Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Stress

Rajakicau.com – Sebagai penyayang burung, sudah jadi kewajiban Anda untuk mengetahui cara mengatasi burung kacer stress. Burung sama halnya dengan binatang lain juga manusia yang bisa mengalami penurunan mental dan stress sampai enggan berkicau seperti biasanya. Jika sudah begini, Anda pasti jadi panik dan sedih melihatnya, ‘kan?

Di bawah ini, kami memberikan ulasan mengenai apa-apa saja yang bisa menjadi faktor burung kacer menjadi stress dan bagaimana cara menanganinya. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi sedih dan sigap melakukan pertolongan terhadap burung kesayangan.

Penyebab Burung Kacer Menjadi Stress

cara mengatasi burung kacer stress

Belum Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Wajar terjadi pada burung kacer yang baru dibeli dari pasar burung kemudian dibawa ke rumah dan alami stress. Stress bisa semakin meningkat terlebih lagi jika Anda langsung meletakkan burung baru bersama dengan lainnya sehingga alami kepanikan.

Alami Gangguan

Apabila di rumah Anda juga memelihara hewan lain seperti kucing atau anjing yang sering ‘iseng’ dan mengganggu burung kacer, ini juga menyebabkan kecemasan hingga stress. Gangguan juga bisa datang dari hewan lain seperti semut, tikus atau ular.Sangkar dan Tenggeran yang Tidak Sesuai

Sangkar dan tenggeran juga bisa menjadi salah satu alasan burung jadi stress. Misalkan, sangkar terlalu kecil dan tenggeran yang terlalu besar atau malah terlalu tinggi. Ini membuat burung jadi tidak leluasa bergerak dan tidak nyaman. Selain itu, sangkar kotor dan tidak pernah dicuci juga bisa menjadi faktor burung jadi murung.

Sakit

Burung yang sakit biasanya juga mengalami stress. Maka dari itu, penting melakukan pengecekan berkala mengenai kesehatan burung dan memberikan makanan sehar dan juga vitamin agar penyakit tidak mudah datang dan menjadi penghambat kicau burung kacer.

Dipasangkan dengan Burung yang Lebih Gacor

Sebelum Anda meletakkan burung di sebuah tempat, pastikan untuk memahami bagaimana kondisi burung. Apabila diletakkan bersebelahan dengan burung sejenis yang sudah lebih gacor dengan suara lebih keras, ini bisa menjadi penyebab burung yang masih mudah atau belum cocok dimaster menjadi tertekan dan stress.

Tips Menangani Burung Kacer yang Stress

Setelah melihat bermacam faktor yang menjadi penyebab stresnya burung kacer, berikut adalah cara mengatasi burung kacer stress yang perlu diketahui oleh pemilik seperti Anda:

  1. Sebaiknya, Anda perlu melakukan karantina antara 1-2 minggu kepada burung kacer yang baru dibeli sebelum meletakkan sangkarnya berjejer dengan burung lain yang lebih dulu Anda beli. Dan saat karantina, pasang tudung pada sangkar dan hanya buka saat memberi makan.
  2. Mandikan secara rutin dua kali sehari. Selain itu, pastikan untuk melakukan pengembunan saat pagi sehingga burung kacer Anda menjadi lebih relax dan merasa sangkarnya seperti di alam terbuka.
  3. Beri makanan burung kacer yang berbeda-beda setiap harinya. Sesekali beri buah, atau cacing jambu, dan lainnya.
  4. Cara mengatasi burung kacer stress yang cukup sederhana ialah dengan rajin memberikan vitamin khusus burung.
  5. Melakukan penjemuran setiap pagi antara jam 08:00 sampai 10:00 secara konsistem bisa menjadi solusi ampuh dari burung kacer stress karena kegemukan.
  6. Pindah burung kacer pada sangkar yang lebih luas dan tenggeran yang lebih sesuai dengan burung Anda sehingga bisa lebih leluasa bergerak.
  7. Jangan master burung sebelum waktunya dan dengan suara yang kelewat keras. Memaster dengan cara yang tidak tepat juga bisa membuat stress pada burung dan sering tidak disadari.
  8. Sesekali, Anda juga bisa memperdengarkan suara air mengalir kepada burung-burung Anda. Ini menjadi meditasi yang tepat sehingga membuat mereka lebih nyaman dan tenang.
  9. Rajin-rajin lah membersihkan sangkar burung. Sangar burung yang bersih tidak hanya bisa membuat burung lebih mudah bergerak, tapi juga menghindarkan kesayangan Anda dari kutu.

 

Mengatasi burung kacer stress perlu waktu dan ketelatenan. Untuk itu, Anda sebaiknya melakukan pencegahan agar tidak terlanjur menyusahkan dikemudian hari. Lagipula, burung yang kacer yang stress tidak bisa berkicau dan bukan? Nah, semoga ulasan tadi bisa sedikit memberi pandangan mengenai cara mengatasi burung kacer stress.