7 Makanan Burung Prenjak Terbaik Agar Cepat Gacor

Rajakicau.com – Untuk membuat burung prenjak menjadi gacor, maka pemilihan makanan burung prenjak harus bagus dan berkualitas, berikut ini adalah pilihan terbaik makanannya.

Burung prenjak, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan nama burung ini, apalagi jika kamu adalah kicau mania sejati, sudah pasti tahu dengan burung prenjak yang memiliki suara kicau unik dan merdu.

Kali ini akan diulas mengenai makanan burung prenjak yang direkomendasikan sehingga burung sehat dan berkicau dengan gacor, yuk simak. Baca Juga: 7 Makanan Burung Kenari Biar Cepat Gacor dan Ngeplong

Jenis Jenis Burung Prenjak di Indonesia

Burung prenjak memiliki ciri tubuh yang kecil, ukurannya sekitar 10 hingga 15 cm saja, ada sekitar 27 jenis prenjak yang menyebar di wilayah Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri terdapat 8 jenis burung prenjak yang sering dipelihara, diantaranya seperti:

Prenjak Kepala Merah

Prenjak Kepala Merah
Prenjak Kepala Merah

Dikenal dengan kepala yang merah dan suara yang stabil, panjang, merdu dan tegas.

Prenjak Lumut

Prenjak Lumut
Makanan Burung Prenjak Lumut

Jika berbicara prenjak lumut maka prenjak ini termasuk yang populer dipelihara, suaranya yang melengking dan tidak monoton membuatnya disukai oleh para pecinta burung kicau.

Prenjak Sawah

Lalu jenis prenjak lainnya adalah prenjak sawah dengan warna tubuhnya yang kecoklatan dan ukurannya yang bisa mencapai 15 cm. Akan tetapi prenjak sawah memiliki suara yang monoton sehingga kurang disukai.

Prenjak Tebu

Untuk prenjak tebu adalah burung yang disukai oleh para kolektor burung kicau, tubuhnya ramping terdapat warna kuning di dadanya, serta suara yang dimiliki sangat merdu.

Prenjak Jawa

Untuk prenjak jawa atau dikenal sebagai ciblek sangat mudah untuk dijumpai, memiliki ciri tubuh hitam, kuning, dan putih, serta ukurannya yang dapat mencapai 12 cm.

Prenjak Alang-Alang

Prenjak ini memiliki ukuran yang paling kecil jika dibandingkan dengan ukuran prenjak lainnya, ciri dari burung prenjak alang-alang adalah suaranya yang rapat dan panjang.

Prenjak Gunung

Prenjak gunung terbilang hampir serupa dengan prenjak jawa, namun terdapat perbedaan pada warna paruhnya yang berwarna abu-abu, dan ukurannya lebih besar.

Prenjak Emas

Warna tubuh yang mencolok dan mudah dikenali, prenjak emas memiliki tubuh yang bulat, warna pungung hingga sayapnya berwarna hijau zaitun. Pada bagian tubuh bawahnya berwarna kuning keemasan.

Makanan Burung Prenjak Biar Gacor

Makanan Burung Prenjak Biar Gacor
Makanan Burung Prenjak Biar Gacor

Makanan burung prenjak liar adalah serangga, serangga sangat disukai oleh burung prenjak kepala merah, lumut, dan lainnya.

Makanan burung prenjak anakan sendiri bisa diberikan voer atau kroto dengan cara diloloh menggunakan alat seperti spet atau sendok.

Berikut ini pilihan makanana burung prenjak.

Kroto

Kroto adalah makanan yang baik untuk burung kicau, pakan kroto dapat meningkatkan performa dan stamina burung. Dengan stamina yang prima burung akan berkicau dengan lantang dan rajin.

Kroto adalah pakan yang lebih baik diberikan untuk prenjak muda atau masih bakalan, terutama bagi yang masih dalam tahap mastering.

Manfaat lain dari kroto adalah membantu burung prenjak dewasa yang mogok bunyi akibat stress atau lesu, sehingga dapat berkicau kembali.

Ulat Hongkong

Lalu ada ulat hongkong yang dapat bermanfaat bagi burung prenjak, ulat hongkong adalah pakan extra fooding yang memiliki manfaat untuk memberi variasi agar tidak bosan.

Pastikan pemberian ulat hongkong kering, karena ulat hongkong kering lebih mudah untuk dicerna secara optimal, dan penyerapan nutrisi untuk burung akan lebih maksimal.

Voer

Voer salah satu makanan yang direkomendasikan untuk prenjak, kandungan voer yang lengkap akan nutrisi tentu membantu burung dalam berkicau dan menjaga kesehatannya.

Apabila burung prenjak kamu belum terbiasa untuk memakan veor, maka perlu dilatih agar prenjak mampu beradaptasi.

Baca juga: Makanan Burung Gereja

Jadi itulah ulasan mengenai makanan burung prenjak yang bisa diberikan, semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan komentar