MENGEJUTKAN ! INI 5 Manfaat Timun untuk Burung

Rajakicau.com – Mentimun merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air sangat besar. Karena kandungannya ini, buah mentimun berguna menambah stamina bagi burung, khususnya burung kicau. Lalu manfaat timun untuk burung apa saja? Baca Juga:  Jenis Sayuran Untuk Pakan Burung Agar stamina Terjaga

Tidak hanya itu, ada banyak manfaat timun untuk burung yang terbukti secara nyata. Apa saja? Berikut ini manfaat buah mentimun bagi burung.

Manfaat Timun untuk Burung

Melancarkan Sistem Pencernaan

Sama halnya manusia, burung juga memiliki sistem pencernaan. Sistem pencernaan ini mesti dijaga dengan cara memberi makanan burung sesuai porsi dan kandungan gizinya. Sebab, jika tidak dijaga, burung dapat terkena gangguan pencernaan. Dengan kata lain, sistem pencernaan burung menjadi tidak lancar.

Manfaat Timun untuk Burung yang Wajib Diketahui

Nah, buah mentimun ternyata berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal ini berhubungan dengan timun yang berfungsi sebagai sayuran sekaligus buah. Sudah semestinya sayuran diberikan kepada burung untuk menunjang tumbuh kembang burung itu sendiri. Namun, pemberian ini juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Baca Juga: (MANJUR) Cara Mengobati Burung Mencret dengan Alami

Sebagai pemelihara burung, Anda dapat memberi makan timun secara selang-seling. Misalnya setiap tiga hari sekali atau lima hari sekali. Manfaat mengkonsumsi timun bagi burung ini akan memberikan kelancaran sistem pencernaan. Begitu juga sebaliknya, jika berlebihan justru burung akan diare. Jadi, berikanlah timun sesuai porsinya.

Sebagai Pakan Praktis

Ketika membeli burung, seorang penjual akan memberikan timun sebagai makanan pelengkap. Biasanya sering ditemui penjual mengirimkan timun satu paket dengan burung yang dipesan pembeli. Hal ini menunjukkan bahwa timun menjadi pakan yang sangat praktis digunakan penjual kepada pembeli burung.

Baca Juga  Obat Snot Pada Lovebird Yang Alami

Selain itu, kepraktisan ini didukung karena timun memiliki kandungan air yang tinggi. Alhasil, penjual tidak perlu memberikan air minum untuk burung selama perjalanan ke tempat pembeli. Nah, manfaat timun untuk burung ini sangat berkaitan dengan timun sebagai pakan sekaligus minuman cadangan. Dengan begitu, penjual tidak perlu repot jika burung kehausan selama perjalanan.

Mengatasi Kegemukan Pada Burung

Nah, ternyata timun bagi burung bisa digunakan untuk mengatasi kegemukan. Ketika burung peliharaan mengalami masalah berat badan yang berlebih, timun sangat baik untuk menurunkan berat badan. Hal ini perlu segera dilakukan karena burung yang terlalu gemuk menyebabkan burung jarang berbunyi.

Padahal, suara burung adalah salah satu aset penting yang mesti dijaga. Selain bisa digunakan untuk bertarung, suara burung ini cukup memikat pembeli yang berniat memeliharanya. Adapun pemberian timun ini dapat dilakukan dengan cara mengiris timun tipis-tipis. Dengan irisan timun tipis ini burung akan lebih mudah mencerna pakan mereka.

Dapat Menurunkan Tingkat Birahi Burung

Tingkat birahi burung yang terlalu tinggi dapat menyebabkan burung sangat tidak baik ketika dilombakan dalam kontes. Kondisi burung dengan tingkat birahi tinggi ini sering disebut sebagai over birahi.

Contoh nyatanya, over birahi menunjukkan perilaku burung yang terlalu aktif, seperti meloncat kesana kemari bahkan susah dikendalikan.

Over birahi ini sangat tidak baik bagi burung. Sebab, ketika mengikuti perlombaan, burung bukannya berkicau malah meloncat-loncat.

Hal tersebut tentu akan membuat burung yang Anda miliki menjadi kalah. Solusinya, mentimun dapat digunakan untuk mengatasi burung yang over birahi. Ketika akan berlaga, sebaiknya pemilik burung memberi makan timun kepada hewan peliharaannya.

Makanan burung sangat erat kaitannya dengan sayuran dan buah-buahan. Tentunya kedua jenis pakan ini perlu diseimbangkan demi menjaga ketahanan tubuh burung.

Baca Juga  Cara Jitu mengatasi burung cendet manja

Nah, salah satu makanan yang penting adalah timun. Manfaat timun untuk burung ternyata sangat beragam, mulai dari melancarkan pencernaan, mengatasi kegemukan, dan menurunkan tingkat birahi burung.