Makanan Burung Cucak Ijo

Rajakicau.com – Apakah Anda sudah tahu apa saja jenis makanan burung cucak ijo yang paling sehat dan memberi kicauan yang nyaring dan merdu? Cucak ijo bukan nama burung yang asing bagi para pecinta burung.

Pasalnya jenis burung ini sering menjadi unggulan diberbagai kompetisi. Sesuai namanya, burung ini berpenampilan hijau yang sangat khas sehingga tidak sulit untuk membedakannya dengan burung lain. Baca Juga; Mengetahui Penyebab Cucak Ijo Gembung

Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan agar cucak ijo bisa kicau nyaring. Contohnya adalah jenis makanan burung yang Anda berikan. Anda tidak boleh asal jika ingin cucak ijo yang dimiliki bisa gacor.

Nah, agar burung cucak ijo Anda tetap sehat dan akhirnya bisa kicau nyaring, ada jenis makanan yang paling direkomendasikan untuk Anda berikan. Berikut jenis makanan tersebut.

Jenis Makanan Burung Cucak Ijo

makanan burung cucak ijo

Buah-buahan

Kebanyakan burung kicau memang memakan buah segar seperti sawo, pear, pisang, pepaya dan sebagainya, ini juga berlaku untuk cucak ijo. Memberikan pakan buah pada cucak ijo bisa memenuhi kebutuhan vitamin agar tubuh lebih baik. Untuk penyajiannya, cuci terlebih dahulu buah yang akan diberikan.

Ini bertujuan untuk membersihkan sisa bahan kimia yang mungkin melekat di kulit buah tersebut. Contohnya seperti bahan pestisida atau bahan kimia lainnya. Memberikan makanan cucak ijo dalam bentuk buah-buahan ini sangat bagus ketika siang hari. Baca Juga: Rekomendasi Pakan Buah Untuk Cucak Ijo

Selain membuat burung menjadi lebih sehar, kandungan serat didalam buah-buahan juga akan menjaga kesehatan serta menghindari berbagai penyakit yang mungkin saja akan burung alami. Buah yang biasanya digemari oleh cucak ijo adalah talok, pisang, apel, pepaya, jeruk dan sebagainya.

Sayuran

Sama halnya dengan buah, sayuran juga memberi asupan nutrisi dan juga vitamin bagi burung cucak ijo. Sehingga tidak heran memberi pakan sayuran pada cucak ijo secara rutin sangatlah penting. Supaya lebih mudah untuk dicerna dan dimakan, ada baiknya memberi makanan burung cucak ijo yang sudah dipotong.

Mencuci sayuran yang akan diberikan juga menjadi hal penting agar terbebas dari zat kimia seperti pestisida atau sebagainya. Ada banyak sayuran yang disukai oleh burung cucak ijo. Contohnya adalah tomat dan juga mentimun yang memang sudah lazim kita temui di pasaran. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kesukaan burung cucak ijo yang Anda miliki.

Serangga dan Binatang Kecil

Biasanya serangga atau binatang kecil diberikan untuk makanan pelengkap atau extra fooding. Biasanya makanan ini diberikan setelah burung cucak ijo sudah tumbuh dewasa. Memberikan burung jenis pakan ini ketika masih merbung tidak dianjurkan karena proteinnya yang tinggi bisa membuat burung akan cepat birahi sebelum waktunya. Baca Juga: Cara Terapi Sauna Untuk Cucak Ijo yang Benar

Untuk burung yang sudah dewasa dan sudah mahir gacor, memberikan extra fooding ini memberi efek yang bagus dan juga menghangatkan. Bukan hanya itu, rangsangannya juga mampu membuat burung lebih semangat untuk gacor, terutama saat Anda mengikuti kompetisi kicau.

Beberapa pilihan makanan yang bisa dipakai untuk extra fooding adalah :

  1. Jangkring
  2. Ulat hongkong
  3. Orong-orong
  4. Ulat kandang
  5. Kroto
  6. Ulat bambu
  7. Belalang

Salah satu dari beberapa nama ini bias menjadi makanan andalan burung cucak ijo kesayangan. Jadi, pilih yang mudah didapat dan disukai burung Anda.

Voer

Voer atau yang akrab disebut poor tersebut mempunyai kandungan vitamin tinggi dengan protein yang sedang. Voer biasanya diberikan untuk pakan sehari-hari supaya perkembangan burung lebih baik. Selain itu pemberian voer secara rutin juga menjaga kesehatan tubuh burung agar tidak sakit-sakitan. Untuk takaran veornya bisa disesuaikan dengan kebutuhan burung cucak ijo itu sendiri.

Mengingat karena setiap burung mempunyai takaran berbeda dengan asupan berbeda pula. Ada banyak jenis voor yang bisa dibeli di pasaran, berikut contoh merek voer yang cocok untuk cucak ijo Anda:

  1. Top Song
  2. Seaweed Gold Coin
  3. Song Boster
  4. Super Vit
  5. Omega Vit
  6. Ronggolawe

Itu adalah jenis makanan burung cucak ijo paling sehat yang bisa Anda berikan. Selain pakan tersebut, Anda juga bisa memberikan makanan tambahan seperti biji-bijian. Agar mudah dimakan, berikan biji yang ukurannya kecil, contohnya seperit milet atau sebagainya. Agar burung cucak ijo semakin gacor dan sehat, Anda harus melatihnya dengan baik. Jangan terlalu memaksakan karena akan membuat burung tidak bisa beradaptasi.

