Egg Binding momok peternak burung

Egg Binding momok peternak burung yang wajib diwaspadai. Jika tidak tertangani dengan tepat bisa berujung kematian induk betina. Egg binding adalah ketidakmampuan induk betina mengeluarkan telur dari kantong telurnya.

Egg Binding Momok Peternak
Egg Binding pada burung (lbah.com)

Banyak kasus burung betina yang mengalami egg binding tidak tertolong meski sudah ditangani dengan tepat. Oleh karena itu sebelum memutuskan beternak wajib mengetahui apa itu egg binding dan apa saja permasalahan dalam beternak. Tidak hanya burung yang bisa mengalami egg binding namun semua unggas juga bisa mengalaminya.

Beberapa penyebab egg binding :

  1. Kekurangan vitamin terutama kebutuhan kalsium yang tidak tercukupi
  2. Kelainan pada telur
  3. Terdapat infeksi di saluran telur
  4. Induk betina belum cukup usia matang sehingga alat reproduksi burung belum berkembang secara sempurna.
  5. Tubuh induk betina berukuran kecil.
  6. Induk betina mempertahankan telurnya di kantung telur. Induk betina tidak mau mengeluarkan telur di sarang karena merasa sarang tidak nyaman.

Cek berita terbaru viral indonesia hanya di: IDN WoW

Gejala egg binding :

  1. Nafsu makan hilang.
  2. Cara jalannya tidak teratur
  3. Cenderung duduk diam dan gemetar
  4. Tidak buang kotoran apapun atau kotorannya basah dan encer.

Penanganan Egg Binding

Jika burung anda mengalami egg binding jangan panik. Coba terapkan tips berikut sembari berdoa kepada Tuhan agar burung diberi umur panjang ๐Ÿ˜€

  1. Berikan vitamin dan kalsium agar burung tidak lemas.
  2. Mandikan burung di air hangat sembari dipijat secara lembut dibagian perut. Arah pijatan dari perut turun ke dubur. Lakukan selama 15 โ€“ 20 menit.
  3. Masukkan burung ke dalam sangkar kemudian kerodong. Pantau 1 jam kemudian.
  4. Jika 1 jam telur belum juga keluar maka bisa disuntikkan minyak kelapa ke duburnya. Minyak kelapa berfungsi untuk melicinkan telur agar mudah keluar.
  5. Cara pamungkas adalah berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa ๐Ÿ˜€
Baca Juga  Budidaya Burung Cucak Ijo dengan mudah

Pencegahan Egg Binding

Egg Binding bisa dicegah jika kita sudah memahami cara ternak dengan baik dan benar. Berikut cara pencegahan egg binding :

  1. Pastikan induk sudah berusia matang untuk berkembang biak.
  2. Lokasi kandang wajib terkena sinar matahari secara langsung dengan diberi rerimbunan untuk berteduh. Kandungan vitamin D pada sinar matahari sangat bagus buat kekebalan tubuh.
  3. Berikan glodok lebih dari 1. Biarkan burung memilih mana glodok yang nyaman.
  4. Kebutuhan vitamin, mineral dan kalsium terpenuhi sejak kecil. Kalsium bisa dibuat sendiri dengan menghaluskan cangkang telur lalu taburkan di pakan burung.
  5. Hindari pemberian pakan secara berlebihan. Karena burung betina yang mengalami obesitas cenderung memiliki lubang dubur yang sempit.

Demikian cara penanganan Egg Binding momok peternak yang bisa anda coba ketika burung ternak anda mengalami egg binding.

Tinggalkan komentar