Penyebab Dan Cara Mengatasi Murai Batu Muntah Darah

Rajakicau.com – Murai batu merupakan salah satu burung yang saat ini banyak digemari oleh masyarakat guna dipelihara sebab dan hobi selain itu juga ia juga mampu mengeluarkan suara yang unik sehingga banyak orang yang menyukainya. Namun, banyak orang yang tidak merawatanya dengan baik sehingga mengakibatkan murai batu muntah darah dan sakit tenggorokan.

Mengingat akan hal itu mengetahui penyebab dan cara mengatasai masalah ini sangatlah penting. Jika Anda sedang memelihara burung peliharaan berarti Anda juga perlu memperhatikan setiap aspek yang terjadi sehingga burung dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Apalagi jika burung memiliki ciri-ciri yang aneh dan tidak bisa terjadi hal tersebut juga bisa saja menjadi pemicu utama terjadinya muntah darah pada burung. Nah, untuk menambah wawasan terkait kondisi murai batu yang muntah darah ini, simak ulasan berikut.

Penyebab Murai Batu Muntah Darah

Muntah yang terjadi pada burung pasti akan terjadi jika burung mengalami hal-hal yang tidak wajar seperti biasanya. Simak beberapa penyebab muntah darah berikut ini.

Terjadi Luka Dalam Pada Tubuh Burung

Penyebab pertama yang perlu Anda ketahui dari burung yang muntah darah karena burung mengalami luka dalam tubuh, khususnya pada bagian tenggorokan dan pencernaan.

Luka yang sedang dialaminya itu memunculkan darah yang keluar berada dalam tubuh dan dikeluarkan melalui mulutnya. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memelihara burung kicau dan menjaga tenggorokannya.

Keracunan Makanan

Faktor utama penyebab murai batu muntah darah yaitu karena keracunan makanan. Makanan burung yang mengakibatkan burung menjadi muntah darah bisa saja terjadi karena tercampur bahan dengan senyawa berbahaya seperti hal deterjen atau kimia rumah tangga lainya. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar berhati-hati dalam memberikan makanan burung murai batu.

Cara Mengatasi Murai Batu Muntah Darah

Penyebab Murai Batu Muntah Darah
Penyebab Murai Batu Muntah Darah

Sebagian besar yang menyebabkan burung muntah darah adalah faktor makanan yang diberikan atu juga bisa karena proses pemberian makan yang salah. Untuk mengatasi hal tersebut simak beberap ulasan di bawah ini.

Membersihkan Makanan

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi burung murai batu jika terjadi muntah darah adalah dengan membersihakn makanan dalam kandangnya. Tujuannya agar murai batu dapat menghindari makanan tersebut sehingga muari batu akan terlihat sehat tanpa ada hal yang membuatnya lemas bahkan muntah darah lagi.

Mengganti Makanan Setiap Hari

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan yaitu, denagn cara mengganti makanan dan minuman yang berada dalam kandang secara rutin denagn yang baru. Anda juga perlu mrmperhatikan tempat makanan agar sudah bersih dari sisa makanan sebelumnya dan bebas dari bahan senyawa yang berbahaya.

Terus Memantau Perkembangan Murai Batu

Selain Anda rutin mengganti makanan dan minuman, Anda juga sangat perlu memperhatikan perkembangan terhadap burung setiap harinya. Apalagi jika burung sudah terlanjur muntah darah maka Anda perlu menganti makananya dengan yang memiliki sifat lembut. Sehingga mudah dicerna oleh burung itu sendiri. Anda juga harus tetap merawat hingga kondisi tubuhnya sehat kembali.

Perhatikan Pemberian Jangkrik

Saat sedang memberikan makan burung dengan jangkrik Anda perlu mewaspadai hal tersebut. Tetap usahan kakinya terbaung semua bahkan juga bagian kepala jangkrik. Jika Anda ingin memberikan kepala jangkrik alangkah baiknya membuat jangkrik sekarat terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara dibanting hingga jangkrik lemas tidak berdaya.

Mengapa hal tersebut harus dilakukan? sebab, jangkrik yang masih memiliki kaki yang memilki duri yang banyak dan kepala yang diberikan secara hidup-hidup kepada muari batu akan busa menggigit tenggorokan burung atau juga bagian organ dalam seperti pencernaan.

Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja maka burung Anda akan mati secara mendadak jika Anda tidak mengetahui betul penyebab terjadinya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai murai batu muntah darah dari penyebab hingga cara mengatasinya. Hal seperti di atas sangat perlu dipelajari bagi Anda yang yang sedang memelihara murai batu dirumah.

Tujuannya agar dapat mencegah burung kesayangan Anda mengalami hal yang tidak diinginkan jika hal itu sudah terjadi Anda juga sudah mengetahu cara dalam mengatasinya.