4 Ciri Ciri Murai Batu Kurang Jemur! No 3 Sering Disepelekan

Ciri Ciri Murai Batu Kurang Jemur – Murai batu adalah salah satu jenis burung yang populer di kalangan pecinta burung Indonesia. Selain memiliki kicauan yang merdu, murai batu juga memiliki keindahan pada bulunya. Namun, agar bulu murai batu tetap sehat dan berkilau, diperlukan perawatan yang baik. Baca Juga: 6 Tips Agar Murai Batu Punya Mental Tarung! Pemula Baca Ini

Salah satu ciri murai batu kurang jemur adalah bulu yang kusam dan aktivitas yang kurang aktif. Di artikel ini, akan dibahas ciri ciri murai batu kurang jemur dan efek serta cara atasi.

Ciri Ciri Murai Batu Kurang Jemur

Ciri Ciri Murai Batu Kurang Jemur
Ciri Ciri Murai Batu Kurang Jemur

Murai Batu Membuka Paruh karena kurang jemur

Membuka paruh terus menerus pada murai batu bisa menjadi tanda bahwa burung tersebut mengalami dehidrasi atau masalah pernapasan. Kondisi ini disebabkan karena burung kurang gerakan dan sinar matahari, sehingga menyebabkan burung sulit bernapas dan terjadi kekurangan oksigen pada tubuh burung. Kekurangan oksigen inilah yang menyebabkan burung membuka paruh terus menerus untuk mendapatkan oksigen lebih banyak. Baca Juga: Daftar Manfaat Menjemur Murai Batu Secara Rutin

Untuk mencegah burung murai batu mengalami masalah membuka paruh terus menerus, pemilik burung perlu memberikan perawatan yang tepat. Paparan sinar matahari yang cukup, gerakan yang cukup, dan pakan yang seimbang dapat membantu menjaga kesehatan burung dan mencegah masalah kesehatan seperti dehidrasi dan masalah pernapasan.

Baca Juga  Manfaat Ekor Cicak Untuk Kacer Ternyata Sangat Bagus

Bulu Burung Menjadi Kusam

Salah satu ciri-ciri murai batu yang kurang jemur adalah bulu burung yang menjadi kusam. Hal ini disebabkan oleh kurangnya paparan sinar matahari pada burung, sehingga bulu burung tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Baca Juga: 5 Cara Membuat Murai Batu Jadi Fighter! Pemula Wajib Tau

Burung Kurang Aktif

Murai batu yang kurang jemur cenderung menjadi burung yang kurang aktif. Kurangnya paparan sinar matahari dapat membuat burung merasa lesu dan kurang bergairah. Hal ini dapat mempengaruhi performa burung dalam berkicau dan bahkan dapat berpengaruh pada hasil lomba.

Murai Turun Ke Dasar Sangkar

Kondisi ini dapat terjadi karena burung murai batu yang kurang jemur mengalami kelelahan dan kelemahan tubuh. Burung merasa lelah dan tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas seperti biasanya. Akibatnya, burung murai batu cenderung tiduran di dasar sangkar dan membuka sayap untuk mencoba mengatur suhu tubuhnya.

Turun ke dasar sangkar sambil membuka sayap dan tiduran merupakan tanda bahwa burung murai batu sedang mengalami masalah kesehatan yang perlu diperhatikan dengan serius. Pemilik burung perlu memberikan perawatan yang tepat untuk mengembalikan kesehatan burung, termasuk memberikan paparan sinar matahari dan gerakan yang cukup, serta pakan yang seimbang.

Lalu bagaimana cara perawatan murai yang kurang jemur? berikut cara perawatan nya simak:

Perawatan Murai Kurang Jemur

Perawatan Kandang yang Baik

Kandang yang bersih dan terawat merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan murai batu. Kandang yang kotor dan lembap dapat menyebabkan infeksi pada burung dan membuat bulu menjadi kusam. Pastikan kandang selalu bersih dengan membersihkan kotoran dan sisa makanan setiap hari. Gunakan media tanam yang bersih dan ganti secara berkala.

Baca Juga  Ini POLA EKOR MURAI Batu, Medan, Lampung Asli

Frekuensi Jemur yang Tepat untuk Murai Batu

Murai batu membutuhkan sinar matahari untuk memperoleh vitamin D dan menjaga kesehatan bulu. Jemur murai batu pada pagi hari selama 1-2 jam dapat membantu menjaga kesehatan burung dan meningkatkan warna bulu. Namun, hindari menjemur murai batu pada waktu siang yang terik karena dapat membahayakan kesehatan burung.


FAQs

  1. Apa penyebab murai batu kurang jemur?

Murai batu kurang jemur dapat disebabkan oleh kurang sinar matahari, kurang gerakan, pemilihan makanan yang kurang tepat, dan kurang perawatan kandang.

  1. Bagaimana cara meningkatkan kesehatan burung murai batu?

Beberapa cara untuk meningkatkan kesehatan burung murai batu adalah dengan memilih makanan yang tepat, merawat kandang dengan baik, dan memberikan sinar matahari yang cukup.

  1. Berapa lama waktu yang tepat untuk menjemur burung murai batu?

Waktu yang tepat untuk menjemur burung murai batu adalah pada pagi hari selama 1-2 jam.

Itu saja info tentang ciri murai batu kurang jemur, terus kunjungi rajakicau.com agar tau info tentang burung terupdate.

Tinggalkan komentar