Makanan Burung Cucak Ijo Agar Cepat Gacor

Makanan Burung Cucak Ijo Gacor
Makanan Burung Cucak Ijo Gacor

Cucak Ijo memiliki 11 spesies yang menyebar di Asia Tenggara hingga India, burung ini dikenal sebagai burung kicau yang gacor dengan suara lantang.

Memiliki warna hijau dan berpadu dengan warna hitam serta kuning, untuk menjaga kualitas suara burung, salah satu faktor pentingnya adalah makanan.

Berikut ini pakan burung cucak ijo agar burung berkicau dengan baik.

Voer

Kebanyakan burung jenis kicauan yang dipelihara diberikan konsumsi voer sebagai pakan harian.

Hal ini juga berlaku untuk cucak ijo yang bisa diberikan voer, voer dapat memberikan nutrisi harian sehingga burung tetap sehat.

Voer juga dapat bertahan lama dan bisa disimpan karena berjenis pakan kering, terdapat rekomendasi voer yang bisa diberikan seperti:

  • Gold Coin Seaweed
  • TopSong
  • Superfit Gold
  • Omega Vit
  • Dan lainnya.

Buah-Buahan

Memiliki habitat asli pepohonan, cucak ijo juga menyukai pakan sejenis buah-buahan, tentu ini baik untuk asupan vitamin yang dibutuhkan burung dalam mendukung tumbuh kembangnya.

Buah-buah yang disukai diantaranya seperti:

  • Pepaya
  • Pisang
  • Melon
  • Jeruk
  • Dan lainnya.

Serangga

Selain buah dan voer, cucak ijo juga bisa diberikan serangga sebagai makanan tambahan.

Makanan tambahan jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan karena mengandung lemak yang tinggi.

Serangga digunakan ketika burung hendak kontes, sehingga stamina meningkat dan burung berkicau secara terus menerus.

Serangga yang bisa diberikan seperti:

  • Jangkrik
  • Ulat Hongkong
  • Ulat Kandang
  • Kroto
  • Dan lainnya.

Nektar Pendamping Makanan Burung Cucak Ijo

Selain makanan dan minuman, terdapat konsumsi tambahan yaitu cairan nektar. Cucak ijo membutuhkan cairan nektar untuk menjaga staminanya dan menjaga kesehatan burung.

Jika merasa kesulitan mencari nektar, maka bisa diganti dengan menggunakan larutan air gula dengan rasio perbandingan 1:4.

Cucak ijo memiliki paruh panjang, lancip dan bengkok, Di alam bebas paruh ini berfungsi untuk mengambil nektar pada bunga, sama halnya dengan burung kolibri.

Selain itu vitamin dan mineral juga diperlukan, apalagi jika burung akan mengikuti lomba. Vitamin juga bisa menjadi solusi untuk pemulihan pasca sakit atau bertelur. (Baca Juga: Makanan Burung Kenari Biar Gacor)

Sayuran

Yang terakhir adalah sayuran, meskipun hanya beberapa sayuran yang disukai oleh cucak ijo, dan itupun perlu pembiasaan untuk pemberiannya, akan tetapi sayur dibutuhkan sebagai nutrisi sehingga tubuh burung terhidrasi dengan baik.

Cucak ijo bisa diberikan sayuran seperti:

  • Sawi
  • Selada
  • Tomat
  • Dan Timun

Sayuran ini juga mudah didapatkan dan harganya relatif murah.

Makanan Kesukaan Burung Cucak Ijo Mini

Terdapat beberapa pakan yang sangat disukai burung cucak ijo ini, diantaranya seperti:

Pisang Kepok Putih

Pisang Kepok Putih
Pisang Kepok Putih

Pisang kepok putih sangat disukai oleh cucak ijo, jenis buah ini umum diberikan dan sangat disukai. Untuk mendapatkan nya juga sangat mudah cukup beli di warung atau tukang sayur juga dapat dan harganya sangat murah.

Pepaya

Pepaya
Pepaya

Buah yang satu ini adalah pepaya bukan hanya disukai oleh manusia ternyata pepaya  juga menjadi makanan yang begitu digemari oleh burung cucak ijo. Pepaya sangat bermanfaat sekali untuk melancarkan pencernaan agar tidak mudah burung terkena diare.

Mangga

Mangga
Mangga

Banyak yang kurang tahu jika cucak ijo menyukai buah mangga, mangga begitu disukai oleh burung cucak ijo.

Tomat

Tomat
Tomat

Buah tomat selain menyehatkan untuk manusia. ternyata cucak ijo juga senang memakan tomat, jadi bisa diberikan sebagai variasi makanan dan menyehatkan untuk cucak ijo, porsinya juga jangan terlalu banyak sedang saja cukup.

Melon

Melon
Melon

Yang terakhir adalah melon sebagai makanan burung cucak ijo, sehingga bisa digunakan untuk selingan agar burung tidak bosan. Melon juga ternyata bermanfaat untuk pencernaan burung cucak ijo loh. Baca Juga: Mengetahui Penyebab Cucak Ijo Gembung

Nah Itulah berbagai jenis makanan burung cucak ijo yang bisa diberikan, semoga membantu dan SALAM GACOR.