Manfaat Ekor Cicak Untuk Kacer Ternyata Sangat Bagus

Kacer adalah salah satu burung yang mempunyai kicauan, maka dari itu banyak orang yang berlomba memeliharanya. Tujuannya beragam, baik sekedar memuaskan hobi memelihara burung atupun untuk memenuhi kreteria mengikuti suatu perlombaan. Untuk mendapatkan burung kacer yang sehat, maka harus dirawat dan diberi makan dengan baik, seperti dengan mengambil manfaat ekor cicak untuk kacer.

Pemanfaatan ekor cicak ini sangat menunjang kelangsungan kicauan kacer, meskipun pada kenyataannya suatu hal yang tidak lumrah menemukan ekor cicak untuk pakan burung kacer. Hal ini mengingat ketidakpastiaan letak cicak. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diambil dari ekor cicak untuk burung kacer.

Pengganti Cacing

Ekor cicak  bisa dimanfaatkan oleh pemelihara kacer sebagai makanan pengganti cacing untuk burung ini. Cacing merupakan makanan yang istimewa untuk burung kacer, namun jika hewan ini bisa menggunakan ekor cicak sebagai penggantinya. Selain itu, nutrisi yang didapat burung kacer dari cacing akan sama dengan dari ekor cicak ini.

manfaat ekor cicak untuk kacer

Pemberian ekor cicak sebagai pengganti cacing ini akan berguna untuk menghindari kebosanan burung kacer. Dengan begitu menu makanan burung kicau akan semakin bervariasi, karena tidak melulu cacing saja. Selain itu, ini berguna untuk mengadptasi burung kacer karena bentuk ekor cicak mirip dengan cacing.

Makanan Ekstra

Manfaat ekor cicak untuk kacer berikutnya adalah sebagai makanan ekstra yang berguna untuk kacer karena kebutuhan makanan burung ini yang banyak. Pemberian makanan ini seperti halnya pada manusia, misalnya protein yang tidak setiap hari diberikan. Namun, makanan ekstra ini harus tetap perlu diberi beberapa minggu sekali untuk menunjang kebutuhan nutrisi untuk burung kacer.

Pas Untuk Burung Kacer Saat Mabung

Kegunaan ekor cicak yang berikutnya adalah berhubungan dengan kondisi burung kacer saat mabung. Mabung sendiri merupakan suatu proses bergantinya bulu pada burung kacer yang dilakukan secara rutin dalam jangka waktu tertentu pula. Dengan begitu burung kacer akan kerap mengalami mabung ini, walaupun sebenarnya tetap secara berkala.

Ketika dalam kondisi mabung seperti ini burung kacer akan sangat lemah. Hal ini dikarenakan semua bulu tubuhnya akan mengalami kerontokan untuk berganti menjadi bulu baru yang lebih indah. Seperti halnya kemo terapi yang menjadikan bulu hilang semua dan yang membuat tubuh menjadi lemah. Untuk membantu kondisi burung kacer saat mabung ini bisa dimanfaatkan ekor cicak.

Apabila burung ini diberi ekor cicak saat mabung, maka kacer akan mendapatkan bulu baru yang lebih halus dari sebelumnya karena pengaruh nutrisi dari ekor cicak sendiri. Sehingga, keadaan mabung bagi burung kacer tidak akan menjadikannya lemah karena kebutuhan nutrisi tercukupi.

Menjadikan Burung Kacer Lebih Berisik

Kacer dikenal dengan nama burung kicau, sehingga membuatnya banyak dipelihara karena suaranya. Salah atu cara memeliharanya adalah dengan memberi makanan ekor cicak. Dengan begitu, burung kacer akan lebih berisik karena nutrisinya lebih terpenuhi dari sebelumnya. Pemberian ekor cicak pada burung kacer bisa dilakukan secara langsung.

Memberi Efek Hangat

Manfaat terakhir dari ekor cicak untuk burung kacer adalah memberikan efek hangat pada tubuh kacer. Hal ini sangat berguna untuk burung kacer apalagi saat musim penghujan. Pemberian ekor cicak sebagai makanan bisa menghangatkan tubuh burung kacer, sehinnga membuatnya tidak gampang sakit. Dengan demikian, pola makan burung kacer tetap terjaga dengan baik.

Itulah sedikit ulasan mengenai manfaat ekor cicak untuk kacer yang bisa dijadikan rujukan bagi yang sedang mencari informasi tentang kacer atau yang ingin merawatnya. Perhatiakan makanan burung kacer agar membuatnya bisa berkicau dengan lebih merdu.