Tips Perawatan Burung Murai Batu

Rajakicau.com – Saat ini terdapat banyak penggemar burung kicauan yang tidak mengetahui bagaimana merawat burung dengan baik dan benar. Lalu bagaimana Tips Perawatan Burung Murai Batu yang benar?

Jika Anda salah dalam merawat burung, maka akan mengakibatkan murai batu stress dan bahkan burung bisa mati. Jika Anda memiliki burung Murai Batu, maka Anda harus mengetahui perawatan burung Murai Batu yang baik dan benar.

Lalu bagaimana cara merawat burung Murai Batu rumahan? Murai Batu adalah salah satu jenis burung pengicau yang sangat cantik dan memiliki kicauan yang indah.

Burung Murai Batu memiliki nama latin copsychus malabaricus, burung ini memiliki ekor yang panjang dan warna bulu yang indah. Selain itu Murai Batu terkenal dengan suara kicauan yang bervariasi.

Tips Perawatan Burung Murai Batu

perawatan burung murai batu

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat burung Murai Batu agar sering bunyi atau mengeluarkan kicauan.

1. Melakukan Pengembunan Pada Burung Murai Batu

Salah satu perawatan burung Murai Batu yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengembunan pada burung. Sebelum dimandikan sebaiknya burung Murai Batu peliharaan Anda dembunkan atau di angin-anginkan dahulu kurang lebih selama 30 menit, biasanya para kicau mania sering melakukan hal ini pada burung Murai Batu peliharaannya.

Hal ini dilakukan di luar rumah setiap pagi hari, tujuan dari melakukan hal ini adalah agar burung Murai Batu dapat beradaptasi dengan lingkungan yang ada di sekitarnya.

2. Memandikan Burung Murai Batu

Perawatan yang dapat dilakukan pada burung Murai Batu berikutnya adalah dengan memandikan burung. Memandikan burung menjadi salah satu rutinitas yang penting dalam perawatan burung.

Hal ini bertujuan agar burung terhindar dari banyak penyakit dan tetap bersih. Setelah di angin-anginkan, Anda harus memandikan burung dengan cara di semprot di dalam keramba atau sangkar langsung.

Sebaiknya jangan terlalu lama dalam memandikan burung dan jangan terlalu keras dalam menyemprotkan iarnya agar tidak menyakiti burung Murai Batu.

3. Membersihkan Sangkar

Selain membersihkan burung Murai Batu Anda juga harus membersihkan sarang burung agar selalu bersih. Burung yang sehat itu tergantung dari tempat tinggalnya, maka Anda harus membersihkan sarang secara berkala agar sarang menjadi bersih.

Meskipun tubuh burung telah dibersihkan namun sangkarnya tetap kotor, maka dapat menimbulkan banyak penyakit yang berbahaya bagi kesehatan burung Murai Batu yang dimiliki Sangat penting dalam menjaga kebersihan sangkar burung guna lingkungan dis sekitar burung tetap bersih. Lalu hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah jangan lupa untuk mengganti air minum burung setiap hari secara teratur dan rutin.

4. Memberikan Makan Secara Tepat Setiap Hari

Memberikan makanan burung secara teratur setiap hari merupakan hal yang sangat penting. Berilah makanan pada burung Anda setiap hari secara tepat dan teratur. biasanya para kicau mania memberi makan pada burung peliharaannya setelah dimandikan. Anda dapat memberi makan burung dengan jangkrik menggunkan takaran yang sudah ditentukan , misalnya 4 ekor jangkrik dalam sekali makan.

Sebaiknya Anda meletakkan jangkrik ke dalam wadah makanan agar burung Anda mau bergerak setelah dimandikan. Pemberian pakan pada burung dapat Anda lakukan setiap pagi dan sore hari. Anda juga dapat memberikan variasi makanan lainnya seperti kroto dan cacing dalam 1 minggu sekali. Hal ini bertujuan agar burung tetap sehat dan rajin berkicau, berilah juga multivitamin 2 kali seminggu.

5. Menjemur Burung

Anda harus menjemur burung Murai Batu milik Anda setiap hari setelah dimandikan. Penjemuran burung dapat dilakukan selama kurang lebih 1 jam dan yang tidak boleh dilupakan adalah menjauhkan burung peliharaan lainnya ketika proses ini berlangsung.

Namun jika menjemur burung terlalu lama juga ada efek nya lebih jelasnya bisa cek Efek Menjemur Murai Batu Terlalu Lama 

6. Melakukan Pemasteran Burung

Sebagai pemilik burung Murai Batu Anda tentu menginginkan burung pandai berkicau dengan suara yang indah dan merdu. Namun untuk mewujudkan hal tersebut membutuhkan proses pemasteran.

Anda dapat memperdengarkan suara burung masteran selama kurang lebih 15 menit. Waktu terbaik untuk memperdengarkannya adalah pukul 10 pagi sampai 4 sore, karena pada waktu tersebut burung lebih mudah dalam menangkap audio masteran yang Anda berikan.

Baca Juga ” Makanan Burung Trucuk

Beberapa tips diatas adalah beberapa cara perawatan burung Murai Batu agar sering bunyi dan tentunya bukan hanya itu, bahkan burung Murai Batu milik Anda bisa mengeluarkan suara yang merdu dan indah.