Manfaat Jahe Untuk Burung Trucukan

Manfaat Jahe Untuk Burung Trucukan – Bagi Anda pecinta burung, memberikan perawatan dan juga nutrisi yang tepat tentu sangat penting sekali. Terlebih jika Anda memelihara burung kicau seperti trucukan, keberadaan nutrisi tambahan, misalnya jahe sangat diperlukan untuk membuat suaranya merdu. Manfaat jahe untuk burung trucukan ini ternyata juga sangat bervariasi.

Jahe bisa membuat suara burung trucukan dapat berkicau lebih merdu dan lebih sering. Di samping itu, masih ada beragam manfaat jahe yang lainnya untuk burung trucukan. Simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Jahe Untuk Burung Trucuk manfaat jahe untuk burung trucukan

1. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Burung Trucukan

Tak bisa dipungkiri bahwa burung peliharaan memerlukan nutrisi yang cukup agar mampu menghasilkan  suara yang merdu. Nutrisi ini juga diperlukan agar burung tak gampang sakit. Jadi, untuk pemberian jahe ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk burung trucukan. Mengapa demikian? Karena pada jahe terdapat berbagai kandungan baik.

Berbagai jenis kandungan yang terdapat pada jahe tersebut diantaranya yaitu zat besi, Vitamin A, B kompleks, protein, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, natrium, dan magnesium.  Dengan tercukupinya kandungan tersebut suara kicauan burung trucukan akan lebih gacor.

2. Memulihkan Stamina

Memperhatikan stamina burung trucukan juga haru dilakukan oleh para pemeliharanya. Pasalnya jika stamina burung lemah, maka gerak dan suaranya tak akan lincah.  Jika seperti itu, akan merepotkan Anda sendiri sebagai pemilik. Namun tenang saja, untuk memulihkan stamina burung trucukan Anda bisa memanfaatkan jahe.

 

Bagaimana memberikan jahe untuk burung trucukan? Caranya cukup mudah, yaitu Anda hanya perlu memotong kecil-kecil jahe tersebut, lalu lolohkan pada mulut trucukan.  Jika dengan cara tersebut burung trucukan kesusahan memakanya, Anda bisa memberikan dengan terlebih dahulu menggeprek jahe.

3. Menghangatkan Tubuh

Manfaat jahe untuk burung trucukan berikutnya yaitu dapat menghangatkan badan.  Mengapa bisa begitu? Tentu Anda sudah tahu betul jika jahe memiliki rasa yang pedas. Jika burung trucukan sedang kedinginan atau demam, maka segera saja Anda mencari jahe untuk menghangatkan badannya.

Cara memberikan jahe untuk burung trucukan yang sedang mengalami kedinginan sebenarnya juga cukup mudah. Pertama Anda harus memotong-motong jahe tersebut lebih dahulu, lalu masukkan jahe ke dalam badan jangkirik. Selanjutnya, berikan jangkrik tersebut pada burung trucukan peliharaan Anda.

4. Membuat Burung Trucukan Sering Berkicau

Seperti yang telah dikatakan di atas, jahe memberikan manfaat luar biasa bagi burung trucukan karena dapat membuat kicaunya lebih rajin. Hal ini disebabkan pada jahe ini terdapat kandungan zat gingerol. Zat gingerol ini diketahui memilki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang berguna untuk burung.

Burung trucukan ini sering mengalami masalah kesehatan, seperti sakit tenggoroan. Kandungan yang terdapat pada jahe inilah akan membuat penyakit pada burung trucukan sembuh lebih cepat. Jadi, tak salah jika Anda memanfaatkan jahe ini untuk menghindari penyakit burung trucukan dan membuatnya berkicau dengan merdu.

5. Campuran Pakan Burung Trucukan

Jahe selain dapat untuk menambah stamina ataupun membuat suara burung trucukan lebih merdu, ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai campuran pakan. Jika Anda mencobanya, tentu manfaat yang didapatkan juga banyak sekali pastinya. Untuk membuatnya cukup mudah, yaitu pertama Anda perlu mengolah terlebih dahulu menjadi wedang jahe.

Anda juga perlu menyiapkan air mineral biasa lalu dicampurkan ke wadah minuman burung. Ingat perbandingan wedang jahe dan air muineral biasa 1:1 agar lebih maksimal.  Anda bisa mencampurkan jahe tersebut pada beberapa jenis pakan burung, misalnya saja ulat. Seperti yang diketahui, ulat merupakan pakan favorit bagi burung trucukan.

Mencampur pakan burung tersebut dengan jahe akan memberikan manfaat, yaitu dapat menjaga kualitasnya. Cara ini patut untuk dicoba agar burung trucukan menjadi lebih berstamina. Campuran pakan burung trucukan dengan jahe ini bisa diberikan secara rutin pada peliharaan Anda.

Baca Juga “Makanan Burung Trucuk Agar Cepat Gacor

6. Penambah Nafsu Makan Burung Trucukan

Ada satu lagi manfaat jahe untuk burung trucukan yang tidak bisa dilewatkan untuk diketahui, yaitu sebagai penambah nafsu makan burung trucukan. Nafsu makan bagi burung tentu saja penting sekali, yaitu agar hewan ini tak kehilangan  nutrisi. Ketika burung trucukan memilki nafsu makan yang baik, maka perkembanganya pun juga akan lebih optimal.