Manfaat Mandi Malam Buat Burung Kicau

Rajakicau.com – Membersihkan kandang, memandikan burung dan menjemurnya merupakan rutinitas di pagi hari yang dilakukan bagi pemelihara burung. Lalu apa saja manfaat mandi malam untuk burung? Baca Juga: Cara Cepat Menjinakkan Burung Bakalan

Namun, ada sebagian burung yang justru lebih bagus performanya jika rutin dimandikan di malam hari. Manfaat mandi malam buat burung kicau sangat banyak jika diterapkan secara benar.

Manfaat Mandi Malam Buat Burung Kicau

Manfaat mandi malam buat burung kicauan

Mandi malam ternyata memiliki banyak manfaat untuk burung kicau terutama burung pemakan serangga. Burung-burung seperti anis, kacer, murai batu, dan cendet ternyata bagus dimandikan pada malam hari.

Mandi malam bisa menjadi terapi bagi burung-burung ini guna menurunkan birahi. Ketika burung birahinya stabil burung akan lebih lahap makan dan makin gacor.

Syarat-Syarat Burung Mandi Malam

Mandi malam bisa dilakukan dengan memenuhi syarat dan kondisi yang harus diperhatikan, yakni:

    • Burung kondisi sehat.
    • Kondisi cuaca cerah, tidak sedang hujan atau berangin kencang. Jika kondisi tidak mendukung, burung bisa dimandikan di dalam rumah dengan kondisi jendela tertutup.
    • Burung sudah dewasa dan mapan. Burung bakalan / trotol sebaiknya jangan dimandikan saat malam hari.

Tata Cara Mandi Malam

Cara mandi malam untuk burung kicau yaitu:

    • Mandi malam bisa dilakukan mulai pukul 18.00 s/d 22.00. Bagi sebagian pencinta burung ada juga yang berkeyakinan memandikan diatas pukul 22.00 bisa membuat burung makin bagus performanya.
    • Khusus untuk burung kacer dan murai batu, terapi mandi malam tidak boleh dilakukan kepada burung bakalan karena bisa mengakibatkan stres.
    • Memandikan burung bisa dengan disemprot dengan settingan embun atau mandi dalam keramba sesuai dengan kebiasaan burungnya.
    • Proses pemandian bisa dilakukan sekitar 30-60 menit atau hingga burung basah kuyup.
    • Setelah dimandikan, burung dianginkan sembari diberi extra fooding. Setelah bulu kering langsung dikerodong sambil dimasteri suara suara burung.
    • Keesokan harinya, burung bisa diembunkan agar burung merasa nyaman seperti dialam liar guna memancing suara kicauannya

Jika burung sudah kembali gacor dan masalah over birahi sudah teratasi, terapi mandi malam untuk burung kicau bisa dihentikan ataupun diteruskan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi burung.

Perlu diingat bahwa tidak semua burung bisa diterapi mandi malam seperti cucak ijo. Karena bisa membuat burung stres dan macet bunyi.