7 Makanan Burung Kenari Biar Cepat Gacor dan Ngeplong

Rajakicau.com – Terdapat banyak sekali hewan peliharaan yang bisa dipelihara, salah satunya adalah burung kenari yang memiliki suara indah dan bulu yang mempesona, maka agar burung kenari memiliki suara kicau yang merdu, makanan burung kenari harus selalu diperhatikan. Baca Juga Tips Agar Kenari Cepat Gacor

Burung kenari merupakan jenis burung kicau yang memiliki suara kicau unik dan merdu. Burung kenari merupakan burung impor dengan ukuran kecil, dalam pemeliharaan burung kenari agar memiliki kicauan yang ngeplong dan gacor maka harus dirawat dengan baik. Baca Juga: 5 Minuman Kenari Cepat Gacor! No 1 Joss

Salah satu faktor penting yang membuat tips suara burung kenari gacor adalah pemilihan jenis makanan burung kenari yang bagus. Makanan yang bisa diberikan untuk burung kenari antara lain seperti sayuran, milet, canary seeds, dan biji-bijian lainnya.

Baca Juga: Makanan Burung Kutilang Dewasa dan Anakan

Makanan burung kenari tentunya bisa berbagai macam dan dapat dengan mudah dijumpai di sekitar kita.  Untuk membantu memilih makanan burung kenari terbaik kamu bisa mengikuti artikel ini hingga selesai. Yuk simak.

Makanan Burung Kenari Biar Cepat Gacor

Makanan Burung Kenari Biar Cepat Gacor dan Ngeplong
Pakan Burung Kenari Biar Cepat Gacor dan Ngeplong

Untuk membuat burung kenari berkicau merdu dan gacor maka dibutuhkan perawatan yang ekstra. Makanan menjadi hal yang penting dalam melakukan perawatan burung kicau yang satu ini.

Untuk itu, berikut ini adalah daftar rekomendasi pakan burung kenari yang terbaik agar burung menjadi gacor dan sehat.

Biji-Bijian

Pakan utama bagi burung kenari adalah pakan berupa biji-bijian seperti millet, canary seeds, biji sawi, dan lainnya. 

Namun selain biji-bijian, terdapat pakan lain yang bisa dijadikan sebagai pakan utama bagi kenari. Yaitu kroto, pakan dengan protein tinggi yang begitu disukai burung, membuat burung tetap sehat dan berstamina, sehingga akan lebih rajin berbunyi.

Telur Puyuh

Selanjutnya, salah satu pakan yang bisa diberikan sebagai variasi makanan adalah telur puyuh. Telur puyuh memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Kenari menyukai bagian kuning telur puyuh, namun agar burung sedikit berisi, maka bisa memberikan bagian putih telurnya juga.

Dalam pemberian telur puyuh harus diperhatikan tingkat kematangannya, karena kenari tidak menyukai telur puyuh yang masih mentah.

Ulat Hongkong

Pakan tambahan yang digunakan untuk memancing burung agar terus berkicau adalah ulat hongkong. Dengan ulat hongkong burung akan terpancing untuk berkicau karena mendapat reaksi gatal setelah memakan ulat.

Pemberian ulat hongkong ini dapat digabungkan dengan jenis pakan lainnya seperti kroto atau biji-bijian yang merupakan pakan utama burung. 

Yang perlu kamu jaga adalah porsi pemberian ulat hongkong, jangan sampai memberikannya secara berlebihan, karena dapat membuat burung menjadi obesitas dan menjadi malas untuk bergerak, akhirnya burung cenderung lebih diam serta jarang berkicau.

Buah Apel

Kenari juga dapat diberikan pakan berupa buah khususnya buah apel yang merupakan pakan favorit bagi burung kenari. Kandungan gizi yang baik membuat burung menjadi lebih sehat dan berstamina.

Dalam pemberiannya silahkan kikis dengan ukuran kecil dan gantungkan pada sisi kandang. Dengan pakan yang digantung juga memberikan pelatihan untuk burung mengambil makanannya.

Sayuran 

Asupan sayuran juga harus diberikan untuk burung kenari, dengan pemberian sayuran mood burung untuk berkicau menjadi meningkat, akan tetapi tidak semua sayuran bisa diberikan pada kenari, kandungan vitamin pada sayur akan membuat metabolisme pada tubuh burung menjadi lebih sehat dan membuat burung menjadi aktif.

Berikut ini adalah makanan burung kenari berupa sayuran yang kami rekomendasikan:

  • Wortel
  • Kubis
  • Mentimun
  • Sawi
  • Oyong atau Gambus
  • Jagung
  • Selada

Itulah daftar makanan burung kenari biar cepat gacor yang bisa diberikan, jenis makanan diatas bisa untuk semua jenis burung kenari semoga bermanfaat yaa dan salam kicau. Baca Juga: Makanan Burung Cucak Ijo

Tinggalkan komentar