompok, namun berbeda dengan jenis burung ini, karena kedasih lebih senang hidup sendiri, mereka adalah burung penyendiri yang tangguh ketika mencari makanannya.
  3. Burung licik, karena senang menitipkan telurnya ke sarang burung lain, dan membuang telur ada pada sarang tersebut untuk menggantinya dengan telur burung kedasih.

Berbagai Jenis Makanan Burung Kedasih

Dengan banyaknya rumor yang beredar, tidak membuat surut para pecinta burung untuk tetap menjadikan burung kedasih sebagai peliharaan, nah untuk kamu yang memelihara burung kedasih, maka perlu tahu jenis jenis makanan yang bisa diberikan kepada burung kedasih, sebagai berikut.

Memberikan makanan adalah hal utama, burung kedasih termasuk burung yang jarang dipelihara dan merupakan jenis yang tidak biasa terkurung, maka berikan pakan sesuai di alamnya. Beberapa jenis pakan burung kedasih yang dapat diberikan antara lain adalah:

Serangga 

Untuk pakan burung kedasih pada umumnya adalah serangga, adapun untuk jenis serangganya juga banyak seperti misalnya Jangkrik, Belalang, Ulat, dan Kupu-Kupu serta jenis serangga lainnya.

Madu

Biasanya burung kedasih juga dapat diberi pakan dengan madu yang berfungis untuk mengimbangi dan meningkatkan suara burung, agar nantinya bisa diberikan madu agar stamina burung terjaga.

Multivitamin

Selain madu dan serangga burung kedasih juga dapat diberikan makanan tambahan dengan tujuan agar kesehatan burung tetap terjaga, pemilik juga perlu memberikan multivitamin.

Makanan Burung Kedasih Anakan

Untuk yang sedang memelihara burung kedasih lolohan atau anakan maka terdapat racikan makanan yang bisa meningkatkan pertumbuhan burung.

Binatang Kecil

Sejatinya pakan alami burung kedasih dialam bebas ialah ulat, telur semut, dan serangga lain serta binatang-binatang kecil.

Namun, ketika dipelihara alangkah lebih baik jika burung dilatih untuk memakan voer sejak usia anakan, sehingga nantinya ketika beranjak dewasa burung akan lebih mudah dalam mendapatkan perawatan harian.

Pemilik tidak perlu repot lagi dalam mencari pakan alami, pakan alami tetap diberikan, namun hanya sebagai variasi dalam pemberian pakan agar burung tidak bosan.

Voer

Untuk itu makanan kedasih anakan adalah voer, untuk bisa meloloh anakan burung kedasih maka gunakan voer burung yang halus dan dicampur dengan sedikit aur serta potongan perut jangkrik untuk meningkatkan aroma.

Berikan racikan pakan kepada burung kedasih kecil dengan menggunakan sendok kecil setiap anakan burung kedasih merasa lapar, setelah diloloh jangan lupa untuk memberikan beberapa tetes air untuk minum burung.

Cara Membuat Pakan Burung Kedasih

Dalam membuat adonan voer jangan terlalu encer atau terlalu padat, namun dibuat kental agar anakan burung dapat menelan dengan mudah.

Ketika pemberian pakan tidak habis, maka sebaiknya dibuang, dan jangan diberikan lagi di waktu lain, melainkan ganti dengan racikan baru.

Atau jika tidak ingin ribet dengan membuat racikan sendiri, bisa juga dengan memberikan voer khusus lolohan yang banyak dijual di toko burung.

Kandungan voer khusus lolohan juga sudah lengkap sehingga tidak memerlukan ekstra fooding. Anakan burung kedasih sudah bisa diberikan ulat hongkong atau ulat kandang yang dicampur dengan voer kering setelah memasuki usia 30 hari, dan sekalian untuk melatih burung agar bisa makan sendiri.

Jika burung sudah mau memakan voer kering, maka pakan seperti jangkrik atau ulat hongkong cukup diberikan di pagi atau sore hari saja secukupnya. (Baca Juga: Makanan Burung Puter Agar Rajin Bunyi)

Itulah berbagai jenis makanan kedasih yang bisa diberikan agar burung tetap sehat, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar