Begini Cara Mengatasi Kacer Kurang Fighter yang Benar

Burung kacer adalah salah satu unggas yang sering diikutkan dalam sebuah kompetisi perlombaan. Kacer ini khusus diikutkan dalam kompetisi suara dimana yang paling merdu suaranya saat mengoceh akan menjadi juara. Ketika mengoceh kondisi kacer harus terjamin kesehatannya. Saat kacer yang berlomba sedang tidak prima, tentu harus segera ditemukan cara mengatasi kacer kurang fighter yang tepat.

Berbagai macam penyebab kacer kurang stamina atau figter ini mulai dari kebiasaan buruk pemelihara, penurunan mental akibat keaadaan lingkungan dan lain sebagainya. Beberapa penyebab kacer kurang fighter tersebut sebenarnya harus dicegah dari awal oleh pemeliharanya. Nah, jika sudah terlanjur terjadi, berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi kacer kurang fighter.

Menambahkan Suplemen Nutrisi

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi kacer yang kurang fighter adalah dengan memberikan suplemen tambahan. Suplemen yang diberikan pada kacer juga bisa dalam berbagai macam mulai dari multivitamin, multimineral sampai multi nutrisi. Berbagai suplemen tambahan yang diberikan itupun harus teratur seperti perawatan pada umumnya supaya kacer tetap fighter.

cara mengatasi kacer kurang fighter

Secara umum, kacer yang kurang fighter biasanya birahinya sedang turun. Suplemen tambahan inilah yang bisa meningkatkan birahi kecer kembali dan bisa tampil prima. Suplemen tambahan untuk kacer biasanya berupa jangkrik, ER, buah-buahan dan kroto.

Menjemur Kacer Lebih Lama

Cara menangani kacer yang kurang fighter berikutnya adalah dengan menjemurnya lebih lama lagi. Berjemur secara umum bermanfaat untuk seluruh mahkluk hidup termasuk si kacer ini. Ketika berjemur burung kacer akan lebih sehat dan bugar kembali. Kacer yang dijemur juga bisa menguatkan bulunya, dan membersihkan kutu yang menempel sampai peningkatan birahi.

Penjemuran kacer sebaiknya dilakukan dua jam perhari supaya fighternya terjaga dengan baik. Pemilik kacer juga bisa mengatur temperatur birahinya sesuai dengan durasi penjemuran. Penjemuran yang rutin terbukti bisa meningkatkan kemampuan gacor kacer tahan lebih lama. Kacer yang rutin dijemur akan lebih siap menghadapi musuhnya di arena perlombaan.

Hindari Sering Memandikan Kacer

Cara mengatasi kacer kurang fighter selanjutnya adalah dengan menghindari memandikan kacer terlalu sering. Kacer yang dimandikan birahinya akan sedikit menurun dan jika dilakukan terlalu sering penurunannya akan drastis. Penurunan birahi kacer karena keseringan memandikannya tidak akan berdampak baik karena volume suaranya akan pelan.

Memandikan kacer bisa dilakukan rutin 2 kali seminggu supaya semangatnya saat gacor tidak menurun. Pemandian kacer lebih baik juga dilakukan di malam hari supaya mentalnya terlatih dengan baik. Burung yang dimandikan di malam hari dan paginya dijemur akan lebih segar dan badannya kembali fit. Kacer yang rutin melakukan terapi ini juga tidak akan mudah terserang berbagai penyakit.

Mendekatkan Dengan Burung Ngotot Lainnya

Cara berikutnya supaya kacer kurang fighter cepat sembuh adalah mendekatkannya dengan burung jenis fighter lainnya. Kondisi burung ini akan lebih cepat pulih karena merasa terstimulus untuk lebih semangat. Burung kacer yang didekatkan dengan burung fighter lainnya akan saling berceloteh.

Kesabaran Dan Ketelatenan dalam Perawatan

Perawatan yang perlu dilakukan oleh pemilik burung kacer selanjutnya adalah melakukannya dengan penuh kesabaran dan ketelatenan. Kedua sikap pemilik tersebut secara ilmiah terbukti dapat menyumbang cara mengatasi kacer kurang fighter. Sikap telaten dan sabar bisa ditunjukkan pada kacer dengan ketulusan saat merawat dan rutin melakukannya setiap hari.

Burung kacer yang diperlakukan dengan baik secara naluriah akan meningkat sikap fighternya dengan baik. Tentu ini akhirnya akan menjadi kabar baik bagi pemiliknya.