Begini Merawat Anis Merah Macet Bunyi

Rajakicau.com – Merawat Anis Merah Macet Bunyi merupakan tantangan dan seni tersendiri bagi kalangan kicaumania. Burung dengan nama ilmiah Geokichla citrine atau Zoothera cinerea yang juga merupakan burung endemik pulau Bali ini memiliki keistimewaan tersendiri. Perawatan anis merah bisa dibilang tidak mudah karena burung Anis Merah gampang stres.

Merawat Anis Merah Macet
Anis Merah Teler

Dengan gaya khas teler ketika berkicau membuat banyak kicaumania kepincut. Namun bukan perkara mudah membuat Anis Merah teler. Apalagi ketika membeli burung Anis Merah dalam kondisi macet.

Harga Anis Merah macet memang jauh lebih murah. Namun dibutuhkan ekstra kesabaran dan ketelatenan dalam merawatnya. Butuh cara terapi Anis Merah macet yang tepat agar bisa bisa kembali gacor. Penyebab Anis Merah macet juga beragam, diantaranya burung Anis Merah Over Birahi dan burung Anis Merah Stres.

Lantas bagaimana cara Merawat Anis Merah Macet?

Karantina Sangkar

Pada tahap awal gantangkan sangkar Anis merah ditempat yang jarang dilewati orang. Kondisikan sekitar suasana sangkar nyaman dan jauh dari jangkauan predator yang bisa memperburuk burung Anis Merah stres. Lokasi yang tepat bisa dekat dengan kamar mandi. Gemericik air mengalir dipercaya bisa mengembalikan performa Anis Merah.

Pemberian Pakan Voer

Pakan voer sebagai pakan harian Anis Merah menjadi salah satu faktor penting dalam proses pemulihan. Pastikan kandungan vitamin dan mineral dalam voer tercukupi sebelum diberikan kepada Anis Merah. Pantau setiap hari, apakah Anis Merah lahap atau menolak pakan. Jika Anis Merah menolak pakan voer bisa diganti dengan merk lain. Selama Anis Merah lahap makan maka berikan sebagai pakan harian. Ada juga beberapa kicaumania yang memberikan terapi tepung cabai merah.

Baca Juga  Begini Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu yang Benar

Pemberian Pakan Buah

Di habitat aslinya, burung Anis Merah suka memakan buah buah seperti pisang, apel dan pepaya. Namun banyak kicaumania yang memiliki pendapat pemberian buah salak, buah sawo dan buah kantil bisa mempercepat Anis Merah gacor.

Pemberian Extra Fooding

Selain pakan voer dan pakan buah, pemberian extra fooding juga wajib diberikan. Extra fooding berupa kroto, jangkrik, ulat hongkong, ulat kandang dan cacing guna mencukupi kebutuhan protein. Perlu perhatian khusus dalam pemberian pakan cacing. Bersihkan seluruh lendir yang ada di tubuh cacing sebelum diberikan kepada Anis Merah.

Mandi Rutin

Sama halnya dengan burung Murai Batu, burung Anis Merah juga gemar mandi berlama lama. Mandikan dalam keramba agar burung Anis Merah leluasa membersihkan tubuhnya. Jika tidak mau mandi keramba bisa diganti dengan memberikan cepuk ukuran besar didalam sangkar. Waktu pemandian juga harus rutin di pagi hari dan malam hari.

Waktu pemandian di pagi hari bisa dilakukan pukul 06.00 WIB s/d pukul 07.00 WIB. Sedangkan pada malam hari bisa dilakukan pada pukul 18.00 s/d pukul 19.00 WIB. Untuk durasi pemandian bisa disesuaikan, jika Anis Merah sudah sibuk merapikan bulu bulu basahnya maka pemandian bisa dihentikan.

Penjemuran

Burung Anis Merah tergolong burung yang tidak betah panas. Penjemuran burung Anis Merah pasca mandi bisa dilakukan dengan durasi cukup 1 jam. Jika durasi penjemuran berlebihan bisa berakibat mata Anis Merah katarak.

Pengembunan

Pengembunan bisa dilakukan antara pukul 04.00 s/d 05.00 WIB. Udara yang sejuk dan suasan lingkungan yang masih sunyi menjadi waktu favorit Anis Merah untuk melatih suara kicauannya yang lantang (ngeplong). Pengembunan juga bermanfaat buat kesehatan burung Anis Merah.

Baca Juga  Apa Saja Ciri Murai Batu Kurang Birahi? Ini Ulasannya

Melatih Mental

Disini yang dimaksud melatih mental dengan suara pancingan burung Anis Merah lain yang sudah gacor. Pastikan antara burung Anis Merah gacor dan Anis Merah stres tidak saling bertemu secara langsung. Cukup suaranya saja yang terdengar satu sama lain.