Manfaat Jahe untuk Burung Cendet Ini Wajib Diketahui

Rajakicau.com – Memberikan ramuan tradisional kepada burung peliharaan, banyak dipilih oleh para pecinta burung. Hal ini dikarenakan ramuan tradisional dinilai lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping bagi burung. Lalu apa saja Manfaat Jahe untuk Burung Cendet?

Salah satu bahan yang dibutuhkan dalam ramuan tradisional yang diberikan pada burung cendet adalah jahe. Tentu saja ada banyak manfaat jahe untuk burung cendet yang bisa didapatkan. Penasaran apa saja? simak daftarnya berikut.

Manfaat Jahe untuk Burung Cendet

Memberikan Rasa Hangat

Jahe merupakan tanaman yang banyak mengandung protein, vitamin A, B komplek dan vitamin C. Selain itu, jahe juga mengandung berbagai macam mineral yang berguna bagi tubuh seperti kalsium (Ca), fosfor (P), besi ( (Fe), natrium (Na), kalium (K), dan juga magnesium (Mg). Banyaknya kandungan zat penting dalam jahe membuat jenis tanaman berakar rimpang ini dipilih untuk dijadikan bahan ramuan tradisional. Baca Juga: Penyebab Burung Cendet Stress Dan Cara Mengatasinya

Jahe bukan hanya berguna untuk manusia tetapi juga bisa berguna bagi binatang, termasuk burung cendet. Kandungan yang terdapat di dalamnya mempunyai efek menimbulkan rasa hangat pada tubuh. Dan ini sangat berguna bagi peningkatan stamina dan juga bagi kesehatan burung. Terlebih pada musim dingin jahe sangat baik diberikan pada burung cucak ijo.

Pemulih Stamina

Jahe juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan stamina. Bagi burung yang baru saja sakit, jahe sangat bagus diberikan yang berguna untuk mengembalikan stamina yang turun setelahnya. Cara mendapatkan manfaat jahe untuk burung cendet ini bisa dengan memberikannya sebagai minuman, dan bisa juga dicampurkan dalam makanan tambahannya.

Sebagai minuman, jahe bisa diberikan dengan cara diparut lalu diambil airnya. Air perasan jahe ini bisa dicampurkan dalam minuman burung. Sedangkan untuk makanan tambahan yang bisa dicampuri diantaranya seperti jangkrik dan sejenisnya.

Mengatasi Mabuk Perjalanan

Bukan hanya manusia yang bisa mengalami mabuk perjalanan. Burung juga bisa. Burung cendet yang dibawa dalam perjalanan, biasanya dia akan diam saja tanpa gerak. Hal ini dikarenakan burung sedang menjaga kondisinya sendiri agar tidak mengalami mabuk selama perjalanan.

Manfaat Jahe untuk Burung Cendet Ini Wajib Diketahui
Burung Cendet

Untuk mengantisipasi agar burung tidak mengalami mabuk perjalanan, bisa dengan memberikan minuman dari jahe. Caranya adalah dengan memberikan minuman yang telah dicampur air jahe ke dalam minuman burung sebelum burung diajak melakukan perjalanan.

Rasa hangat yang ditimbulkan dari jahe bisa untuk mencegah agar burung tidak mengalami mabuk perjalanan. Dengan mengantisipasi hal ini, maka akan membuatnya lebih sehat dan bugar usai menempuh perjalanan.

Untuk Menjaga Kesehatan

Jahe bukan hanya sebagai obat tradisional yang bisa mengobati burung yang sakit. Tetapi juga bisa sebagai ramuan menjaga stamina agar burung tidak gampang sakit. Dengan memberikan minuman berupa air jahe yang diberikan secara teratur, akan membuat daya tahan tubuh burung cendet bagus. Apabila daya tahan tubuhnya bagus, otomatis burung tidak akan gampang sakit.

Penambah Nafsu Makan

Jahe ternyata juga bisa menambah nafsu makan bagi burung cendet. Rasa hangat yang ditimbulkan dari jahe, akan membuat burung menjadi lebih aktif dalam geraknya. Dengan bergerak aktif, burung akan jadi banyak mengeluarkan energi. Ketika banyak mengeluarkan energi, akibatnya burung cendet akan bertambah nafsu makannya, karena energi yang dimilik habis untuk bergerak.

Apabila burung senang makan, maka pertumbuhan burung juga akan bertambah. Burung jadi lebih cepat besar dan dengan senang makan, maka burung juga akan menjadi sehat. Untuk itu disarankan agar memberikan jahe secara teratur kepada burung cendet agar burung bisa bertambah nafsu makannya sehingga burung bisa mengalami pertumbuhan dengan baik.

Sebagai Campuran Makanan Tambahan

Memberikan jahe kepada vurung cendet tidak harus dalam bentuk air perasan. Jahe juga bisa diberikan sebagai campuran makanan tambahan bagi burung. Caranya adalah dengan memotong jahe dalam irisan-irisan kecil sebesar butiran poor makanan burung. Irisan jahe ini diberikan dengan cara dimasukkan dalam tubuh jangkrik yang menjadi makanan tambahan burung.

Memberikan ramuan tradisional memang banyak dipilih para penggemar burung cendet untuk menjaga kesehatan dan juga meningkatkan kualitas suara burung. Manfaat jahe untuk burung cendet yang begitu banyak tentu membuatnya jadi pilihan ramuan terbaik. Apalagi mengingat tanaman ini tergolong murah dan mudah didapatkan, serta tidak mengandung efek samping.