Ini 5 Tanda Kenari Selesai Mabung dan Siap Ngeriwik Kembali! Pemula Wajib Tau

Rajakicau.com – Jika ingin memastikan bahwa kualitas suara kenari tetap buruk setelah mabung, penting untuk mengetahui tanda-tanda peringatannya. Karena proses ganti kulit atau bordir mungkin tidak sempurna jika burung terganggu saat masih mabung. Berikut ini akan diulas tanda kenari selesai mabung. Baca Juga: Ini 4 Jenis dan Ciri Ciri Kenari Lizard yang Asli! No 1 Sering Ikut Lomba

Proses mabung burung kenari biasanya berlangsung antara tiga minggu dan dua bulan. Prosedur ini bisa jadi membutuhkan waktu lebih lama dalam beberapa kasus karena kelemahan fisik burung atau lingkungan yang sering stres.

Kenari akan tampak lemas, pendiam, makan sangat sedikit, dan secara alami merontokkan seluruh bulu tubuhnya selama masa mabung ini. Lalu, apa indikasi kenari telah selesai mabung? Simak terus di bawah ini:

5 Tanda Kenari Selesai Mabung

Sepintas, kenari mabung akan terlihat sakit dan bulu-bulunya rontok. Kenari mabung sudah selesai dan siap untuk dikuasai sekali lagi ketika burung sudah aktif kembali. Untuk lebih jelasnya, berikut ciri-ciri burung kenari dewasa:

1. Bulunya Tumbuh Lagi

Lagi Banyak kicau mania mengira kenari dengan bulu pendek telah selesai menjahit. Faktanya, mabung berakhir ketika bulu kembali ke panjang normal. Bulu kenari pada akhirnya akan menjadi kusam dan rusak jika telah dimandikan dan dikeringkan berkali-kali ketika bulunya masih pendek.

2.Tidak Nafsu makan

Selama mabung, kenari tidak akan mengkonsumsi pakan yang diberikan karena kenari menjadi aktif dan makan banyak. Pasti selalu ada kelebihan atau sisa.Ini karena selama periode mabung, burung kurang nafsu makan. Namun, setelah mabung selesai, nafsu makannya akan kembali.

Baca Juga  4 Jenis Warna Kenari yang Bagus! Cocok Untuk Kontes

3.Kenari Restart Ngeriwik

Selama masa mabungnya, kenari jarang berkicau atau bernyanyi. Namun, ini tidak berarti burung akan selalu seperti ini. Nafsu makan kenari akan mulai kembali setelah masa mabung selesai. Akibatnya, mulai terdengar suara kandang berderit di dalam. Hal ini menandakan bahwa kenari sudah siap diatur dan dikuasai sebelum diturunkan seperti semula.

4. Lebih Dari Dua Bulan Diam

Jika sudah makan kenari selama lebih dari dua sampai tiga bulan tetapi tidak melihat gejala-gejala yang disebutkan di atas, pemilik masih bisa memberikan perawatan seperti biasa. Karena terkadang ada burung kenari mabung yang tidak ‘t suara sampai waktu bordir telah berakhir.

Namun memancing dengan suara betina untuk meningkatkan birahi bisa membantu menentukan apakah burung kenari sudah siap untuk dirawat seperti biasa. Baca juga: Ini 7 Cara Menurunkan Birahi Burung Kenari! Pemula Sering Salah

Pada dasarnya, salah satu tanda kenari akan berganti bulu adalah dia diam dan tidak bernyanyi sesering biasanya. Itu juga bisa terlihat lebih tenang dan kurang lincah. Bulu burung yang besar dan kecil kemudian secara alami semakin tersebar di bawah kandang.

Ciri-Ciri Kenari Dewasa

Waspadai pula ciri-ciri dan gejala burung kenari dewasa. Pemilik dapat mendorong kenari dewasa untuk menyelesaikan mabung, dengan cepat memberi kenari makanan yang mengandung banyak nutrisi dan serat. Ini juga sangat penting untuk pertumbuhan bulu kenari baru dan proses moulting berjalan lancar.

Kenari tanda kenari selesai mabung benar-benar membutuhkan konsumsi makanan kaya asam amino selama proses mabung berlangsung.yang merupakan lokasi dimana burung kenari membutuhkan zat tersebut untuk pertumbuhan bulu barunya.

Oleh karena itu, berikut rangkuman ciri-ciri dan gejala burung kenari dewasa bagi yang belum diketahui :

  • Warna bulu di tubuhnya bersih dan mengkilat, yang merupakan ciri-ciri burung kenari dewasa.
  • Mulailah dari awal lagi dengan usaha keras pemilik.
  • Seperti biasa, lincah dan agresif.
  • Proses molting kenari kurang lebih satu dan dua bulan hingga selesai.
Baca Juga  Pola Ekor Kenari Jantan! Pecinta Kenari Harus Tau

Baca Juga: Kaki Kenari Jamuran? Ini Cara Cepat Atasinya Dijamin Ampuh dan Gacor Kembali

Demikianlah informasi yang disajikan tentang tanda kenari selesai mabung. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang ingin mengenal ciri-ciri dan tanda burung kenari yang sudah selesai mabung.

 

Tinggalkan komentar