Cara Mengatasi Burung Kacer Batuk Yang Perlu Anda Pelajari

Rajakicau.com – Burung kacer merupakan hewan yang bisa terserang penyakit sama seperti manusia. Saat memasuki musim penghujan, burung kacer lebih cenderung mudah terserang penyakit, seperti batuk. Bagaimana cara mengatasi burung kacer batuk?

Oleh karena itu, sebelum musim penghujan datang seharusnya Anda sudah mempersiapkan sebuah tindakan sebagai cara mengatasi burung kacer batuk.

Cara Mengatasi Burung Kacer BatukCara Mengatasi Burung Kacer Batuk

Apabila burung kacer piaraan Anda sudah terserang batuk, sebaiknya segera lakukan sebuah pengobatan. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan karantina pada burung kacer Anda yang terserang penyakit batuk. Anda juga tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara lain untuk mengatasi batuk pada burung kacer. Simak ulasan mengenai cara untuk mengatasi batuk pada kacer berikut ini.

Memberikan Makanan Dan Vitamin Yang Tepat

Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi burung kacer yang batuk yakni dengan memberikan multivitamin dan suplemen. Hal ini bertujuan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dari batuk yang dialami kacer. Makanan burung kacer sebaiknya diberikan dalam ukuran yang kecil, supaya dapat ditelan dengan mudah.

Apabila burung kacer Anda menyukai jangkrik, maka berikan dalam ukuran kecil saja. Tak hanya itu, Anda juga perlu membuang bagian kaki jangkrik yang tajam dan bergerigi. Hal ini dilakukan supaya tidak melukai bagian tenggorokan burung kacer.

Memandikan Burung Kacer Pada Waktu Yang Tepat

Jika burung kacer sedang sakit batuk, sebaiknya tidak perlu terlalu sering dimandikan. Untuk jadwal pemandiannya yang baik dilakukan saat burung kacer mengalami sakit yakni cukup 1 atau 2 kali dalam seminggu. Untuk waktu memandikan kacer yang baik adalah pagi hari sebelum pukul 10.00.

Cara memandikan burung kacer cukup mudah, Anda hanya perlu memindahkannya pada kandang keramba. Kemudian gunakan alat spray untuk memandikannya dengan menyemprotkan cairan yang halus ke badan burung kacer. Selain itu, kandang burung juga perlu dibersihkan, sebab dapat mempengaruhi kesehatan pada burung kacer.

Pembersihan kandang sebisa mungkin harus lebih sering dilakukan supaya burung tidak mudah terkena penyakit. Di samping itu Anda juga perlu menutup bagian luar kandang dengan kain atau kerodong. Selanjutnya agar cara mengatasi burung kacer batuk bisa efektif adalah menempatkan kandangnya di ruangan tertutup.

Penempatan Kandang Burung Kacer

Burung kacer yang mengalami batuk harus ditempatkan di daerah yang hangat. Tujuannya supaya burung kacer terhindar dari udara luar yang sangat dingin. Salah satu caranya yakni dengan menempatkan kandang burung di salah satu ruangan yang terdapat di dalam rumah Anda. Dengan begitu burung kacer akan lebih merasa hangat, sehingga dapat mengurangi batuk yang dideritanya.

Buang Lendir Tenggorokan dengan Cottoon Bud

Apabila burung kacer Anda batuk, dapat juga mengganggu sistem pernapasannya, sehingga menyebabkan terjadinya sesak napas. Anda harus segera mengeluarkan lendir yang ada pada tenggorokan burung kacer. Anda bisa menggunakan bantuan cotton bud untuk mengambil lendir. Namun, Anda harus teliti saat membuang lendirnya supaya burung kacer tidak tersedak.

Sangat disarankan untuk menggunakan cotton bud yang steril dan aman agar tidak membuat kuman lain ikut masuk. Sebab kuman tersebut kemungkinan besar dapat menghambat proses dalam mengatasi burung kacer tersedak.

Itulah beberapa cara mengatasi burung kacer batuk agar bisa cepat sembuh. Terapkan beberapa cara yang ada di atas dengan benar agar proses penyembuhan bisa berjalan dengan efektif.

 Sebagai pemilik, Anda harus memperhatikan kesehatan burung kacer agar bisa tetap berkicau dengan merdu. Mengatasi batuk pada burung kacer akan membuat suara kicauannya tidak lagi terhambat.