Makanan Burung Emprit

Kali ini Rajakicau.com Salah satu faktor penting dalam memelihara burung adalah pemilihan makanan, begitu pula dengan perawatan burung emprit, apa saja sih makanan burung emprit, simak ulasannya.

Makanan emprit yang paling disukai adalah biji-bijian, dan terdapat makanan lain sebagai tambahan untuk melengkapi nutrisinya. Sekilas mengenai burung emprit yang sering di anggap sebagai burung hama oleh para petani karena jenis burung ini sering memakan padi yang akan dipanen.

Namun, siapa sangka ternyata burung pipit atau emprit ini menjadi salah satu jenis burung yang banyak dipelihara. Kicauan burung emprit sering digunakan sebagai isian untuk burung kicau lainnya, untuk jenisnya sendiri sangatlah banyak.

Jadi, ketika kamu ingin memelihara emprit ini maka kamu harus tahu jenis makanan emprit yang baik, yuk ketahui.

Makanan Burung Emprit Agar Cepat Gacor

Gambar Burung Emprit Kaji
Makanan Burung Emprit Kaji

Kini burung emprit tidak hanya dikenal sebagai burung hama saja, namun kini sudah banyak yang memelihara, bahkan di negara-negara Eropa, harga burung emprit bisa mencapai jutaan rupiah.

Untuk itu bagi kamu yang ingin memelihara emprit ini, kamu perlu tahu jenis jenis makanan yang sesuai untuk si burung.

1. Biji-Bijian

Salah satu jenis makanan emprit yang paling disukai adalah jenis biji-bijian, karena biji-bijian ini merupakan pakan utamanya.

Kamu bisa membeli pakan biji-bijian ini di toko pakan hewan, terdapat beberapa jenis makanan biji-bijian yang bisa diberikan untuk burung emprit, seperti:

  • Milet Putih
  • Milet Merah
  • Jagung Kecil
  • Canary Seeds
  • Beras

Namun, ketika ingin memberikan beras kepada burung emprit, sebaiknya membuat bulir beras menjadi kecil-kecil agar mudah dimakan oleh burung dan tidak membuatnya tersedak.

2. Buah-Buahan

Selain biji-bijian , emprit juga senang untuk diberikan makanan sejenis buah-buahan seperti pisang atau pepaya yang segar. Untuk buah-buahan sendiri memang perlu membiasakannya terlebih dahulu, karena ini merupakan jenis makanan tambahan bagi emprit.

Dan pemberian buah-buahan ini juga tidak perlu terlalu sering, cukup berikan satu minggu sekali saja sebagai variasi makanan.

3. Serangga Kecil

Tidak hanya buah-buahan dan biji-bijian, emprit juga menyukai makanan sejenis serangga kecil seperti telur semut (kroto) atau ulat kecil. Namun pemberian makanan ini juga perlu di biasakan, karena secara umum makanan emprit adalah jenis biji-bijian.

Karena serangga adalah jenis makanan tambahan bagi emprit, maka pemberiannya tidak perlu dilakukan setiap hari dan tidak bisa terlalu banyak. Selain jenis makanan diatas, terdapat pula makanan extra fooding agar burung emprit menjadi gacor, apa saja sih extra fooding ini, mari ketahui.

Tambahan Makanan Burung Emprit Gantil

Terdapat beberapa sayuran yang bisa menjadi bahan extra fooding bagi burung emprit, berikut ini jenis-jenis extra fooding bagi burung emprit.

1. Jagung Muda

Jagung muda mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan oleh emprit, sayuran ini cukup mudah untuk didapatkan, mulai dari pedagang sayur keliling hingga dipasar terdekat.

2. Sawi Hijau

Sawi hijau adalah sayuran yang mengandung sedikit air, pilihlah daun yang masih muda dan belum layu, sayuran ini disukai burung emprit, dan ini bagus untuk menambah asupan vitamin bagi burung.

3. Bunga Brokoli

Sayuran selanjutnya adalah bunga brokoli, sayuran ini bagus untuk proses pertumbuhan burung, apalagi burung emprit yang masih muda.

Selain itu terdapat timun yang bisa ditambahkan juga dalam extra fooding, caranya yaitu cincang lah sayuran sayuran tersebut menjadi kecil-kecil, dan masukkan kedalam wadah menjadi empat bagian. Baca Juga ” Makanan Burung Tengkek Terbaik

Jangan dicampur, hal ini agar burung emprit kaji bisa memilih sayuran mana yang lebih disukainya. Itulah berbagai jenis makanan emprit yang bisa diberikan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar