Apa Saja Penyebab Lovebird Nyilet? Ini Daftarnya

Ada sebuah penyakit yang cukup berbahaya apabila dialami oleh lovebird, yaitu nyilet atau kurus. Penyakit nyilet tersebut harus benar-benar Anda waspadai sebagai pemelihara lovebird. Nyilet yang dialami lovebird dapat membuat tubuhnya menjadi kurus dan lemas tak berdaya. Dalam hal ini, penting untuk Anda mengenali apa saja penyebab lovebird nyilet.

Apabila lovebird yang Anda pelihara mengalami nyilet dan tidak segera diobati maka dapat berujung kematian. Tentunya Anda tidak ingin apabila lovebird yang dipelihara mati, bukan? Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab yang dapat membuat lovebird nyilet.

Pakan yang Kurang Bergizi

Penyebab pertama yang dapat membuat lovebird nyilet adalah pakannya yang kurang bergizi. Sudah menjadi kewajiban Anda sebagai pemelihara lovebird untuk mencukupi kebutuhan gizinya. Kebutuhan akan vitamin, mineral, protein, dan gizi lainnya harus mampu Anda berikan pada lovebird agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga.

Apa Saja Penyebab Lovebird Nyilet? Ini Daftarnya

Pakan yang kurang bergizi akan membuat tubuh lovebird menjadi rentan terserang penyakit. Apabila pakan yang diberikan pada lovebird bergizi tentunya dapat mempengaruhi tubuhnya agar dapat berkembang dengan baik. Penyakit-penyakit seperti nyilet pun enggan hinggap pada tubuh lovebird apabila pakan yang diberikan memenuhi gizinya.

Perawatan yang Tidak Maksimal

Bagi Anda yang memelihara lovebird harus mengetahui bahwa perawatan yang tidak maksimal dapat menyebabkan lovebird nyilet. Oleh sebab itu, dalam kondisi sibuk sekalipun Anda harus tetap memperhatikan dan memberikan perawatan terbaik untuk lovebird yang Anda pelihara. Hal tersebut bertujuan agar lovebird tidak nyilet.

Perawatan-perawatan dasar seperti memandikan, menjemur dan memberi vitamin pada lovebird perlu Anda lakukan untuk memberikan perawatan yang baik. Apabila Anda tidak dapat melakukan perawatan- perawatan tersebut maka dapat dipastikan bahwa lovebird Anda akan mengalami nyilet.

Terserang Penyakit

Penyebab lovebird nyilet berikutnya adalah karena terserang penyakit. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan lovebird nyilet antara lain penyakit cacingan, gondok, dan penyakit gajah. Penyakit-penyakit tersebut sangat rentan menyerang lovebird dan membuatnya nyilet.

Anda sebagai pemelihara lovebird harus waspada terhadap kemungkinan penyakit yang dapat menyerangnya. Lovebird yang memiliki penyakit yang bersarang di tubuhnya akan menyebababkan nyilet pada dirinya.

Tidak Selera Makan

Tidak memiliki selera makan dan minum juga dapat dialami lovebird yang Anda pelihara sehingga menyebabkan lovebird nyilet. Tidak dapat dipungkiri bahwa makan dan minum menjadi kebutuhan yang harus didapatkan oleh tubuh lovebird agar tetap dapat bertahan hidup. Apa jadinya jika lovebird sudah tidak berselera untuk makan dan minum? Maka kemungkinan besar Lovebird akan mengalami nyilet.

Tidak adanya asupan makan dan minum yang masuk pada tubuh lovebird dapat membuatnya menjadi loyo dan tidak bertenaga. Lama-kelamaan keadaan lovebird akan memburuk dan membuat tubuhnya menjadi kurus kering karena tidak makan dan minum.

Keracunan Besi Berkarat

Sangkar burung yang Anda gunakan untuk memelihara lovebird juga tidak boleh lepas dari pengawasan. Hal tersebut dikarenakan salah satu penyebab lovebird nyilet adalah karena keracunan besi yang berkarat maupun benda logam. Besi yang berkarat tersebut bisa saja berasal dari sangkar burung yang berbahan dasar logam maupun besi yang sudah berkarat.

Lovebird termasuk salah satu jenis burung yang cukup aktif dan tak jarang suka memainkan atau mengganggu sangkarnya seperti hendak melarikan diri. Anda sebagai pemeliharanya tentu sering melihat lovebird menggigit besi sangkarnya. Lovebird yang menggigit bagian besi berkarat hingga tertelan bisa sangat berbahaya dan menyebabkan nyile pada dirinya.