Makanan Burung Tengkek

Rajakicau.com – Memelihara burung tengkek udang, namun belum tahu apa saja makanan burung tengkek udang ini, yuk ketahui jenis pakannya agar burung semakin gacor.

Merawat burung kicau memang membutuhkan waktu dalam memperhatikan berbagai kebutuhan burung seperti memandikan, penjemuran, hingga memilih jenis makanannya.

Begitu juga dengan perawatan pada burung tengkek udang, dimana perlu diperhatikan jenis asupan makanan dan minumannya. Dihabitat aslinya burung tengkek memakan berbagai jenis udang kecil dan ikan ikan kecil.

Namun ketika dirawat di kandang tentu burung harus dibiasakan untuk memakan voer dan jenis extra fooding lainnya agar perawatan semakin mudah dan kesehatan burung tetap bagus. Baca Juga: Makanan Burung Sogon

Jadi untuk itu pilihan makanan harus detail sehingga burung semakin rajin berkicau dan sehat selalu.

Makanan Burung Tengkek Udang

Burung Tengkek
Burung Tengkek

Bagi kamu yang memelihara burung tengkek raja udang, makanan yang bisa diberikan antara lain sebagai berikut. Perlu diketahui burung tengkek merupakan jenis burung yang cukup rumit dipelihara.

Pelet Lele

Memilih pakan untuk burung tengkek memang cukup merepotkan, sehingga membutuhkan waktu dalam memahami pakannya.

Dialam liar burung ini memangsa ikan di dekat aliran sungai, maka perlu dilatih untuk mau memakan voer atau pelet.

Salah satu rekomendasi voer untuk burung tengkek ini adalah voer lele dimana ukuran voer nya yang besar sesuai dengan paruhnya yang lebar.

Agar burung mau memakan voer, maka perlu dibiasakan terlebih dahulu, dengan memancingnya untuk memakan dengan makanan kesukaannya.

Jangkrik

Untuk jenis pakan jangkrik sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengenalkannya pada burung tengkek, karena serangga ini mirip dengan udang.

Cara pemberiannya juga sama, yaitu dengan menyuapinya, tetapi ada yang berbeda yaitu ketika memberikan jangkrik di cepuk, maka cepuk perlu diberi air agar burung muda memakannya, dan perlu dicatat buang kaki jangkrik dan kepalanya terlebih, sehingga tidak mengganggu tenggorokan dan pencernaan burung.

Udang 

Udang adalah jenis pakan yang sangat disukai oleh burung tengkek ini, karena dihabitatnya pun burung ini memangsa udang-udang kecil di tepi aliran sungai.

Jadi, jika baru pertama kali memelihara burung tengkek, maka perlu disiapkan udang kecil yang bisa didapatkan di toko ikan hias.

Ikan Kecil 

Tidak hanya udang, tengkek juga memakan ikan-ikan kecil, dengan bentuk paruhnya yang lebar, tentu membuatnya mudah dalam menangkap ikan kecil.

Jika burung tengkek yang dipelihara mulai tidak mau makan, maka ikan kecil atau udang kecil bisa menjadi solusi untuk mengembalikan kondisinya.

Telur Puyuh Rebus

Yang terakhir adalah telur puyuh rebus, telur puyuh memiliki kandungan protein yang bagus bagi tubuh burung.

Cara memberikannya cukup rebus telur puyuh kemudian masukkan kedalam cepuk dengan cara dibelah dua terlelbih dahulu, agar burung mudah memakannya. Telur juga bisa dicampur dengan voer halus sebagai pakan anakan burung tengkek. (Baca JugaMakanan Burung Falk

Ketika pertama kali dirawat secara umum burung tengkek buto yang baru akan mengalami stress, sehingga membutuhkan kondisi yang sepi dan aman, berikan waktu agar burung menyesuaikan dengan tempat barunya.

Lebih baik lagi jika burung dikerodong dan diperdengarkan suara masteran alami berupa suara gemercik air, atau burung kicau seperti kolibri, pleci, agar mental burung membaik.

Jadi demikianlah macam macam jenis makanan burung tengkek udang biru yang bisa diberikan sebagai pakan agar burung gacor dan lebih sehat serta aktif, semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan komentar