Ini Manfaat Wortel Untuk Burung Kicau

Rajakicau.com – Burung adalah salah satu peliharaan yang banyak disukai oleh manusia. Bukan hanya karena memiliki warna yang cantik, beberapa burung dikarunia kicauan yang indah. Selain itu, perawatan burung kicau tidak terlalu rumit asalkan tahu makanan yang baik untuk diberikan salah satunya adalah wortel. Tak banyak yang tahu, berikut ini adalah manfaat wortel untuk burung kicau.manfaat wortel untuk burung kicau

Rendah Lemak Dan Cocok Untuk Diet

Jika Anda merasa burung kicau sudah kegemukan hingga tidak bisa bergerak leluasa, coba beri wortel apabila dirasa perlu diet dengan makanan rendah lemak. Apabila sudah mulai bosan, Anda bisa ganti dengan sayuran jenis lain, seperti bayam dan brokoli. Cara masak wortel untuk burung kicau bisa dipotong kecil-kecil, kemudian dikukus atau langsung diberikan.

Menjaga Daya Tahan Tubuh Bagi Burung

Wortel mengandung banyak sekali vitamin di dalamnya, sehingga tidak heran ada banyak sekali manfaatnya untuk burung kicau jika Anda mau memberikannya dengan rutin. Mulai dari vitamin A dan K dimiliki oleh wortel yang sangat baik untuk dikonsumsi mulai dari manusia sampai burung. Jika mungkin vitamin A baik untuk mata manusia, maka berbeda dengan burung.

Vitamin-vitamin ini berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh burung. Dengan rasa manisnya, wortel menjadi makanan bervitamin yang baik. Tidak sampai di situ saja, manfaat wortel untuk burung kicau juga sebagai penguat tulang-tulangnya.

Sebagai Antioksidan Burung

Vitamin A dan K yang terdapat pada wortel juga bisa berperan sebagai penjaga untuk daya tahan tubuh burung, yaitu sebagai antioksidan. Jika Anda rutin memberi burung kicau dengan wortel, akan membuatnya menjadi jarang sakit karena terlindungi dengan adanya vitamin yang ada dalam sayur tersebut. Wortel juga mengandung mineral lain yang dibutuhkan burung kicau agar tetap sehat.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi Pada Burung

Burung memang bisa mengalami tekanan darah tinggi, apalagi jenis yang berkicau seperti nuri atau burung beo. Jenis burung ini berbeda dengan yang lain karena memiliki ukuran hati lebih besar, sehingga berdetak lebih kencang dibandingkan dengan mamalia jenis lain. Hal ini juga menyebabkan burung kicau mudah terkena tekanan darah tinggi.

Burung kicau liar memiliki waktu untuk terbang lebih banyak daripada yang dipelihara karena mencari makanannya sendiri. Ini menjadi perbedaan dengan burung peliharaan yang hanya di dalam sangkar, sehingga perlu sering diajak berolahraga dan diberi makanan yang bergizi seperti wortel. Burung-burung ini juga bisa terkena obesitas dan pastinya sama berbahayanya dengan manusia.

Meningkatkan Penglihatan Pada Burung

Boleh percaya atau tidak, tapi menurut penelitian bahwa adanya beta karoten pada wortel bisa menjaga penglihatan burung menjadi lebih cemerlang. Sama seperti fungsinya untuk menjaga daya tahan tubuh burung, beta karoten yang kemudian diubah menjadi vitamin A ini juga bisa meningkat daya penglihatan burung kicau.

Unggas dikenal memiliki penglihatan yang kurang baik apabila dibandingkan dengan hewan lain. Maka dari itu burung kicau perlu mendapatkan asupan makanan yang baik untuk matanya yaitu dengan memberinya wortel.

Menjaga Warna Bulu Burung Tetap Cantik

Burung yang indah tidak hanya dinilai dari kicauannya, melainkan sepaket dengan bulu dengan warna menarik dan cerah. Kecantikan bulu burung dinilai sebagai tanda bahwa kesehatannya juga baik.  Tidak heran lagi jika burung yang mempunyai warna cerah dan menarik dijual dengan harga tinggi.

Salah satu makanan burung yang murah dan bisa ditemukan di pasar adalah wortel. Selain manfaat wortel untuk burung kicau yang sudah disebutkan sebelumnya, makanan ini juga baik untuk menaikkan warna bulu burung. Apalagi jika Anda memberikan wortel pada burung lovebird merah.