Cara Memandikan Burung Kacer Dan Cara Menjemurnya

Rajakicau.com – Pada umumnya terdapat beberapa macam/jenis burung kacer yang meliputi kacer poci, kacer lokal / kacer jawa, kacer madagaskar, kacer kalimantan dan kacer blorok. Bagaimana sih cara memandikan burung kacer?

Masing-masing burung ini tentu sama-sama harus mendapatkan perawatan yang baik. Termasuk dalam hal kebersihan. Sebaik mungkin, pemiliknya harus mengetahui cara memandikan burung kacer yang benar sekaligus penjemurannya. Baca Juga: Mengobati Burung Kacer Nyilet dengan cepat

Dengan memeberikan perawatan memandikan atau menjemur burung kacer, tentu akan sangat bermanfaat untuk menjaganya dari berbagai penyakit. Namun tetap harus diketahui bahwa ini memang tidaklah mudah. Nah,berapa cara yang tepat memandikan dan menjemur kacer selanjutnya akan kami paparkan lengkap dibawah ini.

Cara Memandikan Burung Kacer

Cara Memandikan Burung Kacer Dan Cara Menjemurnya
Memandikan burung Kacer

Sebelum memandikan, burung kacer terlebih dahulu diangin-anginkan selama 15 menit, selanjutnya Anda memulai memandikan burung kacer. Burung kacer akan lebih baik jika dimandikan 3x dalam seminggu, sedangkan waktu yang terbaik untuk memandikannya pada saat pagi hari sebelum pukul 10.00 pagi dan pada sore hari setelah pukul 16.00 sore.

Cara memandikan kacer terdapat 2 pilihan yaitu dengan keramba mandi atau menggunakan spray.

Memandikan Kacer Menggunakan Keramba

Jika ingin memandikan kacer menggunakan kandang keramba Anda hanya perlu memindahkan burung kacer dari kandangnya ke kandang keramba yang khusus untuk mandi dan menunggu sambil membiarkan burung kacer bermain pada keramba.

Memandikan Kacer Menggunakan Spray

Alat spray digunakan untuk memandikan burung kacer dengan menyemprotkan spray yang halus ke bandan kacer, dengan begitu badan kacer akan basah, namun menggunakan spray harus hati-hati karena Jika air yang telah disemprotkan mengenai mata kacer dapat membuat burung merasa kaget dan stres.

Ketika telah selesai, kacer dipindahkan kembali pada kandang biasa dan langkah selanjutnya hanya perlu diangin-anginkan kurang lebih selama 10 menit kemudian dilakukan proses penjemuran.

Cara Menjemur Burung Kacer

Setelah mengenal bagaimana cara memandikan burung kacer, kini Anda juga harus mempelajari dengan baik langkah penjemurannya yang benar. Pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan sangkar untuk kacer, kemudian tempatkan kacer pada sangkar yang telah disediakan.

Pastikan tempat penjemurannya nyaman untuk burung kesayangan Anda. Penjemuran dapat dilakukan pada waktu 1-2 jam dibawah sinar matahari. Namun yang perlu diingat lagi jangan menjemur diatas jam 10.00 pagi.

Sinar matahari pada jam 10.00 pagi tidak baik untuk kesehatan maupun kecantikan bulu kacer karena bisa merusak dan mengurangi kadar lilin yang terdapat pada bulu burung tersebut. Jika zat lilin berkurang akan memungkinkan bulu pada kacer tidak mengkilap dan sangat sulit untuk kering saat penjemuran.

Kacer akan lebih baik jika dilakukan penjemuran satu kali dalam sehari, selain menjemur di pagi hari, kacer dapat dijemur pada sore hari bekisar setelah pukul 16.00 sore.

Beberapa Perawatan Burung Kacer Lainnya

Selain memandikan dan penjemuran, perawatan burung kacer yang berhubungan dengan waktu juga meliputi beberapa aspek penting. Di antaranya adalah pengembunan, pemberian pakan dan memancingnya dengan suara burung lain. Nah, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai beberapa perawatan tersebut.

  • pengembunan dengan prosesnya bisa pada waktu pagi buta bekisar jam 03.00 sampai jam 05.00. Cara yang bisa diterapkan adalah dengan membuka kerodong lalu diangin-anginkan sampai 5 menit. Setelah itu anda dapat membuka seluruh kerodong lalu membiarkan kacer menjalani proses pengembunan yang menyegarkan.
  • Pemberian pakan dapat diakukan dipagi hari dengan porsi makanan yang sesuai, misalnya diberikan 3 sampai 5 ekor jangkrik. Pastikan jangan sampai kebanyakan dalam memberi makan yang mengakibatkan burung males berkicau.
  • Memancing burung menggunakan suara burung lain dapat melatih burung untuk berkicau. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan audio suara dihandphone. Anda cukup mengunduh suara burung berkicau digoogle, dan melatih kacer kurang lebih 2 jam saja.

Merawat burung ini memang tidak mudah. Jadi, jangan asal-asalan, karena jika tidak tekun dan berhati-hati, maka kacer akan males berbunyi. Sebaliknya dengan perawatan yang maksimal memungkinkan kacer lebih sehar dan kualiatas suaranya lebih baik sesuai dengan mental yang semakin kuat.

Itulah beberapa cara memandikan burung kacer, menjemur, dan merawatnya secara umum. Bagi yang masih pemula dan masih bingung bahkan sulit untuk memandikannya, Anda dapat menerapkan beberapa uraian yang telah disebutkan di atas.