Ini 7 Cara Menurunkan Birahi Burung Kenari! Pemula Sering Salah

Rajakicau.com – Memelihara burung kenari merupakan pilihan yang tepat jika ingin memiliki kesibukan yang berbeda. Cara memelihara dan jenis pakan pun harus diketahui agar burung bisa hidup dengan sehat. Selain itu, cara menurunkan birahi burung kenari juga perlu diketahui agar kondisinya lebih stabil. Baca Juga: Ini 5 Tanda Kenari Selesai Mabung dan Siap Ngeriwik Kembali! Pemula Wajib Tau

Cara Menurunkan Birahi Kenari dengan Benar

Over birahi menjadi masalah yang kerap dialami oleh pemelihara burung kenari. Tak jarang pemilik burung merasa bingung ketika kenari yang dimiliki bertingkah aneh karena birahi. Sebenarnya masalah tersebut bisa dikendalikan dengan mudah jika cara merawatnya dilakukan dengan benar seperti berikut ini:

1. Sering Memandikan Burung

Cara menurunkan birahi burung kenari yang pertama adalah sering memandikannya. Dengan menambah waktu mandi lebih banyak dari biasanya, birahi burung akan berkurang. Untuk melakukan cara ini, burung juga harus dijemur agar tak kedinginan setelah mandi. Menjemur setelah dimandikan akan menghindari burung dari sakit. Baca juga: Ini Ukuran Kandang Ternak Kenari yang Benar! Pemula Wajib Tau

2. Memandikan Burung dengan Aloe Vera

Cara berikutnya adalah memanfaatkan aloe vera yang digunakan untuk memandikan burung kenari. Aloe Vera dipercaya bisa meredam atau menurunkan suhu panas pada burung. Dengan turunnya suhu tubuh, birahi pada burung dipercaya bisa turut teredam.

3. Terapi Embun

Tak hanya manusia, terapi embun juga bisa diterapkan pada burung kenari yang sedang birahi. Cara ini efektif membuat kenari menjadi lebih stabil dan untuk melakukannya, waktu yang paling optimal adalah pukul 05.00 hingga 06.00 pagi.

Baca Juga  Mengobati Burung Kacer Nyilet dengan cepat

4. Kurangi Waktu Berjemur

Tanpa banyak diketahui, mengurangi waktu menjemur burung juga bisa menurunkan birahi kenari. Pecinta burung bisa mulai membatasi waktu berjemur saat burung kenari sedang birahi. Sebisa mungkin jemur burung kenari pukul 08.00 dengan durasi tak lebih dari 10 menit selama masa birahi.

5. Memberi Pakan Tertentu

Pecinta burung bisa memberikan beberapa makanan tertentu untuk menurunkan birahi burung kenari. Makanan yang dianjurkan adalah mentimun dan buah pir yang dianggap ampuh menurunkan birahi burung kenari.

Pemberian mentimun bisa dilakukan ketika akan mengikuti kontes agar birahi burung kenari menjadi lebih stabil dan tidak agresif. Sementara itu pemberian buah pir bisa dilakukan setiap hari selama burung kenari dalam masa birahi.

6. Mengurangi Pakan Tertentu

Cara menurunkan birahi burung kenari berikutnya adalah mengurangi porsi pakan-pakan tertentu, seperti apel, telur puyuh rebus, dan kroto semut. Selain itu, kurangi juga pemberian biji niger dan eggfood karena bisa menambah stamina burung kenari.

Beberapa pakan tersebut dipercaya bisa membuat burung kenari semakin birahi sehingga pemberiannya harus banyak dikurangi. Setelah kondisi burung kenari stabil, pakan bisa kembali diberikan secara rutin seperti biasa.

7. Konsumsi Obat Penurun Birahi

Memberikan obat penurun birahi bisa dilakukan dengan cara membuat ramuan khusus dengan beberapa bahan alami. Selain itu bisa juga pergi ke dokter hewan untuk memberikan suntikan penurun birahi yang membuat burung menjadi stabil lebih cepat. Pemberian suntikan penurun birahi menjadi cara paling ampuh.

8. Kawinkan Burung

Selain memberikan suntikan penurun birahi, cara ampuh yang lain adalah mengawinkan burung kenari. Cara terakhir ini sangat cocok dilakukan jika tidak bisa melakukan beberapa cara yang sudah disebutkan.

Baca Juga  Tips Perawatan Cucak Ijo Saat Musim Hujan

Saat burung kenari mengalami over birahi, kawinkan burung kenari dengan lawan jenisnya yang juga sudah siap untuk melakukan perkawinan. Dengan tidak membatasi perkawinannya, kondisi birahi burung kenari akan selalu stabil dan bisa berkicau dengan merdu. Baca Juga: Ini 5 Cara Menjodohkan Kenari dengan Mudah! Pemula Wajib Tau

Itulah informasi tentang cara menurunkan birahi burung kenari yang bisa dilakukan dengan mudah. Meski salah satunya membutuhkan biaya yang cukup banyak, cara tersebut terbukti memberikan hasil yang sangat baik.

 

Tinggalkan komentar