Manfaat Jahe Untuk Lovebird dan Kandungannya

Lovebird adalah salah satu jenis burung kicau yang kini sangat diminati. Penyebabnya tak lain adalah karena tampilan burung ini menarik dan kicauannya sedap didengar. Banyak kontes kicau yang diselenggarakan untuk burung lovebird. Apabila para pecinta burung ini ingin mengikuti kontes, maka harus menjaga stamina peliharaanya dengan mencoba manfaat jahe untuk lovebird.

Jahe merupakan tanaman yang terbukti khasiatnya untuk menjaga stamina lovebird.. Sabagai bahan alami, jahe mudah ditemukan untuk diambil manfaatnya. Berikut sedikit ulasan tentang manfaat jahe agar dijadikan referensi bagi pecinta lovebird.

Sekilas Tentang Kebutuhan Jahe untuk Lovebird

Seperti yang telah dijelaskan, dalam segala performanya, lovebird perlu dijaga maupun ditingkatkan staminanya. Ada banyak sekali bahan yang dapat membantu menjaga stamina lovebird, namun bahan utama untuk menjaga performa burung ini adalah jahe.

manfaat jahe untuk lovebird

Tanaman jahe sendiri sebagai toga mudah sekali ditemukan, sebab banyak tersedia di toko maupun pasar. Hal ini membuat pemilik burung mudah sekali mendapatkan jahe untuk dijadikan dopping stamina lovebird kesayangannya. Selain itu, jahe juga bisa diproleh dengan harga terjangkau. Hal ini yang membuat jahe selalu digemar untuk menjaga stamina burung lovebird.

Mengetahui fakta bahwa mengonsumsi jahe dapat memberikan kehangatan pada tubuh, hal ini juga dipercaya akan berlaku bagi lovebird. Tanaman jahe akan selalu membawa manfaat bagi pengonsumsinya.

Kandungan Jahe

Segala khasiat dan manfaat yang dapat diberikan jahe tak lain karena tanaman ini sendiri memiliki banyak kandungan nutrisi didalamnya. Kandungannya yang kompleks dapat dipadukan dengan sumber bahan makanan lain untuk dijadikan sebagai ramuan peningkat stamina lovebird.

Kandungan jahe yang sangat beragam bisa memberikan banyak khasiat pada burung lovebird. Salah satu kandungan dasar jahe adalah gingerol, yaitu senyawa yang dinilai cukup kuat untuk melawan penyakit. Gingerol merupakan kandungan nutrisi terbesar yang ada pada tanaman jahe..

Kandungan lain yang terdapat pada jahe diantaranya adalah magnesium, vitamin C dan B6, fosfor, tembaga, besi, kalsium, dan seng dalam jumlah kecil. Banyaknya kandungan yang terdapat pada tanaman jahe tersebut membawa segudang manfaat apabila dikonsumsi.

Jahe tidak hanya memiliki kandungan gingerol yang dominan, melainkan juga diinilai kaya akan phenolic minyak atsiri dan zingeron.  Komposisi ini tentu membuat manfaat jahe untuk lovebird semakin beragam. Tanaman ini mempunyai banyak jenis yang bisa ditemui pasaran, seperti jahe emprit dan merah.

Setiap jenis jahe yang ada di pasaran memiliki kandungan dan manfaat masing-masing. Jenis tanaman ini yang dipercaya memiliki kandungan tinggi adalah jahet merah. Meskipun demikian, kandungan jahe jenis lain juga tidak bisa diragukan manfaatnya untuk burung lovebird.

Khasiat Jahe Untuk Lovebird

Kandungan nutrisi yang beragam pada tanaman jahe memang tidak bisa diragukan lagi khasiatnya. Berikut adalah ulasan secara lebih rinci mengenai manfaat jahe untuk burung lovebird.

Penambah Stamina

Kandungan jahe yang beragam dipercaya dapat meningkatkan stamina bagi pengonsumsinya, termasuk juga burung lovebird. Para pecinta lovebird harus bisa menjaga dan memperhatikan stamina burung ini agar semakin jago di ajang kontes kicau.

Stamina yang baik mudah sekali dibentuk dengan menambahkan jahe sabagai bahan utama ramuan untuk lovebird. Adanya stamina yang baik tentu akan menghindarkan burung ini dari banyak penyakit yang mungkin dapat menjangkitnya.

Anti Inflamasi

Fungsi anti inflamasi adalah menghindarkan lovebird dari segala kemungkinan infeksi yang mungkin terjadi. Infeksi tersebut dapat berasal dari sistem pencernaan maupun aktivitas geraknya yang lain. Kegiatan burung tentu tidak dapat diminimalisir agar tidaK membuatnya cedera dan infeksi, bukan? Sebab itu cedera dan infeksi bisa saja terjadi.

Peran jahe sebagai anti inflamasi pada lovebird adalah dapat membantu menyembuhkan infeksi luka yang terjadi. Kandungan phenolic yang dimiliki jahe membantu meringankan gejala iritasi pada saluran pencernaan dan mencegah kontraksi berlebihan pada perut lovebird.

Antioksidan

Kandungan vitamin C maupun gingerol sangat baik melindungi lovebird dari radikal bebas yang terdapat di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Dalam hal ini manfaat jahe untuk lovebird berfungsi sebagai antioksidan.

Dengan adanya antioksidan, kesehatan lovebird lebih terjamin karena sistem imun yang terbentuk lebih kuat dan membuat burung ini tahan terhadap polutan yang mungkin saja mengganggunya.