Mengobati Burung Kacer Nyilet dengan cepat

Rajakicau.com – Cara Mengobati Burung Kacer Nyilet wajib diketahui bagi pemilik burung Kacer. Jika Kacer dalam kondisi prima maka burung Kacer akan kembali aktif dan mengeluarkan kicauannya yang merdu.

Burung kacer yang tidak terurus berpotensi terserang penyakit nyilet atau memiliki badan kurus. Umumnya minimnya konsumsi pakan EF seperti jangkrik, kroto dan ulat hongkong menjadi pemicu kacer bertubuh kurus atau nyilet. Kandungan vitamin dan mineral pada EF sedianya untuk memenuhi kebutuhan gizi burung Kacer tak terpenuhi sehingga Kacer akan mengalami nyilet.

Ciri-ciri Burung Kacer Terserang Penyakit Nyilet atau Kurus

  • Burung kelihatan kurang aktif dan sukai diam di satu titik
  • Terlihat lemas atau kurang memiliki tenaga diiringi bulu mengembang
  • Tulang dada menonjol dan kurus
  • Seringkali minum air dibanding makan voer
  • Kotoran terlihat bintik hijau kadang juga berwarna putih
  • Sempoyongan ketika berjalan.

Cara Mengobati Burung Kacer Nyilet dengan cepat

Gambar Burung Kacer Nyilet
Gambar Burung Kacer Nyilet

 

Burung dalam kondisi kekurangan gizi selalu dibarengi dengan tubuh yang lemas dan kurang aktif cenderung murung. Jika melihat tanda tersebut hendaknya segera mengobati burung kacer agar tidak sampai berakibat fatal. Ikuti langkah langkah berikut ini jika melihat tanda burung Kacer terlihat kurang aktif :

1. Karantina burung

Karantina burung yang sakit jauh dari burung yang sehat. Hal ini dimaksudkan agar burung yang sakit tidak menularkan penyakitnya kepada burung yang sehat. Selain itu berguna mempercepat pemulihan burung yang sedang sakit.

2. Memberinya Makanan Tambahan 

Makanan tambahan untuk kacer benar-benar bermacam tetapi umumnya jangkrik, ulat hongkong dan kroto sebagai makanan EF yang diputuskan untuk menangani keadaan badan burung kacer nyilet (kurus).

Tetapi perlu di ingat dalam pemberian makanan EF jangan dilaksanakan secara asal-asalan, diharuskan untuk teratur dengan jumlah yang cukup dan jauhi pemberian EF terlalu berlebih. Pemberian terlampau berlebihan akan membuat kacer jadi over birahi dan akan membuat burung jadi sukai salto.

Cukup beri sekitaran sepuluh ekor jangkrik dengan teratur setiap hari karena itu secara berangsur ukuran badan akan berangsur jadi membesar. Untuk memperjelasnya Tahap demi tahapnya silakan kerjakan mirip contoh berikut ini.

  • Sebagai cara penangkalan supaya burung tidak kurus karena itu bisa dengan memberinya lima ekor jangkrik tiap pagi hari.
  • Bila burung telanjur kurus dan nyilet karena itu bisa memberinya pakan tambahan lima ekor jangkrik tiap sore dan pagi hari dengan teratur sampai kondisi berangsur sembuh.
  • Saat Diindikasi terserang over birahi sebaiknya untuk turunkan jumlah pemberian EF dan kerjakan beragam cara untuk menanganinya.

3. Memberi Pisang Pada Kacer

Dari semua tipe pisang yang tumbuh di Indonesia, rupanya pisang kepok sebagai tipe terbaik untuk diberi pada burung kacer. Nilai nutrisi yang tinggi bisa dibuktikan sanggup memenuhi keperluan nutrisi dan mendukung supaya burung masih tetap sehat dan terbebas dari penyakit nyilet.

Tetapi benar-benar sayang tidak seluruhnya burung kacer suka pisang. Perlu diberi training supaya burung ingin makan pisang, berikut triknya.

  • Saat sebelum lakukan penjemuran saat pagi hari, upayakan burung cuman dikasih seekor jangkrik, ini untuk memacu rasa lapar.
  • Seterusnya kerjakan penjemuran sekedarnya tidak boleh berlebihan dan hindari dari terik matahari menusuk
  • Angin-anginkan burung sesudah dijemur dibarengi dengan pemberian buah pisang yang sudah dikupas dengan digantungkan.
  • Keadaan burung kelaparan akan memaksakan untuk makan pisang dan makin lama bisa menjadi terlatih.

Kemungkinan langkah ini sedikit menyusahkan tetapi ini bisa dibuktikan baik, pokoknya kita diwajibkan untuk telaten dan tekun dalam perawatan. Yakinkan cuman memberinya pisang cuman saat kacer alami kelaparan supaya ia ingin mengkonsumsinya.

Dalam menangani burung kacer nyilet atau kurus pasti kesabaran anda akan dites, karena ini seperti kita menyuapi anak kurang selera makan. Tetapi bila kita tekun makin lama bisa menjadi sehat dan siap untuk di ikutsertakan dalam persaingan kembali.