Tips Perawatan Cucak Ijo Saat Musim Hujan

Rajakicau.com – Tips Perawatan cucak ijo ketika musim hujan sangat diperlukan. Cara merawat cucak ijo pada saat musim hujan berbeda dengan musim kemarau. Merawat cucak ijo pada saat musim hujan cenderug lebih sulit dibandingkan dengan merawat ketika musim kemarau. Karena ketika musim hujan, cuaca dan suhu disekitar sering berubah.

Berikut ini merupakan beberapa cara merawat cucak ijo pada musim hujan. Sehingga Anda bisa merawat burung cucak ijo dengan baik dan benar pada musim hujan. Cara ini sangat diperlukan karena perawatan yang baik akan membuat burung cucak ijo yang dipelihara tetap dalam kondisi yang sehat.

Tips Perawatan Cucak Ijo Saat Musim Hujan

Tips Perawatan Cucak Ijo Saat Musim Hujan

Mengurangi Frekuensi Mandi

Cara perawatan cucak ijo yang pertama adalah dengan mengurangi frekuensi mandi pada pagi hari. Selain itu, pemelihara burung cucak ijo seharusnya memilih tidak memandikannya sama sekali pada waktu musim hujan, namun harus tetap diumbar selama kurang lebih 2 jam sehari kemudian dianginkan dan dijemur jika ada panas matahari.

Ketika cuaca sedang mendung umumnya burung cucak ijo tidak ingin masuk ke bak keramba dan bahkan kemungkinan terburuk burung bisa mati jika cahaya matahari tidak menembus ke dalam sangkar.

Cara mencegah yang tepat adalah dengan menghindari mandi selama musim hujan. Ketika ada cahaya matahari, maka bisa dimandikan sebentar lalu segera dijemur dibawah matahari untuk menjaga kebersihan dan kesehatan pada burung cucak ijo yang dimiliki.

Memberikan Multivitamin

Untuk menambah nutrisi pada burung cucak ijo dan juga ekstra fooding, maka Anda harus memberikan multivitamin selama musim hujan. Pemberian vitamin pada burung cucak ijo berguna untuk antisipasi pada  perubahan cuaca yang berpengaruh pada burung.

Hal ini jugaerta menjaga stamina supaya burung tidak mengalami drop dan mencegah banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh cucak ijo.

Salah satu yang bisa dijadikan contoh adalah, pemberian ulat hongkong, maka selama musim hujan Anda bisa memberikannya sebanyak 5 hingga 10 ekor sebagai ekstra food selain jangkrik.

Ulat hongkong yang diberikan juga harus memiliki kulit yang putih, halus, lembut dan tidak terlalu kasar sehingga aman untuk dikonsumsi burung cucak ijo. Namun jangan memberikan ulat hongkong terlalu sering.

Memberikan Pisang Kepok

Anda harus memberikan ekstra fooding kepada burung cucak ijo selama musim hujan salah satunya yaitu pisang kepok yang diolesi dengan madu supaya kesehatan burung tetap terjaga dalam kondisi baik dan penampilan burung cucak ijo tetap stabil.

Selain itu madu juga mengandung antioksidan dan banyak vitamin serta mineral yang tinggi, kandungan tersebut sangat baik untuk tubuh burung cucak ijo dan bisa diberikan juga pada burung murai. Sedangkan buah pisang mengandung banyak mineral dan vitamin yang berperan penting untuk burung cucak ijo.

Pemberian pisang harus diberikan secara rutin namun tidak terlalu sering, karena selain pisang Anda juga harus memberikan makanan cucak ijo.

Menyiasati Waktu Penjemuran

Burung cucak ijo merupakan burung yang digunakan untuk kelas lomba, maka munculnya cahaya matahari harus Anda siasati dengan benar.

Meskipun keluarnya cahaya matahari hanya sebentar, namun ketika ada cahaya matahari usahakan langsung menjemur burung cucak ijo. Ketika ada cahaya matahari Anda bisa sambil memandikan cucak ijo dan langsung diangin-anginkan kemudian langsung dijemur.

Anda perlu mengingat hal ini, bahwa tidak boleh meninggalkan burung pada saat melakukan penjemuran, karena hujan bisa saja datang sewaktu-waktu, sehingga Anda harus menjaga dan segera mungkin memindahkan burung ketika cuaca sudah mulai mendung.

Perawatan penjemuran ini sangat diperlukan ketika musim hujan, karena jika Anda tidak menyiasati hal ini, maka burung cucak ijo yang dimiliki bisa menjadi sakit dan kemudian mati. Perawatan yang baik akan membuat kesehatan pada tubuh burung cucak ijo tetap terjaga.

Beberapa cara di atas adalah cara perawatan cucak ijo pada musim hujan yang bisa Anda terapkan. Anda harus merawat burung cucak ijo dengan baik dan benar.

Baca Juga: Cara Terapi Sauna Untuk Cucak Ijo yang Benar

Karena musim hujan bisa menjadi ancaman bagi burung cucak ijo bahkan dapat membuat burung tersebut mati. Dari beberapa perawatan di atas tidak terlalu sulit untuk dipraktekan, selama Anda merupakan orang yang telaten alam merawat peliharaan kesayangan.