9 Makanan Burung Puyuh (Liar,Anakan,Petelur)

Rajakicau.com – Ketika mendengar nama burung puyuh pasti sudah tidak asing kita dengar bukan? ada nama lain dari puyuh yaitu burung gemak namun sebenarnya sama saja hanya beberapa daerah yang menyebut dengan burung gemak, Nah lalu apa saja si makanan burung puyuh agar cepat besar? Yuk ketahui ulasannya. Baca Juga: Apa Makanan Burung Kakak Tua?

Memiliki keinginan untuk beternak atau memelihara burung puyuh atau gemak? Maka kamu perlu tahu nih asupan makanannya agar proses pemeliharaan menjadi lebih baik dan burung tetap sehat serta produktif.

Karakteristik Burung Puyuh

Burung puyuh merupakan satu famili dengan burung pengar dan beberapa jenis burung kecil lainnya. Dibelahan bumi bagian utara, terdapat berbagai jenis spesies burung puyuh yang hidup di alam liar. 

Sementara untuk Indonesia burung gemak atau puyuh ini memiliki nama latin Coturnix coturnix. Dihabitat aslinya, sebagian burung puyuh memakan serelia, namun ada beberapa yang memakan makanan lain.

Berbeda dengan burung gemak yang hidup di penangkaran dimana makanan harus diperhatikan mulai dari asupan nutrisi, protein agar burung gemak dapat tumbuh dengan baik.

Rekomendasi Makanan Burung Puyuh Paling Bagus

Makanan Burung Puyuh Agar Cepat Besar
Makanan Burung Puyuh Agar Cepat Besar

Agar hasil daging dan telur yang dihasilkan oleh burung puyuh banyak dan berisi, tentunya kita sebagai peternak harus memilih pakan atau makanan burung yang memiliki kualitas terbaik. Lalu apa saja makanannya berikut ini adalah jenis-jenis makanan burung gemak atau puyuh menurut habitat nya.

1. Makanan Burung Puyuh Liar atau Hutan

  • Tanaman dan Tumbuhan

Seringkali kita tidak tahu apa saja sih makanan puyuh saat di alam liar? nah sebenarnya burung puyuh sangat pintar dalam mencari makan seperti tumbuhan dan tanaman.

Mencari tanaman dan tumbuhan untuk pakan burung puyuh juga tidak sulit, karena memang hampir semua burung puyuh suka dengan berbagai macam tanaman atau tumbuhan seperti daun singkong, daun pepaya.

Namun tentu saja kamu harus mengolah berbagai macam tanaman dan tumbuhan agar nantinya dapat dimakan oleh burung puyuh, karena kalau tidak diolah biasanya burung puyuh akan susah makan bahkan bisa saja sakit.

  • Biji Bijian

Burung puyuh liar sangat menyukai makanan biji-bijian seperti jagung, jagung mengandung karbohidrat yang menjadi sumber energi bagi burung.

Jadi kita sangat dengan mudah dapat menemui burung puyuh di hutan yang memiliki tanaman yang lebat dan biji-bijian yang banyak. Biji bijian ini juga sebenarnya bisa menjadi makanan alternatif untuk burung puyuh.

Namun tentunya harus diolah lagi sesuaikan dengan keinginan dari burung puyuh tersebut, dan biasakan bentuk makananya berbentuk seperti voer atau dedak agar bisa dimakan dengan mudah.

2. Makanan Burung Puyuh Anakan

  • Sorgum dan Dedak Padi 

Sorgum memang sudah dikenal sebagai pakan ternak, memiliki kandungan protein tinggi layaknya jagung, walaupun jenis pakan ini cukup sulit untuk didapatkan karena hanya dapat ditemukan di daerah tertentu.

Sorgum memiliki kandungan xantofil dan anti nutrisi bernama tanin. Agar protein mudah dicerna maka berikan sorgum yang tidak berwarna karena memiliki kandungan tanin yang tergolong rendah.

  • Dedak Padi atau Bekatul

Makanan selanjutnya untuk burung gemak adalah bekatul atau sering di sebut dedak padi. Makanan ini merupakan limbah sisa pengolahan padi yang di giling dan menghasilkan beras.

Meskipun hanya limbah sisa, bekatul memiliki kandungan protein yang baik serta sumber energi yang bagus untuk burung. Bekatul juga memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan burung karena mengandung serat.

3. Makanan Burung Puyuh Petelur

  • Dedak Gandum atau Pollard

Tidak hanya bekatul, ada juga dedak gandum atau pollard yang bisa diberikan untuk burung puyuh petelur. Kandungan yang terdapat pada pollard antara lain seperti lemak, protein, hingga serat.

Dalam pemberian pollard perlu hati-hati karena terdapat serat kasar yang dapat menganggu pencernaan burung.

  • Tepung Tulang

Tepung tulang sebenarnya ialah sisa dari pemotongan hewan, tulangnya diambil lalu direbus hingga lunak dan matang, lalu dikeringkan dan digiling hingga halus dan menjadi tepung.

Apabila kamu memiliki budget yang menipis untuk pakan burung puyuh kami rekomendasikan tepung tulang tersebut sebagai makanan alternatif lain.

Namun kamu juga tidak usah khawatir tentang gizi dari makanan tersebut karena di dalam tepung tulang ini terkandung berbagai zat seperti kalsium dan phospor, dan ini merupakan kandungan yang bagus untuk membuat puyuh menghasilkan banyak telur, telur memiliki daya tahan yang kuat, dan burung menjadi produktif.

  • Singkong

Singkong juga bisa diberikan untuk menjadi makanan puyuh. Kandungan yang ada pada singkong seperti jagung. Namun perlu diperhatikan, jangan memberikan singkong pahit, karena memiliki kandungan sianogenik glukosa atau antinutrusi.

Singkong juga sangat bagus selain harga nya relatif murah, untuk mendapatkan nya juga sangat mudah apalagi kalau tinggal di desa apabila kita tidak punya pohon nya, kita bisa membeli ke pemilik pohon singkong dengan harga yang murah tentunya.

Kesimpulan

Selain jenis makanan diatas, terdapat juga pelet atau voer sebagai pakan buatan pabrik. Nutrisi untuk gemak petelur dan pedaging yang diternakkan kurang lebih dapat tercukupi dengan pemberian pakan komersial seperti voer pabrikan.

Namun perlu dicermati, upayakan setiap bulir pakan mempunyai ukuran partikel yang sama dan konsisten, mengapa demikian?

Hal ini agar burung puyuh petelur tidak terpaku pada pakan yang memiliki ukuran lebih besar dan mengabaikan sisanya, apabila terus berlanjut, maka burung akan kekurangan nutrisi apalagi untuk bisnis.

Beberapa rekomendasi pakan burung puyuh diatas memang terbagi agar nantinya kamu bisa memilih dengan mudah sesuai usia burung puyuh, karena tentu saja apalagi untuk peternak burung puyuh harus mengetahui jenis jenis pakan burung puyuh untuk kategori anak atau dewasa harus berbeda. (Baca Juga ” Makanan Burung Emprit“)

Itulah berbagai jenis makanan burung gemak atau burung puyuh yang dapat diberikan agar selalu sehat dan menghasilkan telur serta daging yang bagus. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar