7 Makanan Burung Kutilang Dewasa dan Anakan

Rajakicau.com – Pasti banyak yang sudah tahu mengenai burung kutilang, burung yang dijadikan sebagai lagu ini memang terkenal dengan suaranya yang unik, namun sudah tahu belum nih makanan burung kutilang agar burung tetap sehat dan gacor, yuk ketahui.

Kutilang memiliki nama latin Pycnonotus aurigaster yang memang menjadi burung peliharaan di Indonesia.

Burung ini juga masuk dalam kategori burung kicau yang tersebar secara luas di sekitar Asia Tenggara, mulai dari Hongkong, hingga Tiongkok.

Perawatan burung kutilang tidaklah sulit, dalam hal pakan juga terbilang cukup mudah, pasalnya burung kutilang adalah jenis burung omnivora. 

Maka ia bisa memakan apa saja baik serangga ataupun buah-buahan, namun makanan burung kutilang yang menjadi favoritnya adalah buah pisang dan pepaya.

Lalu apa saja sih makanan burung kutilang emas ini yang bisa diberikan untuk menjaga kesehatan burung dan gacor, mari simak ulasan berikut. Baca Juga: Makanan Burung Perkutut

Rekomendasi Makanan Burung Kutilang Dewasa

Makanan Burung Kutilang Dewasa
Makanan Burung Kutilang Dewasa

Ada banyak jenis makanan yang bisa diberikan untuk burung kutilang sutra ini mulai dari buah hingga serangga, berikut ini daftar pakannya.

1. Pepaya

Petani menganggap bahwa burung kutilang merupakan burung hama karena sering memakan buah-buahan, salah satunya buah pepaya, pepaya ini merupakan pakan favorit dari burung kutilang karena buahnya yang lunak membuat mudah dicerna, selain itu kandungan pada buah pepaya juga baik seperti vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh burung.

2. Pisang

Tidak hanya pepaya, salah satu buah favorit kutilang lainnya adalah buah pisang, memiliki kandungan vitamin yang tinggi dan mineral membuat buah pisang cocok untuk menjaga stamina burung.

Secara umum buah pisang yang diberikan untuk burung kutilang adalah pisang kepok, dan banyak juga yang meyakini jika pisang kepok mampu meningkatkan kualitas kicauan burung kutilang.

Untuk pisang kepok yang diberikan pada kutilang pastikan sudah matang, karena kutilang tidak menyukai pisang kepok yang masih mentah. 

3. Serangga

Dihabitat asli burung kutilang ia memakan berbagai jenis serangga seperti ulat, jangkrik, kupu-kupu, hingga belalang, dan untuk kutilang peliharaan maka bisa diberikan serangga seperti ulat hongkong, kroto, dan jangkrik yang bisa didapatkan di toko pakan hewan.

Serangga ini memiliki kandungan protein yang baik untuk menambah stamina burung, dengan stamina yang baik maka suara burung juga akan semakin bagus.

4. Voer

Voer bisa dijadikan pakan alternati untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung, selain itu pakan berupa voer juga mudah untuk didapatkan dan bisa diberikan setiap hari.

Bahkan beberapa pabrik juga sudah membuat voer dengan aroma pisang untuk membuat burung kutilang memakannya secara lahap.

Namun, untuk burung kutilang yang belum pernah memakan voer perlu diberikan pelatihan dan adaptasi sedikit demi sedikit sebagai penyesuaian selara makan.

5. Air dan Vitamin

Tentunya air menjadi asupan penting yang harus selalu ada pada kandang burung kutilang, dengan adanya air minum, burung akan terhindar dari dehidrasi dan melancarkan pencernaan.

Untuk menjaga kebugaran tubuh dan mendorong kualitas suara kutilang agar semakin baik, maka bisa dengan menambahkan vitamin secara langsung atau dicampur dengan pakan.

Makanan Burung Kutilang Anakan

Tidak jauh berbeda sebenarnya dengan kutilang dewasa, burung kutilang anakan maka dapat diberikan berupa voer ataupun pisang.

Namun yang menjadi pembeda adalah tahap pemberian makannya, burung kutilang emas anakan tidak bisa menelan makanan bulat-bulat, sehingga pakan harus dihaluskan, pemberiannya pun harus menggunakan lolohan, seperti spet bekas suntikan dengan ujung pentil ban, atau menggunakan sedotan.

Demikianlah berbagai jenis makanan burung kutilang yang bisa diberikan, semoga bisa bermanfaat, terima kasih. 

Tinggalkan komentar