Daftar Manfaat Pisang Untuk Lovebird

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang paling mudah Anda temui dan mengandung banyak nutrisi. Buah ini mengandung banyak vitamin A, B1, B6 C, serta zat besi. Dengan kandungan nutrisi tersebut membuat buah ini dijadikan untuk makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi burung. Berikut ini adalah manfaat pisang untuk lovebird yang perlu untuk diketahui.Daftar Manfaat Pisang Untuk Lovebird

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sebagaimana sudah di sampaikan diawal, kandungan vitamin A, C, serta B6 yang dimiliki pisang sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan ini mampu melawan segala jenis infeksi virus serta bakteri yang masuk ke dalam tubuh burung. Selain itu, pisang dapat membunuh virus atau bakteri yang ada dalam tubuh burung lovebird.

Melancarkan Saluran Pencernaan

Kandungan serat dan karbohidrat yang dimiliki buah pisang membantu mengatur sistem pencernaan tubuh dengan membantu mempertahankan gerakan usus agar tetap teratur. Sedangkan kandungan pectin pada buah pisang membantu untuk meningkatkan pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit. Mengonsumsi buah pisang bisa membuat ini mempertahankan gerakan usus agar tetap teratur.

Baik Untuk Kesehatan Mata Burung

Pisang sangat kaya akan kandungan vitamin A, sehingga penting untuk kesehatan mata lovebird. Vitamin A juga diketahui membantu melindungi membran mata serta kornea. Tidak heran saat burung mengkonsumsi buah pisang gangguan penglihatan dapat dihindari. Di samping itu, pisang juga dapat mengurangi resiko kerabunan pada mata burung lovebird.

Menguatkan Tulang Burung

Perlu Anda ketahui kandungan zat prebiotik yang disebut fructooligosaccharide pada buah pisang ini baik untuk meninggkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi. Artinya, setiap buah pisang yang dimakan burung akan membantu tubuhnya untuk menyerap kalsium. Sehingga, tulang pada tubuh burung akan menjadi kuat.

Membantu Mengatasi Stres pada Burung

Manfaat pisang untuk lovebird selanjutnya adalah untuk mencegah stres pada burung. Kadar trypotophan yang tinggi dalam pisang akan mengubah tubuh menjadi serotonin. Efeknya adalah  neurotransmilter otak meningkatkan suasana hati menjadi rileks. Vitamin B6 yang dimiliki pisang dapat membantu burung lovebird tidur nyenyak.

Kandungan magnesium yang ada pada pisang akan membantu mengendurkan otak otak lovebird. Dalam hal ini, ketika Anda memberi asupan makanan buah pisang pada burung memicu kondisinya lebih enak. Akibatnya adalah lovebird menjadi tenang, sehingga burung terhindar dari stres.

Menjaga Suara Burung Agar Tetap Gacor

Buah pisang merupakan makanan yang dapat dikatakan menjadi menu wajib untuk semua jenis burung kicau. Maka dari itu, banyak sekali pecinta lovebird yang memberikan buah pisang untuk menjadi menu makanan pokok untuk burung kesayangannya. Cara ini bisa diterapkan untuk lovebird, sebab pisang memiliki banyak kandungan nutrisi.

Bagi para pemilik lovebird dianjurkan untuk tidak memberikan pisang setiap hari. Sebab, kandungan karbohidrat yang ada pada pisang bisa membuat burung cepat gemuk. Akibatnya adalah burung lovebird malas untuk berkicau karena kekenyangan.

Meningkatkan Energi Pada Burung

Setiap pisang mengandung karbohidrat sedikitnya 32 gram. Kandungan ini sangat berperan dalam membantu meningkatkan energi pada burung. Terlebih lagi apabila burung mengkonsumsi pisang raja di saat akan melakukan aktifitas latihan maupun perlombaan. Ini sangat membantu karena pisang kaya akan karbohidrat, sehingga dapat menghasilkan energi dan meningkatkan konsentrasi.

Penjelasan di atas terkait manfaat pisang untuk lovebird dapat diterapkan pada burung kesayangan Anda di rumah. Namun, pemberian makanan pisang terhadap burung sebaiknya diselingi makanan lain agar burung tidak bosan. Akan lebih baik lagi pisang diolesi madu sebelum diberikan pada burung.