12 Cara Agar Suara Burung Trucukan Keras! Pemula Wajib Tau

Cara Agar Suara Burung Trucukan Keras – Burung trucukan dikenal sebagai salah satu burung kicau yang sangat populer di Indonesia. Banyak penggemar burung kicau yang senang memelihara burung trucukan karena suaranya yang merdu. Baca Juga: 5 Makanan Burung Trucuk Agar Cepat Gacor

Namun, seringkali burung trucukan tidak mau berkicau atau suaranya terlalu pelan. Jika Anda mengalami masalah ini, berikut adalah beberapa cara untuk membuat suara burung trucukan menjadi lebih keras.

Cara Agar Suara Burung Trucukan Keras

Cara Agar Suara Burung Trucukan Keras
Cara Agar Suara Burung Trucukan Keras

1. Pemberian Makanan Yang Tepat

Salah satu cara untuk membuat suara burung trucukan menjadi lebih keras adalah dengan memberikan makanan yang tepat. Makanan yang baik dan seimbang akan membantu menjaga kesehatan burung trucukan dan membuatnya aktif berkicau. Berikan makanan yang mengandung banyak protein seperti jangkrik, ulat hongkong, atau kroto. Selain itu, berikan juga makanan tambahan seperti buah-buahan segar, sayuran, dan telur puyuh rebus.

2. Perawatan Kandang Yang Tepat

Burung trucukan juga membutuhkan kandang yang nyaman dan bersih. Pastikan kandang burung trucukan selalu dalam kondisi bersih dan kering. Jangan biarkan kotoran menumpuk di dalam kandang karena dapat menyebabkan infeksi dan penyakit pada burung trucukan. Selain itu, berikan tempat bertelur yang aman dan nyaman untuk burung trucukan.

3. Latihan Berkicau

Latihan berkicau juga sangat penting untuk membuat suara burung trucukan menjadi lebih keras. Lakukan latihan berkicau secara teratur setiap hari. Anda dapat menggunakan suara-suara rekaman burung trucukan sebagai stimulasi agar burung trucukan Anda mau berkicau. Selain itu, latihan berkicau juga akan membuat burung trucukan lebih aktif dan sehat.

Baca Juga  7 Efek Menjemur Murai Batu Terlalu Lama

4. Mandi Rutin

Burung trucukan juga perlu mandi rutin untuk menjaga kebersihan bulu dan kulitnya. Mandi juga membantu meningkatkan kepercayaan diri burung trucukan dalam berkicau. Berikan wadah mandi yang cukup besar dan isikan air secukupnya. Pastikan air mandi selalu dalam kondisi bersih.

5. Pemberian Suplemen

Jika burung trucukan Anda mengalami masalah kesehatan atau suaranya terlalu pelan, Anda dapat memberikan suplemen untuk membantu meningkatkan kesehatan burung trucukan. Suplemen yang mengandung multivitamin dan mineral dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh burung trucukan. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan sebelum memberikan suplemen.

6. Suasana Kandang Yang Tenang

Suasana kandang yang tenang dan nyaman juga dapat membantu membuat suara burung trucukan menjadi lebih keras. Hindari kebisingan yang berlebihan atau suara-suara yang dapat membuat burung trucukan merasa stres. Buatlah suasana kandang yang nyaman dengan memberikan tanaman

7. Berikan Kandang Yang Luas

Burung trucukan juga membutuhkan kandang yang cukup luas. Pastikan kandang burung trucukan memiliki ukuran yang cukup besar dan memadai. Dengan memberikan kandang yang luas, burung trucukan dapat bergerak dengan leluasa dan tidak merasa terkekang.

8. Jangan Memaksakan Burung Trucukan

Jangan memaksakan burung trucukan untuk berkicau jika tidak dalam kondisi yang sehat atau sedang mengalami stres. Hal ini dapat membuat suara burung trucukan menjadi semakin pelan dan membuat burung trucukan merasa tidak nyaman. Sebaiknya tunggu hingga burung trucukan dalam kondisi yang sehat dan nyaman untuk berkicau.

9. Perhatikan Waktu Berkicau

Burung trucukan lebih aktif berkicau pada pagi hari dan sore hari. Perhatikan waktu berkicau burung trucukan Anda dan pastikan memberikan stimulasi yang cukup pada saat yang tepat. Jika diberikan stimulasi pada waktu yang tepat, suara burung trucukan akan menjadi lebih keras.

Baca Juga  Manfaat Madu Untuk Murai Batu yang Sangat Beragam

10. Perhatikan Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang sangat penting untuk menjaga kesehatan burung trucukan. Pastikan membersihkan kandang secara rutin dan selalu menjaga kebersihan tempat makan dan minum. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan burung trucukan dan membuat suara burung trucukan menjadi lebih keras.

12. Lakukan Perawatan Rutin

Lakukan perawatan rutin pada burung trucukan Anda, seperti memotong kuku dan membersihkan paruh. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan burung trucukan dan membuat suara burung trucukan menjadi lebih keras.

Itu saja info tentang cara agar suara burung trucukan keras, selalu kunjungi rajakicau.com untuk tau info berita dunia perkicauan terupdate dan terpercaya.

Tinggalkan komentar