Mengetahui Penyebab Cucak Ijo Gembung

Istilah gembung yang terjadi pada burung cucak ijo ini sendiri merupakan suatu keadaan dimana burung akan mengembangkan bulunya sehingga burung cucak ijo terlihat semakin besar. Penyebab cucak ijo gembung ini cukup beragam namun salah satu yang paling sering terjadi adalah karena birahi burung cucak ijo yang tidak terkontrol dengan baik.

Gembung pada cucak ijo ini dapat mengakibatkan burung tidak mau berkicau atau menjadi malas. Hal semacam ini akan sangat berpengaruh ketika perlombaan dilakukan. Oleh sebab itu, perlu adanya penanganan yang tepat agar burung menjadi sehat kembali. Berikut adalah faktor-faktor yang menyebabkan cucak ijo mengalami gembung yang wajib Anda ketahui.

Faktor dari Birahi Tinggi dan Tidak Terkontrol

Penyebab utama dari burung cucak ijo gembung ini adalah karena birahinya yang tinggi dan tidak terkontrol. Nah, birahi tinggi ini bisa terjadi akibat pemberian makanan peningkat birahi seperti EF yang terlalu banyak.

Penyebab Cucak Ijo Gembung

Tidak hanya itu, over birahi ini juga sering terjadi ketika burung cucak ijo sedang dalam penangkaran. Birahi tinggi dari burung cucak ijo juga dipengaruhi oleh waktu penjemuran yang terlalu lama, proses memandikan yang tidak sesuai, dan masih banyak lainnya.

Faktor dari Salah Cara Perawatan

Salah dalam cara perawatan juga dapat menyebabkan burung cucak ijo menjadi gembung. Seperti halnya salah dalam cara memandikannya, salah dalam proses penjemurannya, baik dari cara penjemuran maupun waktu yang dibutuhkan untuk proses penjemuran, dan juga salah dalam pemberian pakan.

Baca Juga  Cara Terapi Sauna Untuk Cucak Ijo yang Benar

Faktor dari Kurang Asupan Vitamin dan Mineral

Penyebab cucak ijo gembung selanjutnya adalah kurangnya asupan vitamin dan mineral. Kurangnya asupan tersebut sangat mempengaruhi kondisi burung. Biasanya, pemilik hanya memberikan pakan yang standar, sehingga membuat asupan vitamin dan mineralnya kurang.

Oleh sebab itu, burung cucak ijo perlu mendapatkan makanan tambahan, berupa suplemen yang mengandung vitamin dan juga mineral dengan takaran yang sesuai.

Faktor dari Sakit Flu

Sakit flu atau pilek ini dapat terjadi pada burung cucak ijo ketika musim pancaroba tiba. Selain itu, sakit flu pada burung cucak ijo juga bisa dipengaruhi oleh daya tahan burung yang sedang menurun.

Faktor dari Burung Kedinginan dan Diletakkan di Tempat Lembab

Faktor lingkungan juga bisa membuat burung cucak ijo menjadi gembung. Seperti misalnya lingkungan yang terlalu dingin dan meletakkan kandang di tempat lembab, sehingga membuat burung menjadi kedinginan. Tidak hanya itu, burung cucak ijo yang kedinginan bisa juga disebabkan karena waktu memandikannya yang salah, serta proses penjemuran yang kurang lama.

Faktor lingkungan ini tidak hanya membuat burung cucak ijo gembung, tetapi bisa juga mendatangkan masalah kesehatan lain. Oleh sebab itu, usahakan untuk membuat burung cucak ijo tetap hangat dengan peletakan kandang yang tepat.

Faktor dari Kurangnya Waktu Penjemuran

Penyebab cucak ijo gembung yang terakhir adalah dari waktu penjemuran yang kurang lama. Durasi waktu penjemuran burung cucak ijo yang ideal adalah selama 2 jam. Selain itu, waktu penjemuran yang tepat dilakukan di atas pukul 9 pagi hingga sebelum pukul 12 siang.

Ada banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan gembung pada burung cucak ijo. Oleh sebab itu, perlu bagi Anda sebagai pemilik untuk memahami faktor apa yang menjadi penyebab burung cucak ijo menjadi gembung. Dengan begitu Anda akan mengetahui bagaimana cara mencegah dan juga mengatasinya dengan tepat

Baca Juga  Jenis Ramuan untuk Cucak Ijo Biar Gacor