Ini Ukuran Kandang Ternak Kenari yang Benar! Pemula Wajib Tau

Rajakicau.com – Kini banyak usaha atau bisnis yang dapat dilakukan sesuai dengan hobi, salah satunya adalah beternak burung kenari. Jika ingin memulai bisnis tersebut, tidak ada salahnya untuk mengetahui ukuran kandang ternak kenari yang cocok untuk usaha. Dengan mengetahui ukurannya, persiapan yang dilakukan bisa lebih matang. Baca Juga: Ini 7 Cara Menurunkan Birahi Burung Kenari! Pemula Sering Salah

Sebelum mempersiapkan kandang untuk beternak kenari, tentukan juga bahan dan tempat yang layak digunakan. Pastikan untuk mencari informasi sebanyak mungkin sebelum membuat kandang sehingga tidak terjadi kesalahan saat prosesnya berjalan. Agar tak terjadi kesalahan,berikut ukuran dari setiap jenis kandang yang bisa digunakan:

Jenis dan Ukuran Kandang Ternak Kenari

Tak hanya memperhatikan ukuran, saat membuat kandang juga perlu menentukan jenisnya. Jenis kandang yang dipilih bisa disesuaikan dengan jumlah burung yang akan diternak. Tanpa berlama lagi, berikut jenis dan ukuran kandang ternak kenari:

1. Kandang Tunggal

Jenis kandang yang satu ini biasanya memiliki ukuran panjang 55 cm dengan lebar dan tingginya masing-masing 40 cm. Kandang dengan ukuran ini cocok digunakan ketika baru memulai usaha ternak kenari. Jika ingin membuatnya, kandang ini bisa menggunakan bambu sebagai kerangka.

Setelah kandang selesai dibuat, peternak bisa mengecat bagian dalam kandang dengan warna cerah, seperti putih. Pengecatan bagian dalam tersebut bermanfaat agar kandang menjadi lebih terang. Dengan begitu kenari bisa bebas bergerak dan mudah menemukan pakan atau minum yang sudah disediakan.

2. Kandang Baterai

Berbeda dengan kandang tunggal yang biasa dimanfaatkan oleh pemula, kandang baterai biasa digunakan oleh peternak skala besar. Kandang tersebut biasanya ditempati burung yang siap melakukan perkawinan. Jika tidak, ada juga peternak yang menempatkan beberapa kenari dalam satu kandang untuk menghemat tempat.

Baca Juga  Ini 5 Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kenari! No 2 Bikin Gacor Ngeroll

Dengan banyaknya kenari dalam satu tempat, kandang jenis ini harus dibuat dengan ukuran yang lebih besar. Ukuran yang cocok adalah panjang 80 cm dan lebar serta tingginya 40 cm. Saat menggunakan kandang jenis ini peternak harus lebih sering melakukan pengawasan untuk memantau kondisi masing-masing burung.

Bagian-bagian Kandang Ternak Kenari

Setelah mengetahui jenis yang akan digunakan, peternak harus memberikan beberapa bagian penting pada kandang. Bagian-bagian tersebut bisa mendukung kualitas kenari atau bahkan perkembangbiakannya. Berikut beberapa bagian yang harus ada pada kandang:

  • Tempat bertengger merupakan bagian yang sangat penting jika memelihara atau beternak burung. Tempat bertengger atau tenggeran bisa dibuat dari ranting kayu, seperti cabang jambu air, kayu randu, petai cina, atau akasia. Panjang tenggeran sebisa mungkin dibuat dengan memperhatikan ruang gerak kenari.
  • Kandang juga membutuhkan sarang agar burung memiliki tempat untuk beristirahat. Sarang bisa dibuat dari serabut karung goni. Selain membuat sendiri, peternak juga dapat membelinya dengan bahan yang sama yaitu karung goni yang bisa memberikan kehangatan untuk kenari.
  • Sarang telur atau tempat untuk bertelur sangat dibutuhkan untuk jenis kandang yang ditempati oleh kenari siap kawin. Tempat bertelur bisa memanfaatkan batok kelapa atau anyaman rotan. Selain itu, bisa juga membeli tempat bertelur di toko burung yang biasa menyediakan perlengkapan burung.
  • Lampu sangat penting digunakan ketika malam atau kondisi gelap. Adanya penerangan pada lampu bisa membuat kenari merasa aman dan badannya menjadi lebih hangat. Selain itu, lampu juga bermanfaat agar kenari terhindar dari menginjak anakan yang baru menetas.

Itulah informasi mengenai ukuran kandang ternak kenari dan perlu diketahui bahwa ukuran kandang tersebut tidak memiliki aturan baku. Yang harus diperhatikan adalah menyediakan ruang gerak yang cukup untuk kenari. Dengan begitu burung kenari akan merasa terlindungi dan tidak mudah stres.

Baca Juga  Ini 7 Manfaat Gambas Untuk Kenari! No 2 Bikin Gacor Ngeroll

 

Tinggalkan komentar