Makanan Burung Falk

Rajakicau.com – Makanan burung falk atau parkit australia adalah biji-bijian, karena burung falk adalah keluarga burung paruh bengkok. Selain biji-bijian burung falk juga memakan buah, sayuran, dan bunga.

Di alam bebas, burung falk memakan biji-bijian yang memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi seperti padi dan jagung.

Untuk mengetahui detail makanan burung falk maka kamu perlu tahu hal berikut ini.

Makanan Burung Falk Paling Bagus 

Makanan Burung Falk

Falk memakan biji-bijian untuk hariannya, seperti jewawut, millet, jagung, canary seed dan lainnya. Selain itu burung falk juga memakan buah dan sayuran sebagai variasi makanan agar burung tidak bosan.

Berikut daftar makanan burung falk:

  • Biji-Bijian: Millet, Kuaci, Safflower, Canary Seed.
  • Buah: Pisang, Apel, Blueberry, Melon, Kelapa, Anggur, Kiwi, Mangga, Jeruk, Pepaya, Nanas, Delima, Labu, Rasberry, Strawberry, dan Nanas.
  • Sayur: Brokoli, Kubis, Wortel, Pakcoy, Jagung, Timun, Paprika, Kentang, Sawi, Ubi, Kecambah (Tauge), Ubi, Kacang Polong, dan Tomat.

Millet dan kuaci merupakan jenis makanan kesukaan burung falk, akan tetapi agar tidak bosan burung perlu diberikan variasi makanan, berikut ini takaran pemberian makanannya:

  • Berikan 1 sampai 2 sendok makan biji-bijian.
  • Sayur dan Buah-Buahan Secukupnya.
  • Tambahkan pelet khusus burung paruh bengkok.

Berdasarkan rekomendasi dokter hewan, rekomendasi nya adalah 75 hingga 80 % dari total pakan burung falk adalah pelet, dan 20 hingga 25 % sisanya merupakan campuran sayur dan buah-buahan segar.

Biji-bijian digunakan untuk pakan tambahan saja, dan kadang pakan biji-bijian digunakan untuk melatih burung falk untuk bisa free fly, atau trik lainnya.

Mengingat biji-bijian mengandung nutrisi yang rendah dan lemak yang tinggi maka kurang baik untuk memberikan biji-bijian pada burung falk yang dipelihara, karena burung falk yang dipelihara lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berdiam diri, berbeda ketika di habitat aslinya.

Pakan dalam bentuk pelet memiliki kandungan nutrisi yang esensial dan diperlukan sehingga membuat burung sehat dan aktif.

Pakan Parkit Australia Cepat Bertelur

Untuk membuat parkit australia cepat bertelur maka diperlukan beberapa racikan pakan sebagai berikut:

  • Roti gandum, potong menjadi kecil berbentuk dadu.
  • Bubur bayi yang mengandung protein tinggi (gunakan produk original).
  • Nasi putih.
  • Oatmeal.
  • Dan telur rebus dengan cangkangnya.

Bahan tersebut dapat menjaga kesehata burung terjaga pada saat akan bertelur. Pemberian pakan bisa dilakukan ketika pada masa kawin yang dibarengi sayur segar setiap hari atau selama proses bertelur.

Sumplemen tambahan seperti tulang sotong atau bubuk cangkang telur rebut harus tersedia pada saat falk betina sedang dalam masa perkawinan sehingga pada saat bertelur, telur yang dihasilkan memiliki hasil yang baik dan mudah dikeluarkan.

Makanan Burung Falk Lolohan

Untuk kamu yang memiliki falk lolohan, kamu bisa memberikan pakan seperti:

  • Kaytee Exact
  • Nutribird A19 atau A21
  • dan Sereal atau Bubur bayi dengan bahan organik.

Namun, jika memberikan pakan berupa bubur bayi, pastikan tidak memiliki kandungan warna buatan atau pengawet, hindari juga menggunakan bubur bayi yang mengandung perasa: bawang merah, bawang putih, madu, garam, alpukat, cokelat, dan jamur.

Atau bisa juga dengan membuat sendiri dengan menggunakan roti gandung yang dilembutkan menggunakan air hangat, dan tambahkan telur rebus, aduk rata hingga halus dan menjadi bubur, gunakan spet untuk menyuapi burung. Baca Juga ” Makanan Burung Tengkek”

Itulah berbagai jenis makanan burung parkit australia atau falk yang bisa kamu berikan, sehingga burung tetap sehat dan bahagia, semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar