5 Makanan Burung Trucuk Agar Cepat Gacor

Kali ini Rajakicau.com akan memberikan informasi mengenai makanan burung trucuk. Burung trucuk memiliki makanan yang mudah ditemukan, sehingga banyak yang memelihara burung ini, pada artikel ini akan dibahas mengenai makanan burung trucuk, ketahui.

Nama lain dari burung ini adalah merbah cerukcuk atau sering disebut sebagai burung jog jog yang mana menyukai area terbuka, kebun, hutan, dan semak.

Burung trucuk dihabitat aslinya cenderung hidup berkelompok bahkan saat mencari makanpun burung ini akan berkelompok.

Burung trucuk atau trucukan menjadi salah satu burung kicau yang banyak di incar oleh para pecinta burung, hal ini karena suara dan postur burung yang bagus dan menjadi hiburan tersendiri.

Baca Juga: Makanan Burung Sogon Agar Cepat Bunyi

Untuk mendapatkan kicauan yang merdu dan keindahan paras burung trucukan, maka perlu usaha yang maksimal, salah satunya adalah dengan memperhatikan makanan kesukaan burung trucukan ini.

Makanan Burung Trucukan Biar Gacor

Makanan Burung Trucuk Agar Cepat Gacor
Makanan Burung Trucuk Agar Cepat Gacor

Terdapat berbagai macam jenis makanan yang disukai oleh trucukan ini, namun makanan favorit burung ini adalah jenis buah-buahan yang lunak.

Burung trucuk anakan menyukai makanan seperti pepaya dan buah pisang yang matang, selain itu trucukan juga memakan serangga kecil.

Burung trucuk lebih senang menghabiskan waktunya untuk mencari makan di atas tanah, yuk ketahui selengkapnya mengenai macam macam jenis makanan burung trucukan.

Buah untuk Burung Trucuk

Buah adalah makanan utama bagi burung trucukan, buah memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kebutuhan stamina dan kondisi burung.

Buah yang menjadi favorit bagi burung trucuk adalah buah buah dengan daging lembut seperti:

  • Semangka
  • Pisang
  • Mangga
  • Pepaya
  • Pace
  • Dan Lainnya

Tidak hanya buah-buahan, trucukan juga menyukai beberapa sayuran segar seperti oyong dan sayuran gambas, karena sayuran tersebut membuat burung trucuk lebih ngepol dalam berkicau.

Voer untuk Burung Trucukan

Kemudian ada voer sebagai jenis pakan instan yang bisa memenuhi kebutuhan burung, voer merupakan jenis pakan kering yang mudah didapatkan.

Voer bisa diberikan sebagai pengganti pakan utama, terutama bagi para pemilik burung trucuk yang memiliki sedikit waktu senggang yang tidak memiliki waktu cukup dalam memperhatikan perawatan pakan.

Dalam memilih voer perlu diperhatikan komposisinya, pilihlah voer dengan kandungan protein yang tinggi, voer juga bisa diolah dengan mencampurnya bahan tambahan seperti kuning telur yang sudah direbus, tepung kacang kedelai, tepung daging, hingga tepung udang.

Dengan pakan tersebut diharapkan burung akan lebih cerewet dan gacor dalam berkicau. Salah satu voer yang direkomendasikan agar burung trucuk lebih cepat gacor adalah voer topsong.

Serangga

Serangga merupakan pakan tambahan yang mana bertujuan untuk menunjang ropelan agar kicauan burung lebih merdu. Jika ingin burung lebih cepat berkicau, buah dan serangga adalah pakan paket yang tidak bisa dipisahkan dalam perawatan harian burung.

Apabila buah dan serangga tidak pernah diberikan pada burung trucuk, maka burung akan cenderung malas dalam berkicau, hal ini sebagai bentuk protes karena keinginan yang tidak terpenuhi.

Serangga yang bisa diberikan cukup mudah untuk didapatkan, kamu bisa memberikan serangga seperti jangkrik ataupun ulat hongkong.

Dalam pemberiannya cukup dilakukan setiap pagi dan sore sebanyak dua ekor, agar nutrisi burung semakin terpenuhi bisa juga dengan menambahkan kroto.

Cara Pemberian Pakan Burung Trucuk

  • Buah yang berikan adalah buah segar, dan rutin setiap hari.
  • Serangga adalah extra fooding yang perlu diberikan agar burung lebih gacor.
  • Tambahkan vitamin untuk penunjang kesehatan burung.

Baca Juga ” Manfaat Jahe Untuk Burung Trucukan

Itulah makanan yang bisa diberikan pada burung trucuk, pakan yang tepat akan menyehatkan dan membuat burung berkicau merdu, semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar