Mengenal Jenis Pakan dan Takaran Jangkrik Untuk Cucak Ijo

Bagi Anda pecinta burung, tentu sudah sangat familiar kan dengan burung cucak ijo? Ya cucak ijo merupakan salah satu jenis burung yang tentu saja tidak bisa diremehkan. Mengapa? Karena pada dasarnya burung ini sangat cerdas dan gemilang. Cucak ijo sendiri sejauh ini banyak diberi makan berupa jangkrik. Lalu berapa takaran jangkrik untuk cucak ijo?

Memperhatikan pemberian pakan merupakan suatu hal yang diperlukan sekali untuk pertumbuhan cucuak ijo. Selain itu, dengan pemberian pakan yang baik, maka burung pun bisa berkicau dengan indah atau lebih gacor. Nah, jika Anda ingin memberinya pakan jangkrik, pastikan mengetahui takarannya dengan baik. Berikut adalah takaran pemberian jangkrik untuk cucak hijau. Simak ya!

Jenis Pakan Pada Burung Cucak Ijo

Tak bisa dipungkiri, pemberian pakan yang baik tentu akan sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan menjadikan suara dari cucak hijau ini lebih indah. Pemberian pakan yang kurang atau salah pun ternyata bisa menjadi salah satu penyebab dari rontoknya bulu cucak ijo. Maka dari itu, cucak hijau ini perlu asupan nutrisi yang berkualias baik dengan porsi yang pas pula.

takaran jangkrik untuk cucak ijo

Pada dasarnya ada beberapa jenis pakan yang dapat diberikan pada burung cucak ijo ini ada beberapa jenis. Salah satunya yaitu pemberian buah-buahan segar misalnya saja buah pepaya, tomat dan jenis lainya. pemberian buah-buah tersebut utamanya pepaya sangat baik untuk meningkatkan daya tahan cucak ijo karena mengandung Vitamin C.

Pemberian buah-buahan sebagai pakan ini juga baik bagi sistem metabolisme burung cucak ijo tersebut. Namun, pemberian buah-buahan ini sebaiknya dilakukan selama 2 atau 3 hari sekali.

Selain buah-buahan, pakan yang perlu diberikan pada cucak hijau ini yaitu jenis pakan EF (Extra Fooding). EF sendiri yaitu pakan tambahan yang baik diberikan salah satunya yaitu jangkrik.

Pemberian Pakan Jangkrik 3 Ekor Pada Pagi Hari

Mengapa burung cucak perlu diberi pakan jangkrik? Jadi, perlu diketahui, pakan EF berupa jangkrik baik diberikan pada cucak ijo karena dinilai membuat kicauanya menjadi lebih gacor.

Nah, takaran jangkrik untuk cucak ijo sendiri juga harus diperhatikan oleh peternak. Hal ini dimaksud agar pemberian pakan tidak kurang atau kelebihan.

Adapun pada pagi hari, ada baiknya cucak ijo diberi pakan 3 ekor jangkrik pada cepuk EF. Ingat, pemberikan pakan jangkrik ini perlu diletakkan di cepuk dan jangan diberikan secara langsung pada burung.

Pemberian Pakan Jangkrik 3 Ekor Pada Sore Hari

Di samping informasi di atas, perlu diketahui pula bahwa di sore hari, takaran jangkrik untuk cucak ijo ini baiknya juga sebanyak 3 ekor. Untuk manfaat dari pemberian pakan jangkrik ini salah satunya yaitu dapat membuat bulu cucak ijo lebih lebat dan tidak mudah rontok.

Adapun pemberian pakan cucak ijo pada sore hari, dapat dilakukan pada 15.30 pada saat burung diangin-anginkan diteras atau setelah mandi sore. Pemberian pakan jangkrik 3 ekor tersebut bisa diletakkan pada cepuk EF. Setelah itu, sekitar pukul 18.00 burung cucak ijo dapat dikerodong dan diperdengarkan suara master.

Sudah jelas bukan berapa takaran pemberian pakan berupa jangkrik untuk cucak ijo? Penjelasan diatas bisa menjad referensi penting bagi Anda dan diterapkan secara rutin